KONSEP ILMU LADUNÃŽ DALAM AL-QURAN (STUDY ATAS TAFSIR SUFI AL-QUSYAIRI DALAM LATAIF AL-ISYARAT)

Baidawi Baidawi, Ihwan Amalih

Abstract


Ilmu ladunnî merupakan ilmu yang sangat langka dan tidak sembarangan orang bisa memperolehnya. Untuk memperoleh ilmu ini dibutuhkan tekad yang kuat. Siapa saja yang ingin memperolehnya diharuskan menyucikan hati dari sifat tercela, mendekatkan diri kepada Allah, melakukan dzikrullâh, dan lain lain ketika hatinya telah bersih, maka Allah akan menurunkan ilmu itu ke dalam hatinya. Sehingga, ia pun dapat menerima ilmu Allah secara langsung tanpa belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Reseach). Adapun hasil  penelitian ini adalah bahwa makna ilmu ladunî dalam Al-Qur’an merupakan ilmu atau pemahaman yang dianugerahkan oleh Allah kepada seseorang melalui ilham atau wahyu. Kemudian penafsiran Al-Qusyairi tentang ilmu ladunnî dalam Al-Qur’an ialah ilmu yang dimiliki seorang hamba yang diberi rahmat, bukanlah ilmu manusia pada umumnya yang masih bisa difahami melalui hukum sebab akibat. Ilmu tersebut adalah salah satu ilmu ladunnî yang diberikan kepadanya atas kuasa-Nya sebagai hikmah yang dikuasainya.

 


Keywords


Ilmu Ladunnî, Tafsir Sufi, Laṭâif Al-Isyârât.

References


Abdul Muhayya, Amin Syukur. Tasawuf dan Krisis. Semarang: Pustaka Pelajar, t.t.

Aizid, Rizem. Aktivasi Ilmu Ladunni Cara Pintar Tanpa Belajar Keras. Jogjakarta: DIVA Press, 2011.

———. Cerdas Seketika, Berkah Ilmu Ladunni. Yogyakarta: Semesta Hikmah Publishing, 2019.

Al-Qusyairi. Lathaif Al-Isyarat. vol.II. Libanon: Darul Kutub Al-Islamiyah, t.t.

———. Lathaif Al-Isyarat. vol.I. Libanon: Darul Kutub Al-Islamiyah, t.t.

Apipudin. “ILMU KASBI DAN LADUNI.†RELIGION AND HUMANITY, 6 Oktober 2013. Diakses 20 Februari 2021. http://kajianbersama.blogspot.com/2013/10/ilmu-kasbi-dan-laduni.html.

Arni. “KASYF SUFISTIK DALAM PRESPEKTIF ULAMA KOTA BANJARMASIN†(2009).

As’adi. “ILMU LADUNNY DALAM AL QUR’AN SURAH AL KAHFI AYAT 65 : TELAAH PENAFSIRAN KLASIK DAN MODERN.†Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015. Diakses 11 Februari 2021. http://digilib.uinsby.ac.id/2829/.

Asmuni, Yuran. pengantar study pemikiran dan gerakan pembaharuan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Qur’an, 2009.

Ghozali, Muhammad Luthfi. SEJARAH ILMU LADUNI (perjalanan nabi Musa a.s mencari nabi KHIDIR a.s ). Semarang: ABHSOR, t.t.

Listiana, Anisa. “MENIMBANG TEOLOGI KAUM SUFI MENURUT AL-QUSYAIRI DALAM KITAB AL-RISĀLAH AL-QUSYAIRIYAH.†vol.7 (2013): 16.

Maulana, Luthfi. “Studi Tafsir Sufi: Tafsir Latha’if al-Isyarat Imam al-Qusyairi.†HERMENEUTIK, vol.12 (6 September 2019): 01.

Satibi. “KONSEP PENDIDIKAN JIWA DALAM PERSPEKTIF AL-QUSYAIRI.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, vol.11, no. 1 (1 Juni 2018): 22. Diakses 20 Februari 2021. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TAWAZUN/article/view/1624.

Shihab, M Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dann Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Sutiyono, Agus. “Ilmu Ladunni dalam Perspektif al-Ghazali.†Nadwa, vol.7, no. 2 (22 Maret 2016): 310. Diakses 11 Februari 2021. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/564.

Tim Penyusun. Pedoman Penelitian Karya Ilmiyah. Sumenep: IDIA Prenduan, 2015.

———. Pedoman Praktis membuat proposal dan Laporan Penelitian :Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pustaka. Prenduan: LP2M “Paramadani,†2012.

“Google Terjemahan.†Diakses 9 Maret 2021. https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Husayn_Tabatabai&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v4i2.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.