Instrumen dalam Pengukuran Validasi Tes Hasil Belajar di SDN Candiburung 1 Pamekasan
Abstract
Pengukuran merupakan suatu proses pemberian angka kepada suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas. Berdasarkan pandangan tersebut, tampak bahwa semua kegiatan di dunia ini tidak bisa lepas dari pengukuran keberhasilan suatu program dapat diketahui melalui suatu pengukuran, begitu juga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian-penelitian yang dilakukan dalam semua bidang selalu melibatkan kegiatan pengukuran, baik yang bersifat kualitatif maupun yang bersifat kuantitatif. Oleh karena itu, pengukuran memegang memegang peranan penting, baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun untuk penyajian informasi bagi pembuat kebijakan.
Pada dasarnya, pengukuran merupakan kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik. Penentuan angka ini merupakan usaha untuk menggambarkan karakteristik suatu objek. Kemampuan seseorang dalam bidang tertentu dinyatakan dengan angka. Kesalahan yang terjadi pada pengukuran ilmu-ilmu sosial biasanya disebabkan oleh alat ukur, cara mengukur dan keadaan objek yang diukur. Masalah evaluasi hasil belajar meliputi alat ukur yang digunakan,cara menggunakan, cara penilaian dan evaluasinya.
Keywords
References
Arifin, Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Lilin Persada Press,2013 Djali,Puji Muljono, pengukuran dalam bidang pendidikan Grasindo
https://disnawati.wordpress.com/2012/03/06 diakses tanggal 22 oktober 2022 pukul 18.23 WIB
https://id.m.wikipedia.org/wiki/belajar diakses tanggal 21 oktober 2022 pukul 12.02
https://unida.ac.id./pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html diakses tanggal 21 oktober 2022 pukul 14.34
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol, VI No.1, - Tahun 2008 L.J, Moloeng Metodologi Penelitian Kualitatif, Bamdung:PT Remaja Rosdakarya,2005. www.gurusiana.id diakses tanggal 22 oktober 2022 pukul 20.15 WIB
www.studocu.com/id/document/ diakses tanggal 22 0ktober 2022 pukul 19.03 WIB
DOI: 10.28944/edupreneur.v1i1.801
Refbacks
- There are currently no refbacks.