FILSAFAT AKHLAK DALAM PEMIKIRAN ETIKA KONTEMPORER

Widyawati Widyawati

Abstract


Filsafat akhlak merupakan suatu perspektif pemahaman terhadap akhlak yang terbangun atas perspektif filosofis yang diwarnai dengan corak berpikir yang sistematis, logis, radikal, dan semacamnya sebagai karakteristik filsafat sebagai wadah dalam berpikir. Pendidikan akan nilai-nilai akhlak yang dalam lokus taksonomi sangat dibutuhkan dan mendasar dalam pembangunan suatu bangsa. Dari hasil survey tersebut, ditemukan bahwa 41 % di antara responden pernah mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk atau di bawah pengaruh narkotika, 33 % di antara responden pernah menipu orang terdekat mengenai sesuatu yang dianggap penting menurut kepentingan pribadi,  38 % di antara responden pernah melakukan penipuan dalam hal pembayaran pajak, 45 % di antara responden pernah melakukan perselingkuhan terhadap pasangan yang sah. Beberapa fenomena sosial yang mengkhawatirkan pada saat sekarang ini yang menuntut hadirnya pendidikan akhlak sebagai penawarnya.


Keywords


Filsafat akhlak, Etika kontemporer

References


Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014)

Baqir, A.S.-Shadr Muhammad, Falsafatuna Terhadap Berbagai Aliran Filsafat Dunia (Bandung: Mizan, 1999)

Fitri, Agus Zaenul, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)

Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, Diterjemahkan Oleh Juma Abduh Wamaungo, Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggungjawab (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)

Muhib, Asghar Ali Engineer, ‘Islam Dan Pembebasan’, Https://Kawandesa.Wordpress.Com, 2023

Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf (Jakarta: Raja Grafindo, 2012)

Noor, Rohinah M, Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif Di Sekolah Dan Di Rumah (Yogyakarta: Pedagogia, 2012)

Rosihan, Anwar, Asas Kebudayaan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2010)

Saebani, Beni Ahmad, Ilmu Akhlak (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010)

Sudrajat, Adjat dkk, Din Al-Islam: Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Yogyakarta: UNY Press, 2008)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Syariati, Ali, Humanisme Antara Islam Dan Madzhab Barat (Bandung: Pustaka Hidayah, 1992)


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v7i2.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.