RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM QS. Al-HUJURAH PERSPEKTIF KITAB TAFSIR TARBAWÎ LI AL-QUR'ÃN AL-KARÎM KARYA ANWAR ALBÃZ

Muhammad Habib Zainul Huda, Fitri Wulandari

Abstract


Krisis moral yang menimpa generasi saat ini, seperti Intoleran, Plagiarisme, Bullying, Pornografi, Kekrasan Siswa Kepada Guru, Pergaulan Bebas (Pacaran), Tawuran Antar Pelajar, Penggunaan Obat Terlarang (Narkoba & Sejenisnya), Merokok Usia Dini, Durhaka Kepada Kedua Orang Tuanya, Kecanduan Game Online, Berbicara Kasar/Kotor, dan berbagai kasus negatif lainnya tanpa disadari semakin hari semakin meningkat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini yaitu hendak mencari solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai krisis moral generasi saat ini prespektif Anwar al Baaz. Penelitian ini tergolong penelitian Library Research (Kepustakaan), yang sifatnya Deskriptif Analisis, dengan cara pengumpulan data “Dokumentasiâ€. Selain itu, penulis juga menggunakan Teknik Tematik dan Tahlili dalam proses studi pustakanya, dibantu dengan Teori Doable Movement Fazlur Rahman. Hasil Dari penelitian ini yaitu : (1) Setidaknya ada 5 Pendidikan Karakter dalam Qs. Al Hujurah menurut Anwar al Bazz diantaranya : Takwa, Sabar, Ihsan, Adil, dan Tawasut. (2) Anak didik pada saat ini hendaknya harus senantiasa patuh kepada gurunya, harus menjaga tutur katanya, tidak mudah terprovokasi, tidak memandang rendah seseorang, dan tidak merekam atau memfoto dan memvidio keburukan orang lain. (3). Pendidikan karakter akan tertanam dalam diri anak didik apabila ada kerjasama antara guru, orang tua, saudara, keluarga, masyarakat, bahkan pemerintah.

Keywords


Relevance of Character Education Value, Al Hujurah, Tafsir Tarbawi Anwar al Baaz.

References


Ahsin, Nur. “Cyberbullying dalam Persepektif Islam.†Jurnal Informatika Upgris 8, no. 1 (2022): 128–137.

Amarsyahid. “Taaruf Dalam Konteks Modern (Telaah Penafsiran Thahir Ibnu ‘Asyur Dalam Qs Al-Hujurat Ayat 13).†IAT IAIN Palu (2019).

Amril. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Qs. Al Hujurat Ayat 6 - 12.†Universitas Muhammadiyah Makasar (2015).

Azzahrawaani. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Sosial Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam ( Perspektif Tafsir Al-Azhar Dan Tafsir Al-Misbah ) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Sosial Dalam Al- Qur’an Surat Al -Hujurat Ayat 11-13 Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan.†IPTIA Jakarta (2020).

Baaz, Anwar Al. “Tafsir Tarbawi Lil Qur’anil Kariim.†Dar Nasr Lil Jami’ah, 2007.

Fadhilah, Na’im. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al- Qur’an Surat Al Hujurat Ayat 11-13 : Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka†6 (2022): 13524–13534.

Hadi, Rifki. “Bullying Dalam Al-Qur’an Dan Realitas Kehidupan Modern (Studi Analisis Tafsir Tematik).†Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, 2022.

Hakim, Muhamad. “Telaah Pemikiran Muhammad Fazlur Rahman Tentang Islam Dan Peradaban Barat Modern.†An-Nidzam 4, no. 1 (2017): 127–152.

Katsir, Imam Ibnu. Tafsir Ibn Katsir Al Hujurat. Darussalam, 2017.

Kementrian Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Listakwarta Putra, 2013.

Khaironi, Mulianah. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.†Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi 01, no. 2 (2017): 82–89.

Khalafullah, Muhammmad A. Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah; Seni, Sastra dan Moralitas dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an (al-Fann al-Qashashi fi Al-Qur’an al- Karim). Diedit oleh Zuhairi Misrawidan Anis Maftukhi. Jakarta: Paramadina, 2012.

Lismijar. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surah Al Hujurah Ayat 11 - 13.†Kalam Jurnal Agama dan Sosial Humaniora (2022): 97–118.

Mentari, Ana. “Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Implementation of Character Education in Higher Education.†Jurnal Kultur Demokrasi 10, no. 1 (2021).

Nata, Abuddin. Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

Pengamat dan Praktisi Pendidikan. “Kasus Plagiarisme di Tingkat SD hingga SMA Capai 94 Persen.†https://www.jawapos.com/ (2021).

Pratama, Andy Riski. “Implikasinya Pendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Qs. Al Hujurat Ayat 1-5 Menurut Tafsir Ibnu Katsir.†Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2023): 42–49.

Qutub, Sayyid. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an : DI Bawah Naungan Al Qur’an Juz 10. Diedit oleh As’adi Yasin. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Riset Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN). “Riset PPIM UIN Jakarta: 30,16 Persen Mahasiswa Indonesia Intoleran.†Kompas.com (2020).

Samsinar. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2022.

Thoha, Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Zaenuri, Ahmad. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Fazlur Rahman.†Irfani 12 (2016): 88–99.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v7i1.1140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.