KEISTIMEWAAN ZAITUN DALAM AL-QUR’AN (Kajian Tafsir Saintifik Perspektif Fakhr Al-Dîn Al-Râzî Dalam Kitab Tafsîr Al-Kabîr Aw Mafâtîh Al-Ghaib)

Nabiila Kamalia, Ihwan Amalih

Abstract


ABSTRAK

Zaitun merupakan buah yang sering disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits. Di dalam Al-Qur’an ia  disebutkan sebanyak  7 kali dalam ayat yang berbeda. Disebutkan sebanyak 5 kali dengan kata Zaitun, satu kali dengan kata Shajarah Mubârokah dan satu kali dengan kata Shajaratan Takhruju Min ṭurisaynai yang menunjukkan makna Zaitun. Zaitun adalah buah sangat istimewa bagi kaum muslimin, ia mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat bagi kesehatan, terutama minyaknya. Apa yang terkandung dalam minyak Zaitun tidak didapati dalam  jenis minyak lain. Dari uraian di atas, maka penulis ingin mengupas lebih jauh mengenai zaitun dan keistimewaan-keistimewaannya dalam Al-Qur’an prespektif  Fakhr Al-Dîn Al-Râzî. Peneliti memilih tokoh ini karena Fakhr Al-Dîn Al-Râzî adalah dikenal sebagai mufassir yang terkenal dengan penafsirannya di bidang tafsir saintifik, maka fokus penelitian ini adalah bagaimana Zaitun dalam Al-Qur’an prespektif Fakhr Al-Dîn Al-Râzî, dan bagaimana keistimewaan Zaitun menurut Al-Qur’an dan sains prespektif Fakhr Al-Dîn Al-Râzî. Penelitian yang peneliti lakukan ini merupakan penelitian kualitatif pustaka. Dalam analisis ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu teknik analisa data yang dilakukan dalam rangka mencapai pemahaman terhadap sebuah fokus kajian yang kompleks, dengan cara memisahkan tiap-tiap bagian dari keseluruhan fokus yang dikaji. Adapun hasil dari penelitian ini, bahwa Zaitun dalam Al-Qur’an menurut Al-Râzî adalah zaitun yang pohonnya tumbuh di Thursinai, dan dijuluki sebagai pohon yang diberkati karena pohonnya berumur Panjang dan tidak tumbuh di timur ataupuna barat. Pohon ini tidak memerlukan perawatan manusia sebagaimana tanaman lain. Buahnya juga mempunyai banyak manfaat. Bisa dimakan langsung ataupun di kupas, perasannya menghasilkan minyak yang baik untuk kesehatan. Minyaknya dapat dikonsumsi sebagai lauk dan dapat dijadikan obat, selain itu minyaknya dapat menjadi bahan bakar pelita. Sedangkan keistimewaan zaitun menurut Al-Râzî dan Sains adalah : 1.Allah bersumpah dengan Zaitun, 2. Allah memuji pohon Zaitun sebagai pohon yang diberkati, 3. Zaitun merupakan bagian dari nikmat yang Allah berikan,4.Zaitun merupakan makanan, lauk dan obat, 5.Pohon Zaitun adalah pohon yang berumur Panjang, 6. Minyaknya jernih, bening dan bercahaya, 7. Minyak Zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


Keywords


Zaitun, Al-Qur’an, Tafsir Sains

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Razi Fakhr Al-Din, Muhammad. Tafsir Al-Fakhr Al-Razi Jilid 13. Pertama. Beirut: Dar Al-Fikr, 1981.

———. Tafsir Al-Fakhr Al-Razi Jilid 19. Pertama. Beirut: Dar Al-Fikr, 1981.

———. Tafsir Al-Fakhr Al-Razi Jilid 23. Pertama. Beirut: Dar Al-Fikr, 1981.

———. Tafsir Al-Fakhr Al-Razi Jilid 31. Pertama. Beirut: Dar Al-Fikr, 1981.

———. Tafsir Al-Fakhr Al-Razi Jilid 32. Pertama. Beirut: Dar Al-Fikr, 1981.

Astawam, Made, Tutik Wresdiyati, dan Nurayla Arnas Nasution. Fakta Dan Manfaat Minyak Zaitun. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, n.d.

H. Maarif, Nurul. Samudra Keteladanan Muhammad. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2017.

Hammad, Sa’id. Resep Sehat Ala Nabi SAW. AQWAMEDIKA. Solo: AQWAMEDIKA, 2020.

Ibnu Katsir As-Simasyqi, Abu Al Fida Ismail. Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim, Tej. Bahrun Abu Bakar Juz 18. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Isa bin Surah Al-Tirmidzi, Muhammad. Sunan At-Tirmidzi Jilid 3, Tej. Moh. Zuhri Dkk. Pertama. Semarang: As-Syifa’, 1992.

Jamaluddin El-Fandy, Muhammad. Al-Qur’an Tentang Alam Semesta. Jakarta: Amzah, 2000.

Khasanah, Nur. “KANDUNGAN BUAH-BUAHAN DALAM ALQUR’AN: BUAH TIN (Ficus Carica L), ZAITUN (Olea Europea L), DELIMA (Punica Granatum L), ANGGUR (Vitis Vinivera L), DAN KURMA (Phoenix Dactylifera L) UNTUK KESEHATAN.†Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, vol.1, no. 1 (2016): 5–29.

Muhammad bin Yazid Ibnu Majah, Abu Abdullah. Sunan Ibnu Majah Juz IV, Tej. Abdullah Shonhaji. Pertama. Semarang: As-Syifa’, 1993.

Naik, Zakir. Miracle of Al-Qur’an & Sunnah. III., ed. Firman Pramudya Wandani. Solo, 2016.

Nor Ichwan, Muhammad. Tafsir ’Ilmy. 1st ed. Yogyakarta: Menara Kudus, 2004.

Orey, Cal. Khasiat Minyak Zaitun Resep Umur Panjang Ala Mediterania. Jakarta Selatan: Penerbit Hikmah, 2008.

RI, Kementerian Agama. Tumbuhan Dalam Prespektif Al-Qur’an Dan Sains. 1st ed. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2011.

Rinanto, Joko. Keajaiban Resep Obat Nabi SAW Menurut Sains Klasik Dan Modern. 1st ed. Jakarta: Qishti Press, 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v7i1.1224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.