MENGINTEGRASIKAN DAKWAH ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MEMBANGUN GENERASI YANG ISLAMI

Tarisya Indah Aprilyanti, Eka Yusnaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi pengintegrasian dakwah Islam dalam pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di sekolah sebagai upaya membangun generasi yang islami. Dakwah Islam dalam pembelajaran IPS berarti memasukkan nilai-nilai dan ajaran Islam ke dalam materi pelajaran, metode pengajaran, dan lingkungan belajar, sehingga siswa tidak hanya memahami ilmu sosial tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai keislaman. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan observasi partisipatif terhadap implementasi strategi dakwah dalam pembelajaran IPS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi dakwah Islam dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Islam dan memperkuat identitas keislaman mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kurikulum IPS.

 

 


Keywords


Dakwah Islam, Pembelajaran IPS, Generasi Islami, Strategi Pembelajaran

References


Fitri, A., Fitriani, D., & Putri, G. S. (2024). Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama sebagai Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam Sistem Pendidikan di Sekolah. Jurnal Basicedu, 8(2).

Ramadhan, W. (2023). Analisis integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(1).

Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit Aksara Timur.

Yulianti, R., & Mahardhani, A. J. (2015). Pendidikan Karakter Berkelanjutan Dalam Pembelajaran Di Sekolah. In Prosding Seminar Nasional “Memperkuat Nilai Karakter Keindonesiaan Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Azharotunnafi, A. (2020). Penanaman karakter berbasis nilai keagamaan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. SOCIUS (Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial), 9(2).

Faqihuddin, A., & Afriatien, A. T. S. (2021). Menakar Integrasi Islam Dan Ilmu Pengetahuan Pada Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Rasyid, H. A. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1).

Supriatna, E. (2012). Transformasi pembelajaran sejarah berbasis religi dan budaya untuk menumbuhkan karakter siswa. Atikan, 2(1).

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v8i1.1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam