PERAN NAHDLATUL ULAMA CABANG SUMENEP DALAM MEWUJUDKAN KEBIJAKAN PROKES PEMERINTAH MENGATASI PANDEMI COVID-19

sitti khotijah, Moh. Hamdani

Abstract


Seiring perkembangan zaman, Dakwah Islam mengalami persoalan yang begitu kompleks yang berkaitan dengan masalah kehidupan. Pada dasarnya Agama Islam mampu menjawab segala persoalan yang dihadapi Umat Islam itu sendiri. Sehingga dalam hal ini, tidak hanya dibutuhkan seorang muballigh saja yang mampu memiliki peran dan peta dakwah terhadap obyek dakwah terkait dengan problematika, budaya, dan karakter yang berbeda di dalam kehidupan masyarakat, namun organisasi kemasyarakatan juga dituntut untuk memiliki peran aktif dalam penyebaran dakwah, seperti halnya Nahdlatul Ulama. Tidak dapat di pungkiri bahwa Indonesia pada masa sekarang ini, sedang mengalami polemik pandemik covid-19, yang menuntut akan adanya kerjasama bilateral dan berkesinambungan Antara pemerintah, masyarakat, lembaga dan organisasi kemasyarakatan yang ada didalamnya. Maka dalam penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengetahui peran organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama Cabang Sumenep dalam mewujudkan kebijakan Prokes pemerintah mengatasi pandemik covid-19, beserta dengan faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan  jenis penelitian studi desktiptif. Adapun hasil dari penelitian menyatakan bahwa: ada beberapa peran yang dilakukan oleh Nadlatul Ulama Cabang Sumenep dalam membantu kebijakan Prokes pemerintah mengatasi pandemic Covid-19, diantaranya: sebagai mediator dan menjadi mitra pemerintah. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya peran aktif tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan faktor penghambatnya adalah adalah adanya ketidaktransparanan anggaran dana Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah.

 

 


Keywords


Nahdlatul Ulama, Kebjakan Prokes pemerintah, Pandemi Covid-19.

References


Abdullah, Maskuri. Ulama Dan Politik, Dalam Abdul Mui’im D.Z, Islam Di Tengah Arus Transisi. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2000.

Asy’ari, KH. Hasyim. Al-Qânûn Al-Asâsiy Ahlussunnah Wal Jama’ah. Yogyakarta: LKPSM, 1999.

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Azizi, Ach. Taufiqil. Dinamika NU Sumenep Dalam Lintasan Masa. Sumenep: Zeve Press, 2016.

Gendalasari, Gen Gen. “Pembinaan Organisasi Sosial Kemasyarakatan Mengenai Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Budaya Organisasi Di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.†Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan 1, no. 2 (2021): 201–214.

Hannan, Abd, and Heny Triyaningsih. “Mitigasi Covid-19 Melalui Kearifan Lokal Pesantren Di Madura.†Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora 6, no. 2 (2021): 1–30.

Hasyim, Umar. Mencari Ulama Pewaris Nabi. Surabaya: Bina Ilmu, 1983.

Jonge, Hub de. Madura Dalam Empat Zaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi, Dan Islam. Jakarta: PT Gramedia, 1998.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. 36th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Muhtadi, Asep Saiful. Komunikasi Politik Nahdlatul Ulama Pergulatan Pemikiran Politik Radikal Dan Okomodatif. Jakarta: LP3ES, 2004.

Nasir, Moh. Metode Penelitian. Bogor: Graha Indonesia, 2013.

R, Tadjul Ariefien. Sejarah Perjalanan DPRD & Perjuangan Rakyat Sumenep 1945-1950. Sumenep: Bagian Humas & Publikasi Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Sumenep, 2008.

Satori., Djam’an, and Aan Komariyah. , Metodologi Penelitian Kualitatif,. 7th ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Tajuddin, Yuliyatun, Kata Kunci, : Walisongo, Strategi Dakwah, and Komunikasi Dakwah. “Walisongo Dalam Strategi Komunikasi Dakwah.†Agustus 2014 ADDIN 8, no. 2 (2014): 367–390.

Wiryawan, I Wayan. “Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) Di Indonesia.†Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2019, no. 6 (2020): 179–188. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/webinaradat/article/view/1180/1012.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v5i2.603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam