Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Bank Konvensional dan Bank Syariah (Pada Mahasiswa FEBI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Tahun 2024)

Najwa Auliana Syaida, Nur Alidsa, Reza Hermawan

Abstract


Industri perbankan di Indonesia sangat kompetitif, dengan penekanan pada kualitas pelayanan dari bank syariah dan konvensional. Untuk meningkatkan kepuasan nasabah, mereka berusaha memberikan yang kualitas pelayanan yang terbaik. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan sampelnya adalah mahasiswa FEBI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang memanfaatkan pelayanan kedua bank tersebut untuk pengupulan data melalui kuesioner. Menggunakan Uji t-test dan pendekatan analisis deskriptif digunakan dalam analisis data ini. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa bank syariah dan bank konvensional memberikan tingkat pelayanan yang berbeda

Keywords


Kualitas Pelayanan, Penggunaan bank konvensional, Penggunaan bank Syariah

References


Andi Riyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan, 19.

Andriany, D., Muhammadiyah, U., Utara, S., Utara, S., Syariah, P., & Konvensional, P. (n.d.). 1141-2867-1-Pb.

Bank, A. P., Indonesia, J., Bank, P., Indonesia, J., & Bank, P. (2023). Pengertian Bank, Fungsi dan Jenis-Jenisnya di Indonesia 9.

Choliq, H. A. (2016). BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL ( Pendekatan Model PBZ ). 20(1), 127–140.

Cholisah. (2023). Students’ Perceptions Of SMH Banten UIN Regarding Online Account Open At Indonesian Sharia Bank (BSI). Sighat: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 116–126. https://doi.org/10.35905/shighat_hes.v2i1.5323

Khoirunnisa, R., Aini, F., Prasetia, R. A., Hidayat, W., Saraswati, H., Sultan, U., & Hasanuddin Banten, M. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa UIN SMH Banten Terhadap Penggunaan Bank Tabungan Negara (BTN) Dan Bank Syariah Indonesia (BSI) (Studi Pada Mahasiswa UIN SMH Banten Tahun 2023). Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(3), 209–215. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i3.1186

Laksana. (2019). Pemasran adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi produk barang atau jasa. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644

Maharani, M. D. P., Hilmawan, F. R., Sabrina, Saraswati, H., & Hidayat, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Mandiri. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(1), 242–250. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Nurpadilla. (2019). Perbandingan Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Bank Syariah dan Bank Konvensional di Kota Palopo (Studi Kasus Nasabah Bank BRI Syariah dan Bank BRI Cabang Kota). http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2686/1/NURPADILLAH.pdf

Prijanto, B., Ferina Pulung, R., & Rusiana Sari, A. (2021). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional Di Kota Depok Menggunakan Carter Model. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), 178–194. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6607

WIJAYA, D. (2021). Bank Konven. Perbankan Konvensional, 1.

Zainuddin, & Ismail. (2020). Zainuddin, Hukum Perbankan Syariah. Hal 1 Ismail, Perbankan Syariah . Hal 33 10. 10–58.

Zakiah, N. (2020). Analisis Perbandingan Pelayanan Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional. Jurnal Masharif Al-Syariah, 5(2), 48–57.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/assyarikah.v5i1.1747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.