COMPETITIVE ADVANTAGE GADAI EMAS SYARIAH PADA MASA TRANSISI COVID-19 DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP. SUMENEP TRUNOJOYO 1
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat situasi perekonomian berubah. Hal itu bisa dilihat dari kondisi masyarakat yang kesulitan dalam memperoleh penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, bahkan di lembaga keuangan syariah khususnya perbankan syariah hal itu tentunya juga menjadi hambatan dalam proses transaksi antar Bank dan nasabah. salah satu produk Bank Syariah ialah produk rahn (gadai emas), yang dalam keadaan normal sebelum adanya Covid-19 merupakan produk yang sangat diminati oleh nasabah. lalu bagaimana strategi promosi dan nilai taksiran pembiayaan gadai emas BSI Sumenep Trunojoyo 1 di era Covid-19?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bank syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui promosi dan nilai taksiran gadai emas di masa transisi Covid-19 untuk menciptakan competitive advantage. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan menggunakan tekhnik wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini ialah adanya wabah Covid-19 mengakibatkan peminat gadai di Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep Trunojoyo 1 semakin meningkat karena menawarkan gadai yang murah, nilai taksiran yang tinggi dan proses pencairan yang cepat. Hal ini ditopang dengan layanan perpanjangan otomatis di masa wabah Covid-19 untuk menciptakan competitive advantage sehingga nasabah mudah serta nyaman dalam bertransaksi.
Keywords
References
Alodokter. “Virus Corona.â€
Anoraga, Pandji. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Bank Syariah Indonesia. “Sejarah Perseroan.†Last modified 2022. https://ir.bankbsi.co.id/corporate_history.html.
Departemen Agama RI. “Al-Qur’an Dan Terjemahannya.†Bandung: CV Penerbit J-ART, 2004.
dkk, Muhammad Firdaus NH. Mengatasi Masalah Dengan Pegadaian Syariah. Jakarta: Renaisan, 2005.
Dkk, Muhammad firdaus NH. Konsep Dan Impelementasi Bank Syariah. Jakarta: Renaisa, 2005.
Hamdani, Rambat Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran JasaBerbasis Kompetesi. Jakarta: Salemba Empat, Edisi 3, 2013.
Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2010.
Kesehatan, Kementerian. “Pertanyaan Dan Jawaban Terkait COVID-19.†Last modified 2020. https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.
Leni Darwina, Damanhur. “Pengaruh Jumlah Taksiran Dan Uang Pinjaman Terhadap Laba Bersih Pada Perum Pegadaian Syari’ah Kota Lhokseumawe.†Jurnal Aplikasi Manajemen, vol.4, no. 2 (2011).
Lupiyoadi. Rambat , Hamdani, Manajemen Pemasaran JasaBerbasis Kompetesi, (Jakarta: Salemba Empat, Edisi 3, 2013)
M. Ray Grubbs, Eric Reidenbach. Mengembangkan Produk Baru Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Muhammad syafi’I Antonio. Bank Syari’ah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Gema Insani, 2001.
Pasaribu. Chairuman dan Suhrawadi K.lubis, Hukum Perjanjian dalam Islam (Sinar Grafika: Medan,2004)
Suhrawadi K. Lubis, H.Chairuman Pasaribu. Hukum Perjanjian Dalam Islam. Medan: Sinar Grafika, 2004.
Syamsuddin, Syekh. Terjemah Fathul-Qorib. surabaya: Mutiara Ilmu, 2010.
Udan, Tedjo Tripomo. Manajemen Strategi. Bandung: Rekayasa Seins, 2005.
Usman, Rachmadi. Aspek-Aspek Hukum Perbankan Islam Di Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2002.
Zulkifli, Sunarto. Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2003.
Zulkifli. Sunarto , Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah, (Jakarta: Zikrul Hakim, 2003).
https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/produk/1617976574bsi-gadai-emas
https://id.wikipedia.org/wiki/SMS_massal
Wawancara kepada Bapak.Habibi Yanurul Alim (officer gadai)
DOI: 10.28944/assyarikah.v3i2.831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.