FAKTOR-FAKTOR MINAT NASABAH MEMILIH ASURANSI SYARIAH PASCA BERLAKUNYA BPJS KESEHATAN (STUDI PADA NASABAH AJB BUMIPUTERA 1912 CABANG SYARIAH YOGYAKARTA)

Zaid Raya Argantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui faktor apa saja yang menjadi minat masyarakat menggunakan asuransi syariah swasta pasca berlakunya BPJS kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dengan populasi nasabah yang ada di asuransi syariah pada AJB Bumiputera 1912 Cabang syariah Yogyakarta.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengkodean (pengkodean berbuka, pengkodean berporos dan pengkodean berpilih). Faktor-fakotr yang menjadi minat nasabah memilih asuransi syariah swasta pasca berlakunya BPJS kesehatan antara lain: Faktor pelayanan, faktor ini menjadi faktor utama dalam penelitian ini, dimana Bumiputera mampu menjawab permasalahan pelayanan yang diberikan BPJS. Bumiputera menawarkan pelayanan penjemputan pembayaran premi sampai pengajuan klaim dapat dilakukan di tempat kediaman masing-masing. Faktor yang kedua yaitu pendapatan (return), Bumiputera menawarkan pendapatan yang kompetitif, yang mana pemegang polis tidak hanya mendapatkan manfaat dari nilai klaimnya, akan tetapi juga mendapatkan nilai investasinya di akhir tempo yang sudah disepakati. Adapun faktor selanjutnya yaitu faktor promosi yang proaktif  dan faktor produk yang inovatif sehingga dapat menjangkau lapisan masyarakat hingga sampai pedalaman.


Keywords


Minat, Nasabah, Asuransi Syariah

References


Abdullah Amrin, Asuransi Syariah Keberadaan dan Kelebihanya di Tengah Asuransi Konvensional, Jakarta: PT Gramedia, 2006, hlm. 5.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern Edisi kedua cetakan kesebelas. Yogyakarta: Liberty Offset.

Djojosoedarso, Soeisno . 2003. Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi, Jakarta: Salemba Empat.

Fatwa-Fatwa Dewan Syariah Nasional Nasional MUI revisi 2006

Jusuf, Jopie. 2008. Analis is Kredit u ntuk Account Officer, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 260

Kismono dan Gugup. 2001 Pengantar Bisnis, Edisi I, Cetakan I, BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Line Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, edidi 13 jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip,. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 1&2. Prenhalindo: Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis. Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kurniawan (2014) Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Nasabah Tidak Menggunakan Jasa Asuransi Pembiayaan Di Yogyakarta.

Kuat Ismanto, Asuransi Syariah Tinjauan Asas-Asas Hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, hlm. 51-52.

Lamb, Chales W., Hair, Joseph F., and McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran. (Terjemah : David Octavaria). Jakarta: Salemba Empat.

Mudji Rahardjo, Trianggulasi Dalam Penelitian Kualitatif, http://mudjiharahardjo.com/artikel/270.html, diakses tanggal 12 Ferbruari 2017

Moleong, Lexy J. 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya,hal. 330.

Nawawi. 2002 Hadari Metode Penelitian Bidang Sosial, , Yogyakarta: UGM.

Nasution, Prof. Dr. S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Sinungan, Moch Darsyah. 1990 Manajemen Dana asuransi , Jakarta: Rineka Cipta.

Swastha, Basu dan irwan. 2005. Manajemen Pemasaran ModernYogyakarta :Liberty

Simamora, Bilson 2004. Panduan Riset Prilaku Konsumen. Jkarta PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiono. 2008 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R& D , Bandung: Alfabeta.

Sinungan, Moch Darsyah. 1990. Manajemen Dana asuransi, Jakarta: Rineka Cipta.

Samsodin, Muhamad (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Santri Pondok Pesantren Al-Munawir Krapyak Yogyakarta

Swastha, Basu. 2002. Azas-Azas Pemasaran, Yogyakarta, Liberty.

Triandaru, Sigit dan Totok Budisantoso. 2006 Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

............, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi: Yogyakarta.

Taufiqurahman (2012) faktor-faktor yang mempengaruhi brand switching peserta asuransi dari unit link syaria’ah ke konvensional di PT. Asuransi Allianz life Indonesia cabang banyuangi.

UUD RI No.24 Tahun 2011 tentang BPJS

Zainuddin Ali, Hukum Asuransi Syariah, Jakarta: Sinar Grafika, 2008


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/assyarikah.v1i2.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.