KARAKTERISTIK WANITA ṢÃLIHAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparatif Tafsîr Al-Sha’râwî Karya Syaikh Mutawallî Al-Sha’râwî Dan Tafsîr Firdaus Al-Na’îm Karya Kyai Thaifur Alî Wafâ)

Elliyatul Masruroh, Ihwan Amalih

Abstract


Di zaman sekarang banyak kaum hawa atau para wanita yang mengingkari hak-hak asasinya dengan mengatas namakan Islam, para wanita juga mengikuti gaya barat secara membabi buta tanpa memikirkan sebab dan akibatnya, dengan mengingkari serua-seruan Al-Qur’an. Juga didapati para wanita hari ini yang penuh kontradiksi, melampaui batas, dan berlebih-lebihan dalam sesuatu dan kehidupan sehari-harinya. Seharusnya sebagai wanita. Dalam permasalahan ini terdapat perbedaan wanita shalihah atau karakter wanita shalihah yang dapat dijadikan teladan para kaum wanita. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penafsiran Syekh Mutawalli Al-Sha’rawi tentang ayat-ayat karakteristik wanita Ṣalihah dalam al-Qur’an, serta bagaimana Penafsiran Kyai Thoifur Alî  Wafâ tentang ayat-ayat karakteristik wanita  Ṣalihah dalam al-Qur’an. Dan bagaiamana perbedaan penafsiran Syekh Mutawalli Al-Sha’râwî dalam Tafsîr Al-Sha’râwî dengan Penafsiran Kyai Thoifur Alî  Wafâ dalam Tafsîr  Firdaus Al-Na’îm tentang karakteristik wanita Ṣalihah. Penelitian ini di tulis dengan pendekatan kualitatif denganjenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menitik beratkan pada data-data kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Dalam penafsiran Syekh Al-Sha’râwî dan Kyai Thaifur, Salah satu wanita yang dapat dijadikan teladan para kaum wanita yang diabadikan dalam al-Qur’an ialah Asiyah bint Muzahim yang  mana keimanan dan ketaqwaaannya kepada Allah SWT sangat tinggi. Yang mana dalam ketaqwaannya terhalang oleh sikap suaminya. Yaitu dengan selalu menghasutnya, menghukumnya dengan sangat kejam agar Asiyah tidak lagi menetap dalam agamanya yakni Islam.

Keywords


Wanita, Shalihah, Al-Qur’an, Al-Sya'rawi dan Thaifur

References


Achmad Charris Zubair, Anton Bakker. METODOLOGI PENELITIAN FILSAFAT. Yogyakarta: KANSIUS, 2005.

Ali Al-Hasyimi, Muhammad. شخصية المرأة المسلمة. Jawa Tengah: Insan Kamil, 2021.

Al-Qarni, ’Aidh Bin ’Abdullah. Jadilah wanita Yang Paling Bahagia, wahai kaum wanita jangan bersedih. jabar: Alfasyam Publishing, 2019.

Atmawati, Meriavina Vivi. “Menyingkap Niali-Nilai Wanita Shalihah Melalui Figur Ummu Salamah dan Kontribusi Dengan Pendidikan Akhlak.†STAIN Ponorogo, 2016.

Berhanundin Abdullah, Nurul Effa Atiekah Abdullah. “[THE ROLE OF WOMEN’S MUSLIM IN DA’WAH TO FAMILY AND COMMUNITY] PERANAN WANITA MUSLIMAH DALAM DAKWAH KEPADA KELUARGA DAN MASYARAKAT.†Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporeri (Mei 2019).

Dimyathi, Nur Jalilah. Funun Nisa’. Sumenep: TMI PRESS, 2009.

DKK, Najib Amrullah. “Laki-laki Adalah Pemimpin Bagi Perempuan (Kajian Tafsir Tematik Perspektif Mutawalli Al-Sya’rawi dalam Tafsir Al-Sya’rawi).†Al-Tadabbur (t.t.).

Elhany, Hemlan. “Metode Tafsir Tahlili dan Maudhu’i.†IAIN Metro Lampung (2018).

Hairul, Moh. Azwar. “Telaah Kitab Tafsir Firdaus Al-Na’im Karya Thaifur Ali Wafa Al-Maduri.†Nun, Jakarta, vol.3 (2017).

hasanah, uswatun. “KH. THOIFUR ALI WAFA dari MADURA dan KITAB FIRDAUS AL-NA’IM.†Ar-Rahim.id Menyuarakan Islam Damai, 2020.

Hidayah, Ni’matul. “TAFSIR FIRDAUS AL-NAÎM KARYA THAIFUR ALI WAFA DAN PERTAUTAN TERHADAP BUDAYA LOKAL SUMENEP MADURA.†UIN Sunan Ampel, t.t.

Husein Jauhar, Ahmad Al-Mursi. Al-Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi: Imam Al-Ashr. Kairo: Nahdhoh, 1990.

Ismail, Nurjannah. “Penafsiran Mufassir dan Feminis Muslim Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Berwawasan Gender.†TAKAMMUL, vol.6 (Juli 2017): 2.

Lalu Iwan Eko Jakandar, Asfa Fikriah. “PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN PERGERAKAN WANITA DALAM PANDANGAN FEMINIS MUSLIM.†Jurnal Sosial, Politik, Kajian Islam Dan Tafsir, vol.1 (Desember 2018).

Maarif, Al. “Karakteristik Wanita Muslimah Dan wanita Tercela.†IAIN Raden Intan Lampung, 2017.

Malkan. “Tafsir sh-Sya’rawi: Tinjauan Biografis dan Metodologis.†ALQALAM, vol.29 (t.t.).

Manni, Al Hesmi. Mukhtashor Khowatir Fadilati Muhammad Mutawwali As Sya’rawi. Mesir Al Arabi: Darul Ma’arif, 2016.

Maryam. “Perempuan di Ruang Publik Menurut Pandangan Al-Qur’an.†UIN ALAUDDIN MAKASSAR, 2013.

Muhammad Imam, Junaid. Mana>r al-Wafa>: fi Nabdhah min Tarjamah al-Faqi>r ila ‘Afwa Allah Thoifu>r ‘Ali Wafa>,. Madura, 2005.

Muhammad Jarir At Thabari, Abi Ja’far. Tafsir At Thabari. Al Qahiroh: Thurostul Islam, 224M.

Mukhtar, Naqiyah. “M. Qurais Shihab Menggugar Bias Gender ‘Para Ulama.’†Journal of Qur’an and Hadis Studies, vol.2 (2013).

Nasir, Amin. “Keteladanan Perempuan dalam Sastra Qur’ani: Analisis Kritik Sastra Feminis Kisah Perempuan dalam Al_Qur’an.†PALASTREN, vol.6 (2013).

Pendididkan, Departemen. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Perdana, Yogi Imam. “Penafsiran Nafsu Ammarah Bi al-Suk Menurut Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi (Menyoroti Siapa Musuh Paling Berbahaya Dalam Diri).†El-Afkar, vol.8 (Juli 2019).

Puspitawati, Herien. “KONSEP, TEORI DAN ANALISIS GENDER.†ACADEMIA, Gender Rayon Alghazali (2013).

Qusyairi, Ahmad. “Kritik Sosial Dalam Tafsir Al-Qur’an (Study Terhadap Tafsir al-Mar’ah Al-Shalihah Karya Majid Tamim).†IAIN Sunan Ampel, 2018.

al-Sya’rawi, Muhammad Mutawalli. Tafsir al-Sya’rawi. Jilid 18. Al-Azhar: Akhbaru al-Yaum, 1991.

Rusmana, Dadan. “Studi Tafsir Tematik Ayat Al-Qur’an tentang Ibrah Peringatan Allah untuk Bani Israil.†Gunung Djati Conference Series, vol.8 (t.t.).

Shihab, Quraish. Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Tematik Atas persoalan Berbagai Umat. Bandung: Mizan, 1998.

Sundari Indah. “KONSEP KONSERVASI FLORA DAN FAUNA DALAM AL-QUR’AN (Studi Analisis Tafsîr Asy-Sya’râwî Karya Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi).†Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), 2019.

Susanto, Wiji. “Konsep Wanita Shalihah Dalam Kisah Istri Fir’aun (Analisis AL-Qur’an Surah At-Tahrim Ayat 11).†Ilmuna, vol.1 (Maret 2019): 118.

———. “KONSEP WANITA SHALIHAH DALAM KISAH ISTRI FIR’AUN (ANALISIS AL-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 11).†Ilmuna, vol.1 (2019).

Thaifur Ali Wafa, Abu Muhammad. Firdaus al-Naim bi Taudih Ma’na Ayat al-Quran al-Karim. 1, t.t.

Zubaidah, Siti. Pemikiran Fatima Mernissi Tentang Kedudukan Wanita Dalam islam. 1. Bandung: Media Perinti, 2010.

عادل مرشد, شعيب الأرنؤوط. مسند الامام أحمد بن حمبل. بيروت: مؤسسة الرسالة, 164M.

عوَّر معروÙ, بَشَّار. سنن الحاÙظ أبي عبد الله محمد بن يزيد القزوينّي ابن ماجه. بيروت: وار الجيل, t.t.

محمد بن إسماعيل البخاري, أبي عبد الله. صحيح البحاري. دمشق- بيروت: دار ابن كثير, 194M.

“al-Syabab, lembaga yang mengawasi percetakanasy- Sya’rawi adalah Majma’ al-Sya’rawi al-Islamiy (percetakan), lihat Istibsyaroh, h. 186 "Hampir semua karya Syekh Mutawalli asy-Sya’rawi dalam bentuk bukunya berasal dari ceramah-ceramahnya. lalu direkam dan di edit oleh orang. hasil dari editan itu sebagian besar diberi pengantar singkat oleh beliau, sebagai indikasi bahwa benat itu hasir dari ceramahya.,†t.t.

Departemen Agama RI Al-Qur’an DanTerjemah. Bandung: Departemen Agama RI, 2009.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v6i2.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.