PENDAMPINGAN MENINGKATKAN KESADARAN DAN PERILAKU BAIK DALAM MENGGUNAKAN GADGET PADA ANAK NELAYAN MELALUI VIDEO EDUKATIF
Abstract
References
Afiatin, T., Ampuni, S., Wahyu Sukron, M. I., Aprila, A. A., Hanifah, S. N., & Intani, Z. F. (2024). Psikoedukasi “Cerdas Menggunakan Gadget dan Internet untuk Anak”: Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan Literasi Digital Anak. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 10(2).
Center for Life-Span Development (CLSD) Faculty of Psychology Universitas Gadjah Mada. 2023. Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak: Memahami Efek Positif dan Negatif. https://clsd.psikologi.ugm.ac.id/2023/11/23/dampak-gadget-terhadap-perkembangan-anak-memahami-efek-positif-dan-negatif/
Gusman, D. T., Wati, W., & Lageni, I. B. (2022). Sosialisasi dampak positif penggunaan gadget bagi siswa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ,
Hadi, R., & Sumardi, L. (2023). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1062-1066.
Hanum, A., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(4), 1034-1039.
Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2020). Penggunaan gadget pada anak usia dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356-368.
Itsna, N. M., & Rofi’ah, R. (2021). Dampak penggunaan gadget pada interaksi sosial anak usia dini. Ummul qura jurnal institut pesantren sunan drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60-70.
Jalal, N. M., Syam, R., Irdianti, I., & Piara, M. (2022). Psikoedukasi mengatasi kecanduan gadget pada anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 420-426.
Maulana, Muhammad Aqil. 2023. Alasan Orangtua Memberikan Smartphone KepadaAnakKecil. https://www.kompasiana.com/muhammadaqilmaulana3384/652b28aeee794a734872c602/alasan-orang-tua-memberikan-smartphone-kepada-anak-kecil?page=all#goog_rewarded
Nugroho, R., Artha, I., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425-5436.
Nur, R., & Elan, D. M. S. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia: Jurnal PAUD Agapedia, 5(2).
Nurhalipah, R., Yustiana, M., Saeni, S., & Muslih, M. (2020). Pengaruh gadget terhadap minat belajar pada anak-anak. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF).
Nurjihan, Nasywa. 2023. Dampak Negatif Gadget Pada Anak dan Cara Mengatasinya.https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/07/24/dampak-negatif-gadget-anak
Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh game online terhadap perkembangan emosi dan sosial anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473-1481.
Setyaningsih, E., & Setyowatie, D. (2023). Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1), 64-71.
Setyowati, R., SURYATIN, S., & AL FATH, A. M. (2024). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU DAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI BANGUNSARI PACITAN STKIP PGRI PACITAN].
Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140-153.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.
DOI: 10.28944/abdina.v4i1.2233
Refbacks
- There are currently no refbacks.