PENGARUH PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ORGANISASI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN

Ardi Binurillah

Abstract


Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen adalah sebuah interaksi yang bernilai normatif, Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen merupakan suatu proses yang dilakukan dengan sadar dan bertujuan. Tujuannya adalah sebagai pedoman ke arah mana komunikasi dalam organisasi akan dibawa. Komunikasi akan berhasil bila hasilnya mampu membawa perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap dalam diri pengurus organisasi. Namun hal itu tidak akan pernah terlepas dari kemampuan komunikasi yang merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi seorang pemimpin. Pelatihan seperti itu sangat penting, karena bakat tanpa latihan tidak akan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihan kepemimpinan dan manajemen terhadap  Kemampuan Komunikasi Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Dan apabila ada maka seberapa besarkah pengaruh tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 orang responden. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan kueseoner atau angket. Analisis datanya menggunakan product moment korelasi pearson. Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen memiliki pengaruh Terhadap Kemampuan Komunikasi Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Tahun 2016/2017. Adapun besaran pengaruhnya sebesar 0,486. Diperoleh kesimpulan bahwa Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Terhadap Kemampuan Komunikasi Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Tahun 2016/2017, Sebesar 0,486 berada di antara 0,400 sampai dengan 0,600 yang memiliki nilai kategori agak rendah, dan dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen memiliki pengaruh terhadap Kemampuan Komunikasi Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura tahun 2016/2017.

 

Kata kunci       : Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen, Kemampuan Komunikasi.


References


DAFTAR PUSTAKA

Suryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Faza, Najmi. Pengaruh Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan manajemen terhadap kepribadian Pengurus Organisasi Santri ISMI TMI Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi S-I Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Dirosat islamiyah Al-Amien prenduan, 2015.

GBHO & AD/ART BEM Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan, 2015-2016.

Handoko, Hani. Manajemen personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2012.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif Malang: UIN Malang Press, 2008.

Kuswandi, Iwan & Samhadi, Moh. Karakter Ulama Pesantren: Meneladani Sosok KH. Maktum Djauhari. Yogyakarta:Lembaga Ladang Kata, 2016.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Moedjiono, Imam. Kepemimpinan & Keorganisasian. Jogjakarta: UII Pres Yogyakarta, 2002.

Roies, Mohammad Zainullah. Pemimpin Sebagai Organisator. Disampaikan pada saat PKM.

Rusli, Mohammad. Metode penelitian Kuantitatif Dan kualitatif. Prenduan: LP3M Pramadani, 2013.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta, 2013.

Wahab, Abd. & Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Daryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo Lestari, t. th.

Mulyono, Educational Ledership. Malang: UIN Malang Press, 2009


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v4i1.585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam