Analisis Kesulitan Belajar Anak di TK At-Tarbiyah

Ainul Hasanah, Imamatul Afifah, Ismaniah Ismaniah, Husnul Khatimah

Abstract


Kesulitan belajar pada siswa merupakan suatu keadaan di saat peserta didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan dan harus segera diberikan penanganan pendidik karena kesulitan yang dialami anak jika dibiarkan akan menjadi sebuah penghalang bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar anak di kota Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak di TK At-Tarbiyah. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk mendapatkan data melalui guru dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis. Pada saat belajar mereka tidak dapat membaca dan menulis dengan baik dan benar. Kesulitan ini disebabkan oleh dua faktor, berasal dari dalam diri siswa dan yang berasal dari luar diri siswa. Untuk mengatasi tersebut maka guru harus mengenali peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, memahami tentang kesulitan siswa, menetapkan latar belakang atau alasan, menyusun strategi dalam pengajaran dan menggunakan alat bantu dalam pengajaran.



References


Angranti, W. 2016. “Problematika Kesulitan Belajar Siswaâ€. Jurnal Gerbang Etam, Vol. 10, No. 1

Arifin, F. 2020. “Kesulitan Belajar Siswa Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika Sd/Miâ€. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 5

Della, L. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Anak Disgrafia pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Sdn Karang Tengah 5 Kota Tangerangâ€. Berajah Jurnal, Vol. 2, No. 1

Ismail. 2016. “Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolahâ€. Jurnal Edukasi, Vol. 2, No. 1

Putri, A. 2019. “Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi Pada Siswa Dalam Menerima Pelajaranâ€. Jurnal Pendidikan , Vol. 2, No. 2

Ratnawati, S. 2017. “Faktor Penyebab Kesulitan Belajarâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 4, No. 2


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/edupreneur.v1i1.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.