PENERAPAN LAYANAN CALL CENTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEPADA WALI SANTRI

Rosyidi Rosyidi, Apriliana Putri Utami

Abstract


Abstrak 

Call centre merupakan suatu kantor informasi yang terpusat dan digunakan untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon, Pondok Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Al-Amien Prenduan menggunakan call center sebagai media komunikasi dengan walisantri ataupun masyarakat lainnya. Call center tidak dikhususkan kepada walisantri saja, call center juga melayani masyarakat lain atau calon walisantri yangingin menanyakan tata cara atau proses penerimaan santri baru, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan call center dalam melayani wali dan kendala apa saja yang dialami oleh petugas call center dalam melayani wali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas layanan call center masih kurang tanggap dalam menanggapi wali dan petugas call center bersikap sopan dalam menanggapi wali. Hambatan atau hambatan yang dialami oleh call center antara lain: (1) media yang kurang mendukung dalam merespon wali (2) jabatan yang mengakar atau tidak fokus menduduki satu bagian atau jabatan (3) kurangnya kerjasama atau sinkronisasi antar departemen di menyediakan informasi.

 

Kata Kunci: Efektivitas, call center, pelayanan.  


Keywords


Effectiveness, call center, services

References


Aditiya Rezananda and Arie Prasetio, “MANAJEMEN KOMUNIKASI DI CALL CENTER TELKOM 147 KOTA SEMARANG†2, no. 1 (2017)

Awaluddin, Ummul Mukminin Al-Qur’an Dan Terjemahan Untuk Wanita.

Dewi Untari and Muhammad Faizal, “Kinerja Call Center 108 Dalam Memberikan Informasi Di PT Infomedia Bandung,†Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 3, no. 2 (2019)

Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2017), Mohammad Ikbal Moha n Dadang Sudrajat, “Ragam Penelitian Kualitatif,†Ekonomi Syari’ah.

Hendro Purwadi, “Optimasi Tingkat Layanan Call Center Jasa Teleponi Dasar: Kajian Regulasi,†IncomTech, Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 9, no. 3 (2019).

Latief Awaluddin, Ummul Mukminin Al-Qur’an Dan Terjemahan Untuk Wanita (Jakarta Selatan: Wali Oasis Terrace Recident, 2010).

Mely Angrumsari, “Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Call Center Terhadap Loyalitas Nasabah Bank,†Journal of Business Economics 24, no. 2 (2019): 207–215.

Nur Haeriawati, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LAYANAN HOMECARE TERHADAP KEPUASAN INFORMASI LAYANAN PUBLIK DI KOTA MAKASSAR†(UNIVERSITAS HASANUDDIN, 2018).

Ratih Tresnati, “‘Call Center’ Sebagai Alat Komunikasi Pemasaran Di Abad Ke-21,†Mediator: Jurnal Komunikasi 8, no. 1 (2007)

loyd. C. Finch, Call Center Success, Andi Offse. (Yogyakarta, 2003).

Tarsani, “Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Pendekatan Komunikasi Antar Pribadi,†Bricolage 2, no. 1 (2017)

Tresnati, “‘Call Center’ Sebagai Alat Komunikasi Pemasaran Di Abad Ke-21.â€


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v7i1.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam