IKLAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BERDASARKAN ETIKA DAN NILAI ISLAM

Almaidah Siregar, Dama Kania Harahap, Heri Ernanda Pandiangan

Abstract


Dalam era modern yang dipenuhi dengan pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi, praktik pemasaran dan iklan telah menjadi landasan utama dalam strategi pertumbuhan perusahaan. Namun, di balik dorongan untuk mencapai tujuan bisnis, terdapat prinsip-prinsip moral dan etika yang harus diperhatikan, terutama dalam perspektif Islam yang kaya akan nilai-nilai spiritual dan sosial. Iklan dan komunikasi pemasaran bukan lagi sekadar tentang menyampaikan informasi tentang produk atau jasa, tetapi juga menjadi medium untuk membangun hubungan yang didasarkan pada prinsip-prinsip etika dan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membangun hubungan yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Islam dengan konsumen mereka melalui iklan dan komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan literatur. Hasil penelitian ini membahas tentang pentingnya komunikasi pemasaran, tujuan komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran, peran periklanan, fungsi iklan, dan prinsip-prinsip etika dalam pemasaran. Dengan memahami konsep-konsep tersebut dan menerapkannya dalam strategi pemasaran mereka, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran mereka dan mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk atau merek mereka.

Keywords


Iklan, Komunikasi Pemasaran, Etika dan Nilai Islam

References


Arsalan, M. I. (2021). Manajemen Pemasaran Berbasis Etika Bisnis Islam Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Usaha Kerupuk Putri Tunggal Di Dawuhanwetan, Kedungbanteng, Banyumas (Vol. 3, Issue 2). Institut Agama Islam Negeri Purwokwrto. https://repository.uinsaizu.ac.id/

Azizah, M. (2016). Etika Perilaku Periklanan Dalam Bisnis Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1), 37. https://doi.org/10.21927/jesi.2013.3(1).37-48

C.M. Lingga Purnama. 2001. Strategic Marketing Plan: Panduan Lengkap Dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran Yang Strategis Dan Efektif. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Dwicesa, A. R. (2021). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Loyalty Pada Usaha Gaia.ku (Studi Kasus Pada Pelanggan Gaia.ku di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(1), 1–12.

Darmadi Durianto, Liana Cecilia. 2004. Analisis Efektifitas Iklan Televisi “Softener Soft & Fresh Di Jakarta Dan Sekitarnya Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan : Vol 11 No 1 ISSN:0854 – 8153

Hanafi, A., & Wahab, Z. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios Di Palembang Square Mall (Ps Mall). Jurnal Manajemen, 20(3), 488–506. https://doi.org/10.24912/jm.v20i3.20

Kurniawati, D., Adi, C., & Sipayung, G. (2015). Iklan Manulife dan Brand Awareness (Studi Korelasional Analisis Iklan Manulife terhadap Brand Awareness Nasabah PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia di Kota Medan). Jurnal Simbolika, 1(1), 34–50.

Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Nabilah, S. P. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN ISLAM ( ISLAMIC MARKETING COMMUNICATION ) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI KALANGAN MUSLIM MILLENIAL (Studi Kasus Fashion Muslim Ayasha Hijab Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Cantrik.

Ramadhayanti, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 94. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4161

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. 41–53

Tampubolon, D. N. S., Widiastuti, W., & Yuliati. (2021). Komunikasi Pemasaran Hotel Jodipati Kota Bengkulu Dalam Meningkatkan Hunian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.2.11-18

Tanjungsari, H. K. (2020). Perkembangan Dunia Usaha di Era Digital. Pustaka.Ut.Ac.Id, 1–43. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MKWI4203-M1.pdf

Wijayanti, L. R. (2013). Pengaruh Terpaan Iklan, Publisitas, dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia. 1–18. https://media.neliti.com/

Yuliana, R., & Kusuma, H. (2010). Bauran Pemasaran sebagai Upaya Memelihara Loyalitas Pelanggan. In Jurnal STIE SEMARANG (Vol. 2, Issue 1, pp. 68–77).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v8i1.1668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam