ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK TERHADAP BUKU QURANREVIEW “YOU ARE LOVEDâ€

Yubas Muhammad Ilham, Mohammad Abdul Kholiq Hasan

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menganalisis buku quranreview “you are lovedâ€. Guna menjawab analisis terhadap buku ini, penulis memilih metode kepustakaan yang dimana sumber primernya adalah buku quranreview ‘’You Are Loved’’ sedangkan sumber sekunder nya pada buku, jurnal, artikel yang sesuai dengan kajian ini. Analisis dengan teori Analisis Wacana Teun A. Van Dijk. Teori ini merupakan teori yang tidak sekedar melihat wacana pada aspek teks semata, tetapi juga meliputi latar belakang dari pembuatan wacana tersebut Hasil kajian inimenunjukkan bahwa penafsiran dalam bukuquranreview “you are loved†hanya memuat kata kata pilihan dalam al-qur’an, seperti khair, aulia, nissa dan rahma. Secara kognisis sosial ditemukan bahwa yang mempengaruhi faktor sosial seperti referensi yang digunakan quranreview seperti tafsir Tafsir al-Wajiz, Imam Al-Qurtubhi, Imam Ath Thabrani, Kitab Az zuhd akarya Imam Ahmad, Ibnu Katsir, Lisanul Arab karya
Ibnu Mandzu. Secara analisis konteks sosial, penafsiran dari buku quranreview ini dapat dikatakan relevan dengan isu-isu yang ada di masyarakat Indonesia.

Keywords


Quranreview, wacana, tafsir

References


Al-Banna, Muhammad Rifat, Moch Ihsan Hilmi, and Eni Zulaiha. “Pendekatan Sosiologi-Antropologi Dalam Tafsir Living Quran: Studi Analisis Terhadap Respon Netizen Pada Postingan Akun @QuranReview Di Instagram.†Bayani 2, no. 1 (2022): 64–77. https://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/bayani/article/view/180.

Cakrawala, Jurnal, Studi Manajemen, Pendidikan Islam, and Studi Sosial P-issn. “Pemikiran Al-Raghib Al-Asfahani Tentang Al-Qur’an, Tafsir Dan Ta’wil†4, no. 2 (2020): 169–192.

Eriyanto. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Cetakan IX. LKis Yogyakarta, 2001.

Haq, Izzuthoriqul, and Muhammad Labib Syauqi. “Digital Native Character in Social Media Interpretation: A Study on Instagram Accounts, @Quranreview.†Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat 18, no. 1 (2021): 47–68.

Jannah, Roudlotul. “Tafsir Al-Qur’an Media Sosial: Studi Model Tafsir Pada Akun @quranreview.†UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2021.

Kekurangannya, Kelebihan D A N. “Tafsir Al-Qurtubi: Metodologi, Kelebihan Dan Kekurangannya 1†13, no. 1 (n.d.): 49–66.

Moleong, Lexi. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2016.

Nafisatuzzahro. “Tafsir Al-Qur’an Audiovisual Di Cybermedia: Kajian Terhadap Tafsir Al- Qur’an Di YouTube Dan Implikasinya Terhadap Studi Al- Qur’an Dan Tafsir.†Tesis (2016): 7.

Nafiza, Azka Zahro. “Tafsir Al- Qur ’ an Di Media Sosial ( Penafsiran Surat Al- Humazah Dalam Youtube ‘ Habib Dan Cing ’)†(2022): 231–242.

Quranreview. You Are Loved. Cetakan Pe. Jakarta Selatan: GagasMedia, 2022.

Suyuti, Imam. Studi Al-Qur’an Komprehensif. Al-Itqan Fi ’Ulum Al-Quran, 2008.

Washfi, Ilham. “KONSEP RECONNECT WITH THE QUR ’ AN NOUMAN ALI KHAN Kajian Tafsir Al- Qur ’ an Di Media Sosial NOUMAN ALI KHAN ’ S CONCEPT OF RECONNECT WITH THE QUR ’ AN Study of Al-Qur ’ an Interpretation on Social Media†8, no. 1 (2022): 75–106.

SUMBER LAIN :

https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE3ODgzMjQ5ODcxMzk2NzIx?story_media_id=2109282036698139284_15049338112&utm_medium=copy_link


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v7i2.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.