Konsep Integrasi-Interkoneksi Ilmu dalam Pendidikan Islam

Devi Astuti, Sri Rahmawati, Ardimen Ardimen

Abstract


Konsep integrasi-interkoneksi ilmu dalam pendidikan islam merupakan landasan teoritis yang penting dalam pengembangan pengetahuan modern. Konsep ini menyoroti hubungan yang kompleks antara berbagai cabang ilmu pengetahuan, mengarah pada pemahaman yang lebih dalam tentang struktur dan dinamika pengetahuan manusia. Dalam abstrak ini, kami mengeksplorasi konsep integrasi-interkoneksi filsafat ilmu dengan pendekatan analitis, historis, dan filosofis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implikasi konseptual dan praktis dari konsep ini dalam konteks pembangunan pengetahuan lintas disiplin. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi pemahaman kita tentang sifat dasar pengetahuan manusia dan meningkatkan efektivitas penelitian lintas disiplin serta kolaborasi ilmiah.


Keywords


integrasi, interkoneksi, Ilmu Pendidikan

References


Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Fahmi, Izzuddin Rijal, and Muhamad Asvin Abdur Rohman. “Non-Dikotomi Ilmu: Integrasi-Interkoneksi Dalam Pendidikan Islam.” AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584) 1, no. 2 (2021): 46–60. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.750.

Faizah, Nadjematul. “Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah.” Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 1287–1304. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427.

Hamzah, Adi Ari. “Analisis Makna Intergrasi-Interkoneksi.” Jurnal PAPPASANG 2, no. 2 (2020): 34–53.

Karimullah, Suud Sarim. “Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Sebagai Paradigma Kritis Dalam Merespon Problematika Sosial Keagamaan Di Masa Pandemi Covid-19.” I-WIN Library, 2020.

Machali, Imam. “Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Dalam Kajian Manajemen Dan Kebijakan Pendidikan Islam.” Jurnal Economic Edu 4, no. 2 (2024): 179–84. https://doi.org/10.36085/jee.v4i2.6130.

Musta’an, Musta’an, Sagaf S. Pettalongi, and Rusdin Rusdin. “Kajian Studi Qur’an Melalui Integrasi -Interkoneksi Keilmuan.” In Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 2:353–57, 2023.

Muttaqin, Imron. “Integrasi-Interkoneksi Ilmu Perspektif Tafsir Sosial Tam (Tuhan Alam Dan Manusia).” At-Turats 2, no. September (2014). http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats/article/view/114.

Rosmiati, and Ardimen. “Integrasi – Interkoneksi Ilmu Dalam Filsafat.” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat 6, no. 2 (2023): 117–24.

SB, Besse Tantri Eka. “Implementasi Paradigma Integrasi-Interkoneksi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2018): 536–54. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.549.

Sudikan, Setya Yuwana. “Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, Dan Transdisipliner Dalam Studi Sastra,” 2021, 1–30.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v8i1.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.