KOMPOLAN KEAGAMAAN DI DESA PRENDUAN (ANALISIS EKSISTENSIALISME SOREN KIERKEGAARD)

Syazna Maulida

Abstract


Kompolan merupakan bagian dari Interaksi sosial, yang  dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Kompolan juga bagian tradisi keagamaan yang didalamnya terdapat aktivitas spiritualitas dan ritualitas keagamaan. Aktivitas Kompolan ini menjadi media penting bagi transformasi nilai-nilai agama di masyarakat Prenduan. Aktivitas ini berkembang pesat dan mengakar kuat pada masyarakat Madura terutama di Desa Prenduan. Kompolan adalah pertemuan antara sesama laki-laki atau dengan sesama perempuan. Pelaksanaannya dilakukan secara bergiliran dari satu rumah ke rumah lainnya yang di mulai dari hal-hal ritual keagamaan seperti doa-doa pembuka, bacaan surat Yaasin, Tahlilan, arisan atau ceramah agama dan pengajian kemudian ada bacaan tertentu dan do’a sebagai penutup. Rangkaian acara tersebut selalu dipimpin oleh tokoh agama, kyai atau nyai sebagai ketua Kompolan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis filsafat eksistensialisme Soren Kierkegaard. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan studi literatur yang dibatasi dengan hal-hal yang hanya memiliki relevansi dengan penelitian ini. Informan dalam penelitian ini adalah Masyarakat Prenduan yang dibagi menjadi ketua Kompolan keagamaan (Tokoh Agama) dan peserta Kompolan keagamaan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat beragam tradisi Kompolan keagamaan di Prenduan yang dijelaskan dibagian pembahasan oleh peneliti, dan motivasi masyarakat Prenduan dalam mengikuti tradisi Kompolan keagamaan, yaitu ; sebagai bentuk religiusitas, interaksi sosial, dan nilai ekonomi. Adapun Kompolan keagamaan dalam perspektif Eksistensialisme memiliki keterkaitan dengan pemikiran Soren Kierkegaard yaitu dalam Wilayah Estetis, Etis, dan Religius.

Keywords


Kompolan, Eksistensialisme, Interaksi Sosial, Komunitas

References


AG, Muhaimin. Islam Dalam Bingkai Budaya Lokal : Potret Dari Cerebon. Ciputat: Logos wacana ilmu, 2001.

Ahmad abdul alhasani, rozak. “Simbol Komunikasi Dakwah Melalui Seni Hadrah Al-Anshor Di Kalidami Surabaya,†n.d.

EM, Setiadi, Hakam KA, dan Effendi R. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana, 2013.

Fuad Hassan. Berkenalan Dengan Eksistensialisme. Jakarta: Pustaka Jaya, 1992.

Hafil, Ach. Shodiqil. “Studi Atas Budaya Kompolan Sabellesen Berdhikir Tarekat Qadiriyah Naqshabandiyah Di Bluto Sumenep Madura.†vol.1/2 (July 2016): 164.

Hidayati, Tatik. “Kompolan : Kontestasi Tradisi Perempuan Madura.†vol.1/19 (2019): 150.

Huub de Jonge. Madura Dalam Empat Zaman : Pedagang, Perkembangan Ekonomi, Dan Islam. Jakarta: PT Gramedia, 1989.

Irmawati, Rosida. Berkenalan dengan kesenian tradisional Madura. Surabaya: Penerbit SIC, 2004.

Isma’il, Fuad Farid, dan Abdul Hamid Mutawalli. Cara Mudah Belajar Filsafat. Jogjakarta: IRCiSoD, 2012.

Mansurnoor, Iik Arifin. Islam in an Indonesian World: Ulama’ Madura. Yogyakarta: UGM Press, 1990.

Muti’ah, Anisatun. “Harmonisasi Agama Dan Budaya Di Indonesia.†vol.1 (2009): 15.

Permatasary, Nur Rachma, dan R. Indriyanto. “Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada Sale Creative Community Di Desa Sale Kabupaten Rembang†(n.d.): 4.

Prabowo, Istiqomah. Psikologi Komunitas. Depok: LPSP3, 2013.

Purnama, AG. “Manusia Mencari Makna Dalam Pergulatan Kaum Eksistensialis.†vol.19/12 (Oktober 2010): 174.

Rifai, Mien Ahmad. Manusia Madura. Yogyakarta: Pilar Media, 2007.

Rifqi, Faizur. “Tradisi Sastra Lisan Mamaca Di Kabupaten Pamekasan.†vol.11 (Desember 2018).

Rodgers, Nigel, dan Mel Thompson. Cara Mudah Mempelajari Eksistensialisme. Jaka: PT Indeks, 2015.

Roviana, Sri. “Gerakan Perempuan Nahdlatul Ulama Dalam Transformasi Pendidikan Politik.†vol.III/II (Desember 2014).

Shofa, Muhammad. “Manusia Dalam Perspektif Eksistensialisme.†UNESA, 2012.

Tjaya, Thomas Hidya. Kierkegaard : Dan Pergulatan Menjadi Diri Sendiri. Jakarta: KPG, 2018.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v4i1.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.