TRANSFORMASI DAKWAH DI ERA DIGITAL: STUDI PENYAMPAIAN PESAN ISLAMI USTAZ ABI AZKAKIA TERHADAP REMAJA GAMERS PADA CHANNEL @ABIAZKAKIA

Bobby Rachman Santoso, Iqbal Hakim

Abstract


Transformasi dakwah di era digital mencakup berbagai platform, termasuk media sosial dan konten online seperti channel @AbiAzkakia. Ustaz Abi Azkakia menghadirkan pesan-pesan Islami kepada remaja gamers dengan pendekatan yang sesuai dengan konteks dan minat mereka. Melalui channel tersebut, dia mungkin menggunakan bahasa yang akrab bagi remaja gamers, mengaitkan ajaran Islam dengan konten yang relevan dalam game atau budaya populer, serta menyampaikan nilai-nilai yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini memungkinkan pesan-pesan keagamaan untuk lebih mudah dipahami dan diterima oleh audiens targetnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang spesifikasinya yaitu penelitian fenomenologis. Hasil penelitian ini yakni Ustadz abi Azkakia menggunakan bahasa yang baik dan kata-kata yang bagus untuk berdakwah dan dia juga menggunakan kata-kata untuk berdoa dan berdakwah tentang mencegah bahaya dengan tidak melukai satu sama lain. Ustaz Abi Azkakia memiliki modal sosial untuk secara tidak langsung menjadi seorang pendakwah atau tokoh agama yang menonjol dari tokoh agama lain yang sejenis. Ia juga berhasil menarik pemain-pemain Mobile Legends yang mayoritas adalah anakanak muda dan remaja. Selain gamer Muslim, Ustaz Abi Azkakia juga berurusan dengan nonMuslim yang kadang-kadang memendam permusuhan terhadap Islam. Secara alami, toleransi kemudian harus ditunjukkan. Masih tergantung pada Ustaz Abi Azkakia untuk mengamati kapan dakwah halus diberikan dan kapan panggilan untuk Islam diperpanjang. Bagi generasi milenial, tanggung jawab Ustadz Abi Azkakia adalah membangun dan menciptakan masyarakat berdasarkan prinsip kebaikan dan kebenaran yang berkaitan dengan hak asasi manusia. sehingga masyarakat bisa mendapatkan hidayah supaya tidak melakukan perkataan yang toxic, mengajarkan pendidikan islam dan selau mengajak berdzikir kepada allah SWT.


Keywords


Transformasi Dakwah, Abi Azkakia, Remaja Gamers

References


Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Cet. Ke-2, Yogyakarta: ArRuzz Media, 2012.

Anselm Strauss, dan Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Diterjemahkan oleh Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien dari judul asli “Basic of Qualitative Research”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Basir,abdul. 2006 Wacana Dakwah Kontemporer, Yogyakarta: STAIN Purwokerto dan Pustaka Pelajar.

Dessy Kushardiyanti dan Zaenal Muttaqin, 2023 Cyber Media Analysis In Da’wah Through Mobile Legend Live Streaming On Youtube, Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 8, No. 1, January – June.

Dewi Sadiah, 2015 Metodologi Penelitian Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewi Sadiah, Metodologi Penelitian Dakwah.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Cet. Ke-3, Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Enjang dan Aliyudin, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah: Pendekatan Filosofis dan Praktis, Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Enjang dan Aliyudin, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah: Pendekatan Filosofis dan Praktis, Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Hamdan dan Mahmudin, Youtube sebagai Media Dakwah, Palita: Journal of Social Religion Research April2021, Vol.6, No.1.

John W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches, Edisi 4, New Delhi: SAGE Publications, 2014.

Khoirul Nasikhin dan Sufyanto, Gaya Komunikasi Dakwah dengan Game Pada Ustadz Abi Azkakia Melalui Live Tiktok, Indonesian Journal of Cultural and Community Development Vol 14 No 3: September, 2023.

M. Sholih Saliqul Uqba dan Nasrulloh, 2023 Majelis Nurul Legends ala Ustaz Abi Azkakia (Analisis Penggunaan Streaming Game Online sebagai Dakwah Islam), At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus, Vol. 10 No. 2.

M. Vizky Aris Sendy, Pesan Dakwah “Eksistensi Game Online Mobile Legends” pada Konten Tiktok Ustaz Abi Azkakia, Kediri: IAIN Kediri, 2023.

Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, Edisi Revisi.

Muhammad Farhan Al Fairuz Holak, Strategi Dakwah Bil Lisan Ustadz Abiazkakia di Media Sosial Tiktok, Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, Vol. 4 No. 1 2024.

Muhammad Thariq Mudzakiy, Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Abi Azkakia Melalui Tiktok, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.

Munzier Suparta dan Harjani Hefni, Ed., Metode Dakwah, Cet. Ke-3, Jakarta: Kencana, 2009.

Neng Ayu Saadah, Dakwah Melalui Live Streaming Tiktok Pada Mobile Legends; Studi Fenomenologis Akun @Abiazkakiaa, AL MUNIR Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 13 Nomor 02, Desember 2022.

Rizki, Kusnadi dan Anang Walian, 2024 Analisis Pesan Dakwah Streamer Ustaz Abi Azkakia dalam Channel YouTube M-Key Gaming Game Mobile Legends pada Episode Bane Hijrah, Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik Vol.01 No.03 Edisi Januari-Maret.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v8i1.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam