POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN ORANG TUA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ahmad Zulfikar Ali

Abstract


Abstrak (Align Text Left atau rata kiri, Arial Narrow 11 spasi 1)

Pola komunikasi adalah bentuk atau model interaksi dari dua orang atau lebih dalam pengiriman dan penerimaan pesan sehingga pesan yang disampaikan oleh penerima dapat diterima dengan baik bagi penerima atau komunikan. Komunikasi yang efektif antara orang tua dengan guru dibutuhkan dalam rangka untuk menyamakan persepsi kedua belah pihak tentang hal yang dibutuhkan dalam pendidikan anak. Keduanya harus saling membantu dan mengetahui bagaimana upaya penanganan pembinaan anak di sekolah dan keterlibatan dalam proses belajar mengajar. Adapun Palongan Kapedi yang merupakan sebuah desa yang terletak di Dusun Aeng Batoh Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Yang mana desa tersebut mempunyai karakteristik orang tua yang mendidik anaknya dengan berbagai bentuk komunikasi yang tidak sama karena tingkat pendidikan orang tua yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dan orang tua murid dalam meningkatkan prestasi belajar anak di masa pandemi covid-19 di sekolah madrasah ibtidaiyah Raudlatul Ihsan Palongan Kapedi. yang dijabarkan menjadi satu fokus permasalahan yaitu: ?Bagaimana pola komunikasi antara Guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak pada masa pandemi disekolah MI Raudlatul Ihsan Palongan Kapedi Sumenep?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga metode yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola komunikasi antara guru dan orang tua murid selama masa pandemi dilakukan secara tidak langsung yaitu berkomunikasi dengan menggunakan teknologi handphone. Ada yang melalui aplikasi via chat whatshapp, vidio call, dan telepon seluler biasa


Keywords


Kata Kunci : Pola Komunikasi, Guru, Orang tua, Covid-19

References


Daftar Pustaka

A. Anditha Sari.s.sos. Komunikasi Antarpribadi,. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

abidin, Syahrul. ?Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.? vol.03 (2017).

Caropeboka, Ratu m. konsep dan aplikasi ilmu komunikasi. andi. Yogyakarta, 2017.

Effendi, Mukhlison. Komunikasi Orang Tua Dengan Anak. STAIN Po PRESS. Ponorogo, 2012.

Effendy, onong uchjana. ilmu komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1984.

Effendy,M.A, Prof.Drs.Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi teori dan praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2009.

Graham-Clay, Susan. ?Communicating With Parents: Strategies For Teachers.? Institute of University Partnerships and Advanced Studies, Georgian College (2005).

Khadijah. ?Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Prestasi Belajar Anak Pada Gempong Ujong Tanoh Darat Kecamatan Meureubo Aceh Barat.? vol.vol.08 no.2. Jurnal Kumara Cendikia (Juni 2020).

Loizos, Symeou. ?I Feel Much More Confident Now to Talk with Parents": An Evaluation of In-Service Training on Teacher-Parent Communication.? Academic Development Institute (2012).

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Mohammad, Rusli. metode penelitian kuantitatif dan kualitatif berorientasi praktis. Prenduan-Sumenep: LP3M’PARAMADANI’, 2013.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyana, Dedy. ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakary, n.d.

Ningrum, Widya Agustin. ?pola komunikasi orang tua dan wali kelas untuk membangkitkan motivasi belajar siswa(study kasus paguyuban di sdn 1 nologaten ,ponorogo).? IAIN PONOROGO (2020).

Nurani, Soyomukti. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Pratiwi, Aulia. ?Pola Komunikasi Antara Guru Dan Orang Tua Di Sekolah Dasar Fajar Islami Tangerang.? Jakarta,Tangerang Universitas Syarif Hidayatullah (2013).

———. ?Pola Komunikasi Antara Guru Dan Orang Tua Di Sekolah Dasar Fajar Islami Tangerang.? Jakarta,Tangerang Universitas Syarif Hidayatullah (2013).

Roudhonah. Ilmu Komunikasi. Jakarta: UIN Press, 2007.

Rusli, Mohammad. metode penelitian kuantitatif dan kualitatif berorientasi praktis. Prenduan-Sumenep: LP3M’PARAMADANI’, 2013.

Sari, Heni Mustika. ?Komunikasi Guru Dengan Siswa dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa.? Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret,surakarta (2013).

Sugiyono. Sugiyono.metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.( Bandung: ALFABETA,2011),. Bandung: ALFABETA, 2011.

sulalah, anis. ?metode komunikasi verbal,studi tokoh mario teguh.? fakultas dakwah institut dirosat islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan (2011).

Susilo, Adityo. ?Departemen Ilmu Penyakit Dalam.? Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (2020).

Turner, Lynn H. pengantar teori komunikasi. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Usman, M. U. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999.

Widjaja, H.A.W. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v7i2.1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam