PERAN EKONOMI KREATIF PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Moh. Kurdi

Abstract


Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha dan menuangkan ide kreatifitasnya untuk bisa menciptakan sesuatu hal yang baru dan berbeda sehingga dapat menambah atau meningkatkan pendapatannya. Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas atau nilai seni, pengetahuan dan budaya menjadi modal dasar untuk menghadapi persaingan ekonomi, sehingga muncullah ekonomi kreatif sebagai alternatif penting dalam meningkatkan kontribusi dibidang ekonomi dan bisnis, serta menjadikan pengetahuan sebagai identitas suatu daerah. Salah satu kegiatan ekonomi kreatif yang ada di Pesantren yaitu terhadap pengelolaan lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ekonomi kreatif pesantren dalam meningkatkan pengelolaan lembaga pendidikan yang dilihat dari sudut pandangan kemajuan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif yang ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya seperti keadaan ekonomi pesantren. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, peran ekonomi kreatif pesantren dalam meningkatkan pengelolaan lembaga pendidikan sangat membantu terhadap prospek kemajuan lembaga pendidikan. 


Keywords


Ekonomi Kreatif Pesantren; Pengelolaan lembaga pendidikan;

References


Amin Haidari, dkk. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global, IRD Press, Jakarta, 2004.

Ahmad Muhtar Syarofi, Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Santri Melalui Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol.17, No. 2, 2017, 97.

Antonio, Muh. Syafi’i, Bank Syari’ah dari Teori ke Paraktek, Jakarta: Gema Insani, 2001.

Aliva Rosdiana, Rajutan pada Kriya Seni Handmade, Jurnal Suluh, file:///C:/Users/User/Downloads/726-2270-1-PB.pdf

Basmar, Edwin. Ekonomi Bisnis Indonesia, Makassar: Yayasan Kita Menulis, 2021

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Jakarta: Industri Kreatif Indonesia, 2008.

Hubbil Khair, Peran Lembaga Pendidikan Dalam Masyarakat Di Era Modern, Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, Vol.12 No.2 Juli 2021.

Kholifatul Husna Asri, Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Menuju Era Digital 5.0, Sharia Economics Journal, Vol.1 No.1, Juni 2022.

Lilik Nofijanti, Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa, Conference Proceeding, Annual International Conference on Islamic Studies (AICISXII).

Marlina Gazali, Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa, Jurnal Al-Ta’dib, Vol.6 No.1, Januari-Juni 2013.

Nanang Fattah. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004. lihat juga, Mugi Rahayu, Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol.8 No.1 Maret 2015.

Suryana. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang, Bandung: Salemba Empat, 2020.

Firdausy, Mulya, Carunia,. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017.

Purnomo, Aldy, Rochmat,. Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia, Surakarta: Ziyad Visi Media, 2016.

Yanti Mayasari Ginting, Ekonomi Kreatif: Prinsip, Evolusi dan Pengembangan di Indonesia, Pekanbaru: Yayasan CUDI, 2020.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/assyarikah.v5i1.1667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.