KISAH ASHABUL KAHFI DALAM QS. AL-KAHFI (18): 13-26 (Analisis Maqasid Al-Qur’an Thahir Ibn Asyur)

Saadatus Salamah, Abdul Kirom

Abstract


Kisah pemuda mukmin Ashabul Kahfi yang dituangkan atau dituturkan di dalam Al-Qur’an merupakan salah satu contoh sebuah kisah yang sempurna, dengan segala kejelasan yang luar biasa dan merupakan sebuah upaya menuju pemurnian. Kisah Ashabul Kahfi ini merupakan tema tematik yang memiliki tujuan-tujuan Al-Qur’an yang disebut dengan Maqasid Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai maqasid Al-Qur’an Tahir Ibn 'Ashur dan pendekatan tafsir maqasidi kisah Ashabul Kahfi dalam mempertahankan akidah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan tafsir maqasid. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa kisah Ashabul Kahfi QS Al-Kahfi bertumpu pada makna dan tujuan, pertama Akidah (menjaga keimanan. Kedua, Kekuasaan Allah Swt. Ketiga, Rencana dan keinginan Allah Swt: dalam kisah mengandung maksud bahwa kehidupan kita selalu dalam rencana Allah Keempat, Keberanian dan keteguhan: kelompok pemuda ini menunjukkan keberanian dan keteguhan dalam mempertahankan keimanan mereka, meskipun dihadapkan pada penganiayaan dan kesulitan hidup, kelima, Teguran peringatan sekaligus kabar gembira: teguran peringatan bagi kaum mereka yakni musyrik (menyembah selain Allah) tidak akan mendapatkan pertolongan dan petujuk dari sang maha pemberi petujuk (Allah).


Keywords


Kisah dan Ashabul Kahfi, Maqosid Al-Qur’an

References


A>syu>r Abu> Zayd, Was}fi ’. Metode Tafsir Maq>s}idi>. Jakarta Selatan: PT. Qof Media Kreativa, 2020.

Agama RI, Kementrian. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an, 2019.

Ali Azhar dkk, Fakhrijal. “Fakhrijal Ali Azhar dkk., ‚Kaidah memahami kisah dalam Al-Qur’an Prespektif Muatawali al-Sya’rawi,‛ Maghza: Jurnal Ilmu Al-QUr’an dan Tafsir, vol.Vol. 5, No. 2 (2020).†Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, vol.5, No. 2 (2020).

Baidan, Nashruddin. Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.

el Fikr, Syaifuddin. Situs-situs Dalam Al-Qur’an: Dari peperangan Daud melawan jalut hingga Gua Ashabul Kahfi. Jakarta: Republika, 2010.

Ibn jarir al-Thabariy, Muhammad. , Tafsir al-Thabariy, vol. XV–XVI (Beyrut: Dar al-Fikr, 1988. Beirut: Dar al-Fikr, 1988.

Istiqomah, Siti, dan Irma Rumtianing. “Siti Istiqomah dan Irma Rumtianing, ‚Kisah Ashabul Kahfi Dalam Al-Qur’an: Kajian Komparatif antara Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir,‛ Jusma: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat, vol.Vol.1 No.1 (2022),.†Jusma: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat, vol.1, No.1 (2022).

Kastir, Ibnu, dan Dudi Rosyadi. Ibnu Kastit dan Dudi Rosyadi, Qashash Al-Anbiya’ terj. Kisah para nabi, ke tujuh. (Jakarta Timur: Pustaka Al-Kaustar, 2015. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kaustar, 2015.

Khalil al-Qaththan, Manna. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, diterjemahkan oleh Muadzakir As dari judul Mubahist fi Ulum al-Qur’an. Bogor: PT. Pustaka Litera Antar Nusa, 2016.

Latif, HIlman. “Melacak alur pemaparan dan fragmen kisah Ashabul kahfi dalam Al- Qur’an.†‛Tafsere, vol.4, No. 2 (2016).

Musthofa al-Maraghi, Ahmad. Tafsi>r al-Ma>raghi vol. XIII (Beyrut: Dar al-Fikr, t.t.). Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah. vol.Vol. 2. Tanggerang: Lentera Hati, 2002.

Sidik, Umar. “Transformasi kisah ‘Ashabul Kahfi’ dalam Ahlul Kahfi karya Taufiq Al- Hakim.†Widyaparwa, vol.44, No, 2 (2016).

Syaifuddin Nur, Fuad. Ashabul Kahfi: kisah tujuh pemuda beriman dan berbagai penemuan kontemporer tentang mereka. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kaustar, 2022.

al-Syaukaniy, Muhammad. , Tafsir Fath al-Qadir, Juz III (Mesir: , 1963. Mesir: Musthafa al-Bad al- Halabiy wa al-Auladuh, 1963.

Ta>hr Ibn A>syu>r, Ta>hr. Ta>hr Ibn A>syu>r, Tafsir Al-Tahrir wa al-Tanwir (Tunisia: Dar Shuhnun Li al-Nayr Wa al-Tanzi’, 1997. Tunisia: Dar Shuhnun Li al-Nayr Wa al-Tanzi’, 1997.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v7i2.1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.