Upaya Wali Kelas dalam Mendisiplinkan Siswa mengerjakan tugas Sekolah di SDI Nurul Ihsan

Ummiyah Ummiyah, Rosyi Khuddin Akba BB, Suriyono Suriyono, Sholihin Sholihin, Nur Hasanah

Abstract


Fokus dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya wali kelas dalam mendisiplinkan siswa mengerjakan tugas sekolah di SDI Nurul Ihsan Dsn. Batujaran Barat. Selanjutnya untuk mengetahui kendala wali kelas dalam mendisplinkan siswa mengerjakan tugas sekolah. Kemudian untuk mengetahui solusi wali kelas dalam mendisplinkan siswa mengerjakan tugas sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitaif karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan dan mendalam. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Wali kelas dalam mendisiplinkan siswa mengerjakan tugas Sekolah Memberikan contoh yang baik, Mengenali dan melakukan pendekatan yang lebih, Memberikan tugas, baik pekerjaan sekolah atau pekerjaan Rumah, Membuat aturan bersama , Menciptakan suasana kelas yang nyaman dan tidak menoton, Memberikan Reward, Membuat jadwal khusus dalam setiap harinya. Sedangkan Kendala Wali Kelas Kurangnya rasa semangat siswa untuk belajar dan Kurangnya motivasi serta partisipasi dari orang tua.

Keywords


Wali Kelas; Mendisiplinkan Siswa; tugas Sekolah

References


Astiara, dkk. “Faktor Yang Menyebabkan Siswa Tidak Menyelesaikan Tugas Di Kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh.†Volume 2 (July 3, 2017): 59.

Bungin, Burhan. Metodelogi Penelitian Sosial. Surabaya: Air Langga, 2001.

Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Devita, Yeni. “Efektifitas Terapi Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Mengerjakan Tugas Pada Anak Tahap Usia Sekolah†Vol 3 (July 1, 2019): 54.

E, Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Engreine, Syofianti. ManajemenTugas Wali Kelas Berbasis Teknologi Informasi,. (t.t.): Edu Publisher, (t.t.).

Gojari. Pengertian Tugas Sekolah, Tujuan Serta Manfaatnya. (t.t.): (t.p.), 2018.

Hidayat, Nur. “Disiplin Positif Membentuk Karakter Tanpa Hukuman.,†n.d., 472.

Imron, Ali. Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Ketut Sukardi, Dewa. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Kusumaning Rahadi, Mayang. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tidak Mengerjakan Tugas Dari Guru Dan Solusi Guru Pada Kelas IV Di SD Negeri 2 Sanden Tahun Ajaran 2019/2020†Volume 8 (Nomor Tahun 2020): 395.

Lelono, Setyo. “Meningkatkan Kedisiplinan Mengerjakan Tugas Tepat Waktu Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mataudi Pandan.†Vol.1. (June 2021): 40.

Mamik. Metodelogi Kualitatif. Sidogiri: Zifatama Publisher, 2015.

Mirdanda, Arsyi. Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery, 2018.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mustika, Zahara. “Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran, Intelektual†volume 3 (June 1, 2015).

Naim, Ngainun. Character Building. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Ningsih, Sri Wahyuni. Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi Dan Contoh Penelitiannya. Bangkalan: UTM Press, 2013.

Nofriansyah, Deny. Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: DEPUBLISH, 2018.

Nurhayati. Skripsi Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTS Qubbatul Islam Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara. Mataram: Universitas Mataram, 2018.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta, n.d.

Ruslan. Skripsi Peran Wali Kelas Dalam Membina Kedisiplinan Siswa MA Al-Islamiyah PUI. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2016.

Siyoto, dkk, Sandu. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Solahuddin, Makmur. The Essential of Human Recurces Management. Banten: Bintang Sembilan Visitama, 2021.

Stewad, dkk. Hand Book Positive Discipline in Everyday Parenting, Program Families First Signature, Program Discipline. Jakarta: Save The children, 2015.

Sukses Dakhi, Agustin. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Sumiati, Sumarni dan. “Peranan Wali Kelas Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Pada Kelas II SDN 02 Kilo, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.†Volume 1 (Nomor Oktober 2020).

Sumidjo, Wahjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-ruz Media, 2013.

Sutriani, dkk. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VSDN 2 Bukit Harapan†Vol. 4 (No. 1): 22.

Syahroni. “Disiplin Positif Sebagai Sarana Pembinaan Karakter Menuju Sekolah Ramah Anak Di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah†Volume 4 (January 1, 2021): 26.

Syaodih Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Taufiq dkk. “Aplikasi Penjadwalan Mata Pelajaran SMA Berbasis Web Mobile Di SMA Negeri 2 Pringsewu. Jurnal Informasi Dan Komputer†volume 6 (n.d.).

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Skripsi; Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Prenduan: IDIA Press, 2021.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/edupreneur.v1i1.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.