ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP REPERSENTASI VISUAL KONFLIK ‘POLISI VERSUS FPI’ DALAM COVER MAJALAH TEMPO EDISI 12 DESEMBER 2020

Irsan Adrianda, Akhyarsyah Agya

Abstract


Penyajian dan penyampaian sebuah informasi melalui media massa telah mengalami perkembangan signifikan seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Media massa, termasuk media cetak, telah bertransformasi menjadi format online yang dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, tanpa memerlukan bentuk fisik cetak. Salah satu majalah terkenal di Indonesia, Tempo yang dikenal dengan pendekatan kritisnya terhadap berbagai pihak. Salah satu cirikhas media ini, kritik selalu tampil dalam cover majalahnya, menampilkan gambar dengan ilustrasi yang unik, cukup memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan dan mengandung banyak makna untuk ditinjau oleh audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan yang terdapat pada cover majalah Tempo edisi 12 Desember 2020 menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tekstual dengan pendekatan analisis semiotika, yang meliputi makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini mengungkapkan makna pesan dari cover majalah Tempo edisi 12 Desember 2020 dengan menerapkan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Dalam cover majalah tersebut, Tempo sebagai media menunjukkan keberanian dalam memberikan kritik dan sindiran kepada pihak-pihak terkait isu KM 50 Tol Cikampek. Serta memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna dan pesan yang terkandung dalam gambar-gambar tersebut, sekaligus mengungkapkan sikap kritis majalah Tempo terhadap kekuasaan pemerintah dan pentingnya penegakan hukum yang adil.


Keywords


Cover Majalah Tempo, Roland Barthes, Semiotika.

References


Akbar, Nugroho Abraham. 2018. Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 4-11 Juni 2018. Jurnal Spektrum Komunikasi, 61-66.

Alifia Oktrina Fayardi, A. F. 2017. Semiotika Maskulinitas Dan Feminitas Studi Atas Konstruksi Gaya Hidup Dan Identitas Gender Dalam Iklan. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 64-76.

Amir Piliang, Yasraf. 2010. Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, kode, dan Matinya Makna. Bandung: Matahari

Baran. 2012. Pengantar Komunikasi Massa; Melek Media Dan Budaya Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual: Konsep, Isu, Dan Problem Ikonsitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Diana, Marselin, and Retno Dyah Kusumastuti. 2016. "ANALISIS SEMIOTIKA PADA COVER MAJALAH TEMPO EDISI TANGGAL 23 FEBRUARI-1 MARET 2015." SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi 10.2.

Efendy, Onong Uchjana. 1999. Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju Komunikasi.

Khairina, Ulfa. 2018. "Makna Karikatur Habib Rizieq Pada Cover Majalah Tempo." At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam: 162-174.

M, Antoni Budi Mulia. 2018. Teror Sarinah Dalam Karya Foto Aditia Noviansyah (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Visualisasi Teror Majalah Tempo Edisi 14 Januari 2016). Skripsi, Serang: Prodi Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Pujileksono, Sugeng. 2016. "Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif (edisi 2)." Malang, Indonesia: Intrans Publishing Group.

Pradana, Aldin Gigih. 2015. Makna Ilustrasi Pada Halaman Depan Media Cetak (Analisis Semiotik Pada Cover Majalah Mingguan Tempo “Koalisi Hiruk Pikuk†Karya Kendra Paramita Edisi 7-13 April 2014). Skripsi, Malang: Jurusan Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Setiawan, N. 2020. Pemaknaan Cover Majalah Tempo (Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 16 September-22 September 2019). Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 81-88.

Sobur, A. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, Sunbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wahjuwibowo MSi, I. S. (2019). Semiotika Komunikasi Edisi III: aplikasi praktis untuk penelitian dan skripsi komunikasi. Rumah Pintar Komunikasi.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v7i1.1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam