• slot777
  • slot gacor
  • bokep
  • situs toto
  • slot88
  • slot88
  • slot gacor
  • bokep indo
  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot gacor
  • mahkota212.com
  • slot
  • bokep indo
  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot gacor
  • http://adoornri.com/
  • slot gacor
  • https://anggota.kadinkerinci.org/
  • ANALISA NILAI-NILAI DAKWAH DI WARUNG KOPI DUSUN SASAR DESA KAPEDI KECAMATAN BLUTO | Nikmah | Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam

    ANALISA NILAI-NILAI DAKWAH DI WARUNG KOPI DUSUN SASAR DESA KAPEDI KECAMATAN BLUTO

    Lailin Nikmah

    Abstract


    Abstrak

    Keberadaan warung kopi di tengah-tengah masyarakat menjadi instrumen dalam menstimulasi kesadaran sosial dan formasi sebagai wujud penjelmaan dari kenyataan eksistensi bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa berada dalam kebersamaan dengan manusia lain ataupun dengan dirinya sendiri. Fenomena minum kopi dan menghabiskan waktu di warung kopi ini juga sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di pedesaan guna untuk mempererat tali silaturrahmi atau rasa solidaritas antar sesama. Warung kopi menjadi media bagi masyarakat untuk bertemu dan berbincang mulai dari masalah pribadi, sosial, agama, danpolitik. Warung kopi bukan lagi hanya sekedar tempat tongkrongan namun juga banyak sekali peristiwa penting yang berawal dari meja warung kopi dan menjadi ruang sosial tempat tukar-menukar informasi dan menyampaikan dakwah.

    Dalam hal ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif. Kata-kata, tindakan serta data tertulis dilapangan akan dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang semuanya dimasukan dalam catatan lapangan. Kemudian dilakukan analisis data tentang nilai dakwah di warung kopi ini melalui reduksi, kategorisasi, sintesisasi dan penyusunan hipotesis kerja terkait fukus penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Warung kopi adalah wadah bagi masyarakat sebagai tempat untuk menyambung tali silaturrahmi dan juga tempat berbagi informasi terbaru bahkan juga sebagai tempat berdiskusi dalam dakwah.

    Warung kopi adalah madrasah masyarakat yang mana dalam penyampain materi akan selalu berkesinambungan tidak perlu memakai absensi peresentase kehadirannya tak bisa di ragukan datang tanpa di undang bahkan selau konsisten dan tepat waktu. Para kiai aktif diwarung kopi dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya mempertahankan nilai-nilai keagamaan  yang  tumbuh ditengah-tengah masyarakat sebagai suatu wadah untuk mengikat silaturrahmi  dan mempertahankan nilai-nilai keagamaan tetap berkembang. Seperti adanya silaturrahmi yang berkesinambungan, membudayakan saling menghormati antar setiap warga masyarakat, membudayakan sikap jujur di warung kopi bahkan membiasakan mengucapkan salam saat datang ataupun pergi dari warung kopi.

     


    References


    DAFTAR PUSTAKA

    Al Munawwar Husin Agil Said, Jakarta Kencana,2003 Sambutan didalam buku: tim penulis rahmat semesta, ed Metode Dakwah

    Dani Anwar, 2014 Ilmu Dakwah, Kompilasi Materi Pokok Kajian Ilmu Dakwah, Cendikia Press

    Depertemen Agama RI, Bandung 2005Al-Qur'an dan Terjemah, CV. Diponogoro

    Didin Hafiduddin, Jakarta Dakwah Aktual, 1998 Gema Insani Press

    Imam Alwisral Zaidallah, jakarta, 2002 Strategi Dakwah Dalam Membentuk Da'i dan Khatib Profesional, Kalam Mulia

    Khoirina Fidagta, Yogyakarta 2009 Ekspresi Keberagaman Komonitas Warung Kopi, UIN Sunan Kalijaga

    Mahmud Ahmad, Bogor2002 Dakwah Islam, Pustaka Thariqul Izzah

    Mubarok Achmad jakarta 2002 PsikologI Dakwah Pustaka Firdaus

    Muriah Siti, Yogyakarta2000 metodologi Dakwah Kontemporer, Mitra Pustaka

    Rukmana Nana, jakarta 2002 Masjid dan Dakwah Al-Mawardi Prima

    Saeful Asep Muhtadi dan Agus Ahmad Syafei, Bandung 2003 Metode Penelitian Dakwah, CV Pustaka Setia

    Wignyosoebroto Soetandyo Surabaya2009 Dakwah Pemberdayaan Masyarakat paradigma aksi dan metodologi PT LkiS Pelangi Aksara


    Full Text: PDF

    DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v4i2.582

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam