KONSTRUKSI ISLAM MODERAT DALAM TAFSIR AL-MUNÎR KARYA WAHBAH AL-ẒUHAILÎ
Abstract
Maraknya fanatisme terhadap suatu keyakinan yang berlebihan dengan paham absolutisme yang cenderung puritanis tanpa sikap toleransi, sehingga menimbulkan sentiment negative. Penilitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang pandangan Wahbah al-Ẓuhailî terhadap Islam moderat mengenai akidah Islam dan sosial dalam hubungan antar umat beragama. Menggunakan metode kepustakaan dan kajian kitab Tafsir al-Munîr karya Wahbah al-Ẓuhailî dengan mengklasifikasi ayat-ayat yang berkaitan dengan tema kajian penelitian diantaranya QS al-Baqarah (2): 143, 256, 62, QS al-Kahfi (18): 29, QS. al-Kâfirûn (109): 6, QS. Al-Rûm (30): 30, QS. al-Mumtah}anah (60): 8-9, QS al-an’âm (6): 108. Adanya moderasi dalam pandangan Wahbah tentang akidah dan sosial dalam hubungan antar umat beragama meliputi; [1] kebebasan menemukan kebenaran yang tetap didasari kendali wahyu tanpa adanya pemaksaan. [2] penekanan toleransi dalam menghargai eksistensi agama lain tanpa mencampuradukkan akidah dan justifikasi membenarkan ajarannya.
Kata Kunci: Islam Moderat, Wahbah al-Ẓuhailî, Tafsir al-Munîr.
Keywords
References
Abdurrhman, Asep. “Eksistensi Islam Moderat dalam Perspektif Islam.†Rausyan Fikr, vol.14 No. 1 (Maret 2018).
Abou El-Fadl, Khaled. The Great Theft: Wresting Islam From The Extremists. New York: Harper Clollins, 2007.
Ainul Yaqin, Muhammad. “Moderasi Islam Di Tengah Masyarakat Multikultural.†Jurnal Dzikir Manaqib (t.t.).
Asfar, Khaerul. “Analisis Penafsiran Moderasi Perspektif Tafsir Al-Sya`rawi.†vol.05 No. 1 (2020).
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 5. Jakarta: CV Adi Perkasa, 2016.
Dosen IAIN Salatiga. “Realitas Pemikiran Islam.†Millati, Jurnal of Islamic Studies and Humanities, vol.2, No. 2 (Desember 2017).
Fauzi, Ahmad. “Moderasi Islam, Untuk Peradaban dan Kemanusiaan.†Jurnal Islam Nusantara, vol.02 No. 02 (Desember 2018).
Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia. Yogyakarta: LKiS Printing, 2013.
H{usein T{abat}aba>’i. al-Miza>n fi Tafsir al-Qur’an. vol.II. Teheran: Da>r al-Kutub al-Isla>miyyah, t.t.
In’am Esha, Muhammad. “Islam Moderat Konsepsi, Interpretasi, dan Aksi.†Malang: UIN Maliki Press, 2016.
Isma`il, Ibrahim. Manhaj Ibnu Taimiyah : Beramar Ma`ruf Nahi Mungkar. Jakarta: Darul Haq, 2003.
Kementrian Agama RI. Al-Quran Al-Karim Samara. Surabaya: Halim, t.t.
———. Hubungan Antar-Umat Beragama. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an, 2008.
———. Moderasi Islam. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an, 2017.
———. Syaamil Qur`an AL-Qur`an Terjemah. Bandung: Sygma Examedia, 2013.
Mubarok, Ghozi. “Moderasi Dalam Al-Qur`an Sebuah Kajian Tematik†dipresentasikan pada Diskusi Kelas Mata Kuliah Kajian Tematik Al-Qur’an yang diasuh oleh Prof. Dr. H. M. Ridlwan Nasir, MA, 23 April 2012.
Rahmatullah. “Islam Moderat Dalam Perdebatan.†Jurnal Dialog, vol.71 No. 01 (2011).
Riyadi, Hendar. Melampaui Pluralisme: Etika al-Qur`an tentang Keragaman Agama. Jakarta: Graha Pena, 2007.
Ruhama, Nety. “Perbandingan Pendapat Wahbah al-Zuhaili Dengan Ulama Tafsir Tentang Hukum Menyentuh Mushaf.†UIN Sumatera Utara (2019).
Rusmana, Dadan. Metode Penelitian Al-Qur`an & Tafsir. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Salam Masykur, Abdus. Malamih al-Mujtama’ al-Muslim. Solo: Era Intermedia, 2004.
Wahyudi Ramdhan, Tri. “Dimensi Moderasi Islam.†Al-Insyiroh, vol.02 No. 1 (2018).
al-Zuhaili, Wahbah. al-Tafsi>r al-Muni>r fi al-’Aqi>dah wa al-Syari>’ah wa al-Manhaj. Damaskus: Da>r al-Fikr, 2009.
DOI: 10.28944/el-waroqoh.v4i2.268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.