STRATEGI DAKWAH KIAI UMARUL FARUQ MUSTHAFA DALAM MEMBINA PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA PALENGGIYAN SAMPANG

Rohmadi Rohmadi

Abstract


 

Kegiatan dakwah sering dipahami sebagai upaya untuk memberikan solusi Islam terhadap berbagai masalah dalam kehidupan. Masalah kehidupan sebut mencakup seluruh aspek, seperti aspek ekonomi, sosial, budaya, hukum, politik, sains dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui tujuan berdakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa dalam membina penyandang masalah kesejahteraan sosial di desa Palenggiyan Sampang. (2) Mengetahui strategi dakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa dalam membina penyandang masalah kesejahteraan sosial di desa Palenggiyan Sampang. (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa dalam membina penyandang masalah kesejahteraan sosial di desa Palenggiyan Sampang. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (Studi Kasus), dalam artian memiliki karakteristik tersendiri yang harus diperhatikan dan perlu untuk dilakukan yakni peneliti melakukan penelitian pada latar alamiah atau konteks dari suatu keutuhan, data diperoleh dari setting alami yang berlangsung dalam kehidupan sehari-hari. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus, di mana pada penelitian ini mengkaji untuk menganalisis situasi (sintuational analysis) terhadap peristiwa atau kejadian tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tujuan berdakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa dalam membina penyandang masalah kesejahteraan sosial di desa Palenggiyan Sampang untuk menciptakan generasi yang kokoh dan bertanggung jawab, dan masa depan masyarakat akan menjadi baik, dari yang buruk menjadi mahasiswa mahasiswa yang mempunyai akhlak dan hati nurani yang baik. (2) Strategi Dakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa dalam Membina Penyandang Masalah kesejahteraan Sosial di Desa Palenggiyan Sampang yaitu dengan pendekatan kepada masyarakat khususnya mengumpulkan para ketua-ketua geng, sambil melihat kondisi sekitar kemudian sambil bermusyawarah dengan diadakannya suatu pengajian Pemuda Insyaf (As-Sabab), sehingga masyarakat sangat antusias dalam menjalankan ajakan beliau, yaitu dengan lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah. (3) Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam strategi dakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa adalah Adanya dukungan dari masyarakat, Terbentuknya suatu kelompok, Waktu yang singkat. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam strategi dakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa adalah Perekonomian, Pedagang Kaki Lima.


References


Daftar Pustaka

An-Nabiry, Bahri, Fathul, Meneliti Jalan Dakwah, (Jakarta : Amzah, 2008).

Ardial, Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi. (Cet. 1; Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prektik, (Jakarta: Rineka Citra, 2006).

Chairunnissa, Connie Metode Penelitian ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial. (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017).

Dhofir, Syarqowi pengantar metodelogi riset dengan spektrum islami. (Prenduan: Al-Amien Printing Press, 1997).

Hasan, Ahmad, Mata Uang Islami, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2005).

s

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2002).

Kuntoro, H, Dasar Filosofis Metode Penelitian (Surabaya : Pustaka Melati, 2009).

Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet. 24; Bandung: Rosdakarya, 2007).

Nazir, Moh Metode Penelitian. (Cet. 10; Bogor: Ghalia Indonesia, 2014).

Satori, Djam’an i, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: CV Alfabeta, 2014).

Shihab, Quraish M. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, (Jakarta: LenteraHati, 2011).

Solehudin, Aden Hasan Strategi Komunikasi Dakwah Program Tausiyah Udara


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v5i1.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam