Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Diniyah Nurul Jadid Pragaan Daya Sumenep

Rismawati Rismawati, Sofyan Hadi, Ika Hamini, Sri Agustin, Noer Aini Rachman

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Diniyah, yang dijabarkan dalam tiga fokus yaitu: 1. Bagaimana Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Diniyah awaliyah Nurul Jadid? 2. Apa saja kendala Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Madrasah Diniyah awaliyah Nurul Jadid? 3. Bagaimana Solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru madrasah diniyah awaliyah Nurul jadid.?  Untuk mengetahui lebih dalam tentang Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik Guru maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif Jenis Studi Kasus. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode ini, kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Subjek penelitian ini diambil dari Kepala Sekolah dan Guru Madrasah Diniyah Nurul Jadid, 1 dari kepala sekolah 4 dari guru Madrasah Diniyah. untuk keabsahan data,  peneliti menggunakan triangulasi metode membandingkan data hasil  pengamatan dengan hasil wawancara dan dokumentasi. 

Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Madrasah Diniyah awaliyah Nurul Jadid ini mencakup empat upaya yaitu :Motivasi, Workshop, Supervisi pembelajaran, mengadakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan kursus kependidikan. Namun demikian, dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru madrasah diniyah awaliyah ini terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat diantaranya: kurangnya pemahaman guru dalam pemilihan metode mengajar, rendahnya kompetensi guru, rendahnya kesadaran dan semangat untuk berbagi pengetahuan, tetapi disini bisa diatasi dengan berbagai Solusi. Solusi alternatifnya: bagi guru yang belum mempunyai gelar S-1 untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi (S1), kemudian shering bersama mengenai permasalahan yang dihadapi.


Keywords


kepala sekolah; pedagogik; madrasah diniyah.

References


Arikonto Suharsimi, Prosedur Penelitian, 2006 ed. (Jakarta:PT. RINEKA CIPTA , t.t).

Baharun Hasan Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah At-tajdid jurnal ilmu tarbiyah, Vol. 6 No. 1, Januari 2017.

Burhanudin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Jakarta :Bumi Aksara, 1994.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan, kamus besar bahasa indonesia. jakarta : Balai Pustaka 1993.

DarmantoDwi, skripsi manejemen tenaga pendidik dimadrasah diniyah (madin) al-istiqomah pucangan kartasura. 2017.

DR. Rifma, M.Pd. Kompetensi Pedagogik Guru Jakarta: KENCANA November 2016.

Departemen Agama RI, Pedoman penyelenggaraan dan pembinaan madrasah diniyah Jakarta: Depag, 2007.

HamalikOemar, Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum Jakarta :manar maju, 1992.

H Maya, Kesalahan-kesalahan Umum Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan. Yogyakarta : Diva Press, 2012.

Hakim Lukmanul Moh, “Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Diniyah Indonesia.â€Jurnal ilmiah iqra’ fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan (FTIK) Manado 2021.

Ismail peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran,. Jurnal mudarrisuna volume 4.

Janawi, Kompetensiguru :citra guru profesional Bandung :Alvabetacv, 2019.

Kompri Standardisasi kompetensi kepala sekolah pendekatan teori untuk praktik profesional Jakarta :Kencana 2017.

Kurniawan Asep“Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedacgogik Guru disekolah menengah kejuruan sultan agung Cirebonâ€Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 5, No. 1, Juni 2020 M/1441 H.

Liwes Sanusi, manajemen pengembangan mutu jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999.

Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Nur Anifa Alfia, “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SD Yayasan Mutiara Gambut.†Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Nurkholis. Pendidikan dalam memajukan teknologi jurnal kependidikan, vol. 1 No. 1 Nopember 2013.

Purwanigrum Viana Hety jurnal media manajemen, pendidikan Manajemen Mutu Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam upaya pengembangan kompetensi guru volume 3 No. 2 Oktober 2020.

Riani Mimi Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru dalam menyusun model pembelajaran melalui workshop di SD Negeri 004 Sungai Lala Jurnal Mitra Pendidikan Volume V, Nomor 4, Oktober 2018

Siahaan Amiruddin, Kepemimpinan Pendidikan Sampali Medan: CV. Widya Puspita, 2018.

Suhadi Edi dkk. ta’dibuna jurnal pendidikan islam, Vol. 3, No. 1, April 2014

Suderajat Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.Bandung: Cipta Cekas Grafika, 2005.

Syarif Muhammad dkk “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.â€Fitrah Jurnal Kajian ilmu-ilmu Keislaman

Suwendra Wayan Metodologi Penelitian Kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan Bandung: Nilacakraka, CV, 2018.

Susanti Dewi, dkk. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Jurnal edudeena Vol. 1 No. 2 juli 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R &D Bandung :Alfabeta, 2015.

Suparman, S.Pd.I, S.Pd. Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Suparmi Putu “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Rencana Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah†Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 2 No 2, Juli 2019

Sukma dinata Syaodih Nana, Metode Penelitian Pendidikan, 2017 ed. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, t.t.),

Sukoco Sampir Andrean “Meningkatkan Motivasi Siswa Guna Menempuh Jenjang Pendidikan yang lebih tinggi Majalah Ilmiah “PELITA ILMU†Vol. 2 No. 1 Juni 2019 hlm 52

Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Skripsi; Institut Dirosat IslamiyahAl-AmienPrenduan. Prenduan: IDIA Press, 2021, 16

Tyagita Atika Putri Brigita Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Jurnal Manajemen Pendidikan Volume: 5, No. 2, Juli-Desember 2018

Ulum Miftahu ldkk, jurnal Modeling, Volume 6, Nomor 2, September 2019.

Undang-undang RI No 2 tahun 1989, 1992.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala sekolah, jakarta : Raja Gravindo 2002.

Wahyudi Imam, Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif Dan kreatif dalam mengelola Pendidikan Secara Komprehensif, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher, 2012.

Yasin Fatah Ahmad pengembangan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dimadrasah jurnal elqudwah volume 1 Nomor 5, edisi april 2011.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/edupreneur.v1i1.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.