STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN PRODUK AMDK BARIKLANA

Ahmad Zulfikar Ali, Habibatul Muthi’ah

Abstract


Abstrak

Komunikasi pemasaran adalah salah satu langkah awal untuk memperkenalkan produk di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, komunikasi pemasaran perlu dilakukan untuk menjaga  dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Penelitian ini  bertujuan Untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk AMDK Bariklana Yang Dilakukan Oleh Kopontren Al-Amien Prenduan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulannya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.

Hasil dari penelitian strategi komunikasi pemasaran pada produk AMDK ini adalah dengan memperhatikan hal-hal dalam komunikasi pemasaran seperti menggunakan periklanan dan promosi penjualan. Yaitu mengandalkan alumni, Dari segi kemasan yang membuat pelanggan merasa tertarik untuk mencoba mengkonsumsi air ini, Kemudian rasa yang berbeda dari merek lain, sangat baik bagi kesehatan, hingga menjadi langganan tetap. Bariklana ini juga menetapkan sebuah Harga yang  terjangkau, sehingga masyarakat luas langsung memilih produk ini, dari periklanan yang alumni terapkan yaitu dengan pemberian Banner agen bariklana di setiap outlet yang menjadi agen resmi bariklana, pemostingan Poster bariklana di media sosial yang dimilikinya.

 

Kata Kunci : Komunikasi, Strategi, Pemasaran


References


Referensi atau Daftar Pustaka

Abidin, Yusuf Zainal. Manajemen Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Bulaeng, A.R. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2002.

David, Fred. Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Jakarta: Indeks, 2004.

Douglas, W. Foster. Manajemen Perusahaan. Jakarta Pusat: Erlangga, 2000.

Fauziyah, Riani. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Pada Pabrik Garmen PT. Putri Doro Thea (Studi Kasus Desa Kiarasari Kec. Compreng Kab. Subang).†Skripsi, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN), 2015.

Firmansyah, M. Anang. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 2020.

Gregorius, Chandra. Strategi Dan Program Pemasaran,. Yogyakarta: Andi Offse, 2002.

Husein, Umar. Strategi Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Julia, Brannen. Memadu Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nafiah, Nurun. “Penerapan Manajemen Smescomart Dalam Peningkatan Ekonomi Pesantren.†Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2011.

OCTAVIANTY, ANDI ANNISA INDIRA. “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS KULINER BOLU TA’ MAKASSAR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN.†Skripsi, UIN ALAUDDIN MAKASSAR, 2018.

Prasetyo, Reza Rizki. “BENTUK – BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN YANG DIGUNAKAN DALAM PROGRAM TELKOMSEL SCHOOL COMMUNITY OLEH TELKOMSEL SURABAYA.†vol.4, no. 2 (n.d.): 11.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Sinar Utama, 2000.

Redi Panuju. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: KENCANA, 2019.

Rizki Prasetyo, Reza. “Bentuk – Bentuk Komunikasi Pemasaran Yang Digunakan Dalam Program Telkom School Community.†vol.4. 2 (n.d.).

Rosmawaty, H.P. Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran, 2010.

Rusli, Mohammad. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Prendun-Sumenep: ‘PARAMADANI,’ 2013.

Setiadi, J. Nugroho. Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media, 2003.

Setiawati, Hari Purnomo. Manajemen Strategi Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Univ. Negeri Jakarta, 1998.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.

Sujianto, Agus Eko. Performance Appraisal Koperasi Pondok Pesantren. Yogyakarta: Teras, 2011.

Suryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Susetyarsi, Th. “STRATEGI PENETAPAN POSISI (POSITIONING).†STIE Semarang, vol.VOL 3 (Edisi Oktober 2011).

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Skripsi IDIA Prenduan. Prenduan: IDIA Press, 2021.

YOGI, MARDIANSYAH. “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KAFE HAN’S KOPI DALAM MEMPERKENALKAN BRAND-NYA.†UNIVERSITAS SEMARANG, 2016.

Yosal, Iriantara. Manajemen Strategi Public Relations. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004.

Dokumentasi Pendirian Pabrik AMDK Bariklana. Kopontren Al-Amien Prenduan, 2014.

“Manfaat Minum Air Mineral Untuk Kesehatan - Alodokter.†Diakses 1 September 2021. https://www.alodokter.com/manfaat-minum-air-mineral-untuk-kesehatan.

“Pengertian Studi Kasus: Jenis, Cara Membuat Dan Contoh.†Diakses 21 September 2021. https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-studi-kasus/.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v5i2.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam