Sistematika Dakwah dalam Aliran Aswaja dan Syiah: Sebuah Pendekatan Teks-teks Hadits Tematik

Mohammad Fattah

Abstract


Hadits merupakan dalil kedua setelah al-Quran yang digunakan oleh umat Islam dalam melaksanakan ibadah sehari-hari. Para ulama Sunni menjadikan al-Kutub al-Sittah sebagai kitab hadits yang dijadikan panduan dan rujukan setelah al-Quran. Justru, kedudukan hadits-hadits yang terdapat dalam kitab-kitab tersebut dapat dibagikan kepada tiga pembagian hadits yang utama yaitu hadits sahih, hasan dan da'if. Sedangkan Ulama Syiah menjadikan kitab Usul al-Kafi karangan al-Kulayni yang dianggap memiliki taraf yang sama dengan al-Kutub al-Sittah. Kajian ini ingin memastikan bahwa sebuah hadits yang terdapat dalam kitab-kitab tersebut diaplikasikan dan diamalkan di kalangan Sunni dan Syiah. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis bahan-bahan kajian. Kitab utama yang digunakan ialah al-Kutub al-Sittah dan Usul al-Kafi karangan al-Kulayni. Pengumpulan data dilakukan melalui pengelompokan beberapa unsur yang dipastikan sebagai hadits masyhur di kalangan umat Islam dan keasliannya bersumber dari Rasulullah SAW. Hasil kajian ini mendapati bahwa hadits-hadits dalam al-Kutub al-Sittah meliputi hadits marfu' yang disandarkan kepada Rasulullah SAW, atau hadits  mauquf  yang disandarkan kepada para sahabat dan hadits maqtu' yang disandarkan kepada para tabi'in. Sedangkan kitab Usul al-Kafi pula banyak meliputi hadits mauquf yang disandarkan kepada Sayyidina Ali bin Abi Talib, Ja'far al-Sadiq bin Ali dan yang lainnya dari kalangan sahabat dan tabi'in. Oleh karena itu, teks-teks hadits yang terdapat dalam kitab Usul al-Kafi lebih sesuai dikategorikan sebagai Athar karena diucapkan dan dikatakan oleh selain Rasulullah SAW.

Keywords


Sistematika, Hadits, al-Kutub al-Sittah, Sunni, Syiah

References


Ahmad Zuhdi Isma’il. 2006. Imam Ja’far al-Sadiq: Pemikirannya Tentang Konsep Ketuhanan. Kuala Lumpur: Universiti Malaya.

al-Barqa’i, Ayatullah al-Udma al-Sayyid abu al-Fadl ibn al-Reda. 2007. Kasr al-Sanam: aw Ma Warada fi al-Kutub al-Mazhabiyyah min al-Umur al-Mukhalifah li al-Quran al-Karim wa al-Aql (Naqd kitab Usul al-Kafi li al-Kulayni). Terjemah: Abdul Rahim MullaZadah al-Ballusyi. Doha: Dar al-Thaqafa.

al-Bukhari, Muhammad ibn Ismacil. 1987. Sahih al-Bukhari. Tahqiq: Mustafa Dib al-Bugha. Bayrut: Dar Ibn Kathir.

Ibn Hajar al-Asqalani, Abu al-Fadl Ahmad ibn cAli ibn Hajar. 1379H. Fath al-Bari Sharh Sahih al-Bukhari. Bayrut: Dar al-Macarif.

Husin Ansarian, 2004. Rihlah fi al-Afaq wa al-A’maq: Sharh Doa Komail. Terjemah: kamal al-Sayyid. Qum: Muassasat Ansarian.

al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. (t.th). Ihya’ Ulum al-Din. Bayrut: Dar al-Ma‘rifah.

al-Kulayni Abu Ja’far Muhammad bin Ya’qub. 1992. Usul al-Kafi. Bayrut: Dar al-Adwa’.

Muhammad Zakariya al-Nadaf. 2011. Masa’il al-I‘tiqad inda al-Shi‘ah al-Ithnay ‘Ashariyyah fi Dau’i Masadirihim al-Haditsiyyah. Kaherah: Dar al-Salam.

Murtadha Muththahhari, 2003. Kelompok artikel Pilihan. Terjemah: M.J. Bafqih. Jakarta: Lentera.

Muslim ibn al-Hajjaj. t.th. Sahih Muslim. Tahqiq: Mohammad Fucad cAbd al-Baqi. Bayrut: Dar Ihya al-Turath al-cArabi.

Nur Abdi Gudle. 2014. Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah yang Hilang, Menyingkap Sejarah Khalifah ke 5 Selepas Khulafa Ar Rashidin. Kuala Lumpur: PTS Publications & Distributors SDN.BHD

Ramadan Laun.1979. Al-Imam al-Sadiq Ilm wa Aqidah. Bayrut: Manshurat Dar Maktabah al-Hayat.

Sadr al-Din, Muhammad bin Ibrahim Syairazi. 1393H. Sharh Usul al-Kafi. Tehran: Muassasat Mutala‘at Tahqiqat Faranki.

Syed cAbdul Majid Ghouri. 1427H. Mausucat cUlum al-Hadits wa Fununihi. Damsyik: Dar Ibn Kathir.

Al-Tusi, Abu Ja’far Muhammad bin al-Hasan. 1985. Al-Istibsar fima Ukhtulifa min al-Akhbar. Bayrut: Dar al-Adwa’.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayan lin-nass.v1i1.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam