KONSTRUKSI ISLAM MODERAT DALAM TAFSIR AL-MUNÎR KARYA WAHBAH AL-ẒUHAILÎ

Aprilia Dwi Larasati, Ghozi Mubarok

Abstract


Maraknya fanatisme terhadap suatu keyakinan yang berlebihan dengan paham absolutisme yang cenderung puritanis tanpa sikap toleransi, sehingga menimbulkan sentiment negative. Penilitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang pandangan Wahbah al-Ẓuhailî terhadap Islam moderat mengenai akidah Islam dan sosial dalam hubungan antar umat beragama. Menggunakan metode kepustakaan dan kajian kitab Tafsir al-Munîr  karya Wahbah al-Ẓuhailî dengan mengklasifikasi ayat-ayat yang berkaitan dengan tema kajian penelitian diantaranya QS al-Baqarah (2): 143, 256, 62, QS al-Kahfi (18): 29, QS. al-Kâfirûn (109): 6, QS. Al-Rûm (30): 30, QS. al-Mumtah}anah (60): 8-9, QS al-an’âm (6): 108. Adanya moderasi dalam pandangan Wahbah tentang akidah dan sosial dalam hubungan antar umat beragama meliputi; [1] kebebasan menemukan kebenaran yang tetap didasari kendali wahyu tanpa adanya pemaksaan. [2] penekanan toleransi dalam menghargai eksistensi agama lain tanpa mencampuradukkan akidah dan justifikasi membenarkan ajarannya.

Kata Kunci: Islam Moderat, Wahbah al-Ẓuhailî, Tafsir al-Munîr.


Keywords


Islam Moderat, Wahbah al-Zuh}aili, Tafsir al-Muni<r.

References


Abdurrhman, Asep. “Eksistensi Islam Moderat dalam Perspektif Islam.†Rausyan Fikr, vol.14 No. 1 (Maret 2018).

Abou El-Fadl, Khaled. The Great Theft: Wresting Islam From The Extremists. New York: Harper Clollins, 2007.

Ainul Yaqin, Muhammad. “Moderasi Islam Di Tengah Masyarakat Multikultural.†Jurnal Dzikir Manaqib (t.t.).

Asfar, Khaerul. “Analisis Penafsiran Moderasi Perspektif Tafsir Al-Sya`rawi.†vol.05 No. 1 (2020).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 5. Jakarta: CV Adi Perkasa, 2016.

Dosen IAIN Salatiga. “Realitas Pemikiran Islam.†Millati, Jurnal of Islamic Studies and Humanities, vol.2, No. 2 (Desember 2017).

Fauzi, Ahmad. “Moderasi Islam, Untuk Peradaban dan Kemanusiaan.†Jurnal Islam Nusantara, vol.02 No. 02 (Desember 2018).

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia. Yogyakarta: LKiS Printing, 2013.

H{usein T{abat}aba>’i. al-Miza>n fi Tafsir al-Qur’an. vol.II. Teheran: Da>r al-Kutub al-Isla>miyyah, t.t.

In’am Esha, Muhammad. “Islam Moderat Konsepsi, Interpretasi, dan Aksi.†Malang: UIN Maliki Press, 2016.

Isma`il, Ibrahim. Manhaj Ibnu Taimiyah : Beramar Ma`ruf Nahi Mungkar. Jakarta: Darul Haq, 2003.

Kementrian Agama RI. Al-Quran Al-Karim Samara. Surabaya: Halim, t.t.

———. Hubungan Antar-Umat Beragama. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an, 2008.

———. Moderasi Islam. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an, 2017.

———. Syaamil Qur`an AL-Qur`an Terjemah. Bandung: Sygma Examedia, 2013.

Mubarok, Ghozi. “Moderasi Dalam Al-Qur`an Sebuah Kajian Tematik†dipresentasikan pada Diskusi Kelas Mata Kuliah Kajian Tematik Al-Qur’an yang diasuh oleh Prof. Dr. H. M. Ridlwan Nasir, MA, 23 April 2012.

Rahmatullah. “Islam Moderat Dalam Perdebatan.†Jurnal Dialog, vol.71 No. 01 (2011).

Riyadi, Hendar. Melampaui Pluralisme: Etika al-Qur`an tentang Keragaman Agama. Jakarta: Graha Pena, 2007.

Ruhama, Nety. “Perbandingan Pendapat Wahbah al-Zuhaili Dengan Ulama Tafsir Tentang Hukum Menyentuh Mushaf.†UIN Sumatera Utara (2019).

Rusmana, Dadan. Metode Penelitian Al-Qur`an & Tafsir. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Salam Masykur, Abdus. Malamih al-Mujtama’ al-Muslim. Solo: Era Intermedia, 2004.

Wahyudi Ramdhan, Tri. “Dimensi Moderasi Islam.†Al-Insyiroh, vol.02 No. 1 (2018).

al-Zuhaili, Wahbah. al-Tafsi>r al-Muni>r fi al-’Aqi>dah wa al-Syari>’ah wa al-Manhaj. Damaskus: Da>r al-Fikr, 2009.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v4i2.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.