ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN GAME ONLINE TERHADAP INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA
Abstract
Abstrak
Game online merupakan permainan yang mampu dioperasikan melalui jaringan internet, permainan ini banyak diminati dikalangan masyarakat, dimana permainan yang dimainkan secara individu maupun kelompok yang di akses dari berbagai lokasi. Permainan ini sangat berpegaruh terhadap komunikasi keluarga dimana komunikasi yang disampaikan tidak kondusif .Komunikasi adalah suatu proses dimana masyarakat menyampaikan informasi dengan orang lain, melalui komunikasi masyarakat dapat berinteraksi antar sesama baik melalui pesan verbal maupun pesan non verbal. Komunikasi sangat berpengaruh terhadap Game online sehingga mempunyai berbagai macam dampak positif dan dampak negatif bagi kalangan masyarakat khususnya terhadap komunikasi keluarga.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis komunikasi keluarga akibat dampak game online di desa galis tengah. 2. Untuk mengetahui cara mengatasi kecanduan game online terhadap komunikasi keluarga di desa galis tengah. Penelitian yang digunakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatana kualitatif. Tahapan penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penemuan dilokasi penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa 25% Game Online berdampak positif sedangkan 75 % berdampak negatif . Adapun cara mengatasi kecanduan game online terhadap intensitas komunikasi keluarga adalah: memberi nasehat dengan memberi waktu saat bermain, memberi pengalihan dengan permainan tradisional dan merampas hp anak disaat anak sudah mulai tidak mendengarkan perkataan orang tua.
Keywords
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Aziz, Mohammad Sjaiful. “Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Antar Personal Siswa Kelas X TSM.” UNPGRI, 2016.
Candra, Asep. “Dampak Positif Game Online,” 21 Februari 2012. Diakses 3 September 2021. https://health.kompas.com/read/2012/02/21/1806092/Inilah.10.Efek.Positif.Bermain.Game?page=all.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.
Djamarah, Saiful Bahri. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Renika Cipta, 2004.
D.Y.Witanto. Hak dan Kedudukan Anak Luar Kawin. Jakarta: Kencana, 2012.
Effendi, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
———. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 1993.
Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.
Firdaus, Akhmad. “Pengertian Game Online,” t.t. Diakses 1 September 2021. https://repository.stkippgrisumenep.ac.id/623/7/BAB%20II%20AKHMAD%20FIRDAUS.pdf.
FNur Rahmawat. “Dampak Negatif Positif Teknologi,” 2016. Diakses 3 September 2021. http://repository.unpas.ac.id/13120/5/BAB%20II.pdf.
Habibillah, B. “Macam - Macam Anak,” 2017. Diakses 3 September 2021. http://repository.radenintan.ac.id/1355/3/BAB_II.pdf.
Indriyati. “Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dengan Rasa Percaya Diri Remaja Putri Awal.” Universitas Negeri Semarang, 2007.
Ismi, Nurul, dan Akmal. “Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negei 1 Bayang.” vol.3 (2020).
Jumansyah, Recky. “Fenomena Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa UMBY.” Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2017.
Kardina. “Peran Orang Tua Dalam Meminimalisir Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah.” Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2020.
Margaretha, S. Dampak Buruk Kecanduan Bermain Game online. Jakarta: Bahana, 2008.
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. XIV. Bandung: Rosdakarya, 2010.
Nurdiani, YS. “Pengertian Game Online,” 2016. Diakses 2 September 2021. http://repository.unpas.ac.id/13046/4/Bab%20II.pdf.
Penyusun, Tim. Pedoman Penulisan Skripsi IDIA Prenduan. Sumenep: IDIA Pres, 2021.
Permana, Dimas Arya Dwi. “Komunikasi Interpersonal Orang Tua Kepada Anak Dalam Memahami Dampak Bermain Game online” (2015).
Permana, Monica. “dampak positif dan dampak negatif teknologi,” 4 September 2020. Diakses 3 September 2020. https://greatdayhr.com/id-id/blog/perkembangan-teknologi/.
Ramadania, Elisa. “Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Anak Pecandu Game Online.” Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2021.
Riswandi. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Salim, Agung. “Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam.” UIN Alauddin, 2016.
Sekret Desa, Subairi. “Profil Desa Galis,” 23 Januari 2022. Online.
———. “Profil Desa Galis,” 28 Januari 2022. Kediaman.
Sugiono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2007.
Suryabrata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali, 1987.
Syahran, Ridwan. “Ketergantungan Online Game Dan Penangannya” (1 Juni 2015).
Umar Sidiq, dan Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.
Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. II. Jakarta: PT Indeks, 2008.
Wiryanto. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo, 2001.
Yudha, Wisnu. “Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Pecandu Game Online.” Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2015.
DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v9i1.2168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam