AL-DAKHÎL DALAM TAFSÎR YÃ SÎN HAMAMI ZADAH

Moh. Jufriyadi Sholeh, Fatihatur Rohmah

Abstract


Kehidupan manusia bergantung pada hukum-hukum Alquran dan akan selalu bergantung kepadanya, serta merujuk pada keyakinan umat Islam bahwa Alquran sâlih li kulli zamân wa makân, jadi sampai sekarang Alquran tetap dikaji dan ditafsiri untuk mengatasi perkembangan peradaban dunia. Akan tetapi seiring dengan perkembangan tersebut terdapat penafsiran yang tidak sesuai dengan syarat-syarat menafsirkan Alquran, oleh karena itu muncullah term al-Dakhîl dalam penafsiran Alquran, yaitu penafsiran yang tidak memiliki landasan yang valid dalam agama dan ilmiah, baik dari Alquran, hadis{, pendapat sahabat dan tabi’in, maupun dari akal sehat yang memenuhi kriteria dan prasyarat ijtiha>d. Dengan adanya term tersebut maka akan digunakan untuk mendeteksi adanya penyusupan penafsiran dalam kitab Tafsîr Yâ Sîn karya Hamami Zadah, yang mana kitab tersebut banyak dikaji di lembaga-lembaga pendidikan Islam. Dalam penelitian ini akan berbicara mengenai bentuk-bentuk al-Dakhîl dari berbagai sumbernya (kisah Israiliyyat, Hadis Mardud, Pendapat Sahabat yang tidak valid, dan Pendapat rasio yang tidak diterima) serta dengan menjelaskan alasan atau argumen mengapa sumber-sumber tersebut ditolak. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research, kemudian pada fokus pembahasannya menggunakan metode tahlîlî yaitu meneliti sumber data sesuai dengan urutan ayat yang ada pada kitab tersebut. Serta pengkroscekkan terhadap penelitian sebelumnya yaitu Al-Dakhîl dalam Tafsîr Yâ Sîn Karya Hamami Zadah oleh Siti Zahrotul Awwaliyah. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam Tafsîr Yâ Sîn ini terdapat dua bentuk al-Dakhîl. Pertama, al-Dakhîl bil-Ma’thûr yang berupa Kisah Isrâîliyyât, yaitu kisah Ashâbul Qoryah di mana pada penafsiran tersebut yang dimaksud Qoryah adalah negri Antakiyah yang mana pendapat itu sama dengan pendapat Ibnu Kasir yang menukil riwayat dari Ibn Ishaq dan dalam sanadnya terdapat perawi yang masih diperdebatkan kualitasnya yaitu Ka’ab al-Ahbar dan Wahb ibn Munabbih. Hadis Mardûd, terdapat tujuh hadis yang mana para ulama’ berbeda pendapat tentang kualitasnya akan tetapi dari ketujuh hadis tersebut tidak ada hadis yang Maqbûl. dan pendapat Sahabat yang tidak valid, yaitu penafsiran tentang orang mu’min pada hari akhir. Kedua, al-Dakhîl bil-Ra’yi yang berupa pendapat akal yang tidak dapat diterima yaitu penafsiran tentang tata surya (tempat matahari serta besarnya matahari, bumi, dan bulan), di mana penafsiran tersebut tidak sinkron dengan pengetahuan tentang tata surya yang sudah masyhur di ranah saintifik.


Keywords


Al-Dakhi>l, Tafsir bil-Ma’thu>r, Tafsir bil-Ra’yi

References


Afandi, Dadah. Asatidh Alhan. Istanbul: Shahzadah Basha, 1925.

Alirsyad. “Rasyid Ridha & Hadits Israiliyat.†Perpustakaan Online Al-Irsyad, 2017.

Al-Majma’ al-Milki li Buhuth al-Hadarah al-Islamiyah. al-Fahras al-Shamil li al-Turath al- ‘Arabi al-Islami al-Makhtut. vol.Jilid 2. Ardan: Muassasah ‘Al al-Bait, 1989.

’Ashim, Abu Bakr bin Abi. Al-Sunnah li Ibn Abi ’Ashim. Beirut: Al-Maktabah al-Islamiy, 1400.

al-Bashari, Abu al-Fida’ Isma’il ibn ’Umar ibn Katsir al-Qurasyi. Tafsir al-Qur’an al-’Adzim. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1419.

al-Darimi, Abu Muhammad ’Abdullah bin ’Abdurrahman bin al-Fadhl bin Bahram bin ’Abdus Somad. Musnad al-Darimi. Saudi: Dar al-Mughniy li al-Nashr wa al-Tauzi’, 2000.

al-Dzahabi, Muhammad Husain. al-Tafsir wa al-Mufassirun. Kairo: Dar al-Kutub wa al-Hadis, 1976.

Fayed, ’Abd al-Wahhab. Al-Dakhil fi Tafsir al-Qur’an al-Karim. Kairo: Matba’ah al-Hadarah al-’Arabiyah, 1980.

Hasan, Ridha Jamal ’Abd al-Majid. “al-Fawaid al-Syafiyah ’ala I’rob al-Kafiyah.†Tesis, Universitas Kairo, 2014. www.Alukah.net.

Hatim, Al-Razi Ibn Abi. Tafsir al-Qur’an al-’Azhim li Ibn Abi Hatim. Saudi: Maktabah Nizar Musthofa al-Baz, 1419.

al-Qadha’i, Abu ’Abdullah Muhammad bin Salamah bin Ja’far bin ’Ali bin Hukmun. Musnad al-Syihab. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1986.

al-Jauzi, Jamal al-Din ’Abd al-Rahman ibn ’Ali ibn Muhammad. Al-Maudu’at li Ibn al-Jauzi. Madinah: Muhammad ’Abd al-Muhassin Shahib al-Maktabah al-Salafiyah, 1968.

al-Jauziyah, Abu ’Abdillah Muhammad ibn Abi Bakr ibn Ayyub ibn Qayyim. al-Mana>r al-Muni>f fi> al-S}ah{i>h wa al-D}a’i>f. Beirut: Dar Ibn Hazm, 2019.

al-Tsa’laby, Abu Ishaq Ahmad bin Ibrahim. Al-Kasyfu wa al-Bayan ’an Tafsir al-Qur’an. Saudi: Dar al-Tafsir, 2015.

Ma’bad, Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban bin Mu’adz bin. Al-Majruhin min al-Muhaddisin wa al-Dhu’afa’ wa al-Matrukin. Halab: Dar al-Wa’i, 1396.

al-Maliki, Abu Bakr Ahmad bin Marwan bin Muhammad al-Dainuri al-Qadhi. Al-Majalisah wa Jawahir al-’Ilm. Beirut: Jam’iyyah al-Tarbiyah al-Islamiyah, 1998.

Manahij Jami’ah al-Madinah al-’Alamiyah. Al-Dakhil fi al-Tafsir. Madinah: Jami’ al-Madinah al-’Alamiyah, 1433.

Manshur, Sa’id ibn. Sunan Sa’id ibn Manshur. Saudi: Dar al-Alukah li al-Nasyr, 2012.

Mun’im, Muhtadi Abdul. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Sumenep: PUSDILAM (Pusat Studi Islam), 2014.

al-Mustaghfiri, Abu ’Abbas Ja’far bin Muhammad bin Mu’tar bin Muhammad bin al-Mustaghfiri bin al-Fath bin Idris. Fadhail al-Qur’an. Beirut: Dar Ibn Hazm, 2008.

al-Najjar, Jamal Mustafa ’Abd al-Hamid ’Abd al-Wahhab. Ushul al-Dakhil fi Tafsir Ayi al-Tanzil. Kairo: Universitas Al-Azhar, 2009.

al-Qattan, Manna’ Khalil. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. terj. Mudzakir AS. Bogor: Litera Antar Nusa, 2017.

al-Shufi, Abu Sa’id al-A’raby Ahmad bin Muhammad bin Ziyad bin Basyar bin Dirham al-Bashri. Mu’jam Ibn al-’Arabi. Saudi: Dar Ibn Jauzi, 1997.

al-Thabrani, Abu al-Qasim. Al-Mu’jam al-Ausath. Kairo: Dar al-Haramain, 1995.

’Umar, Husain Muhammad Ibrahim Muhammad. al-Dakhil fi Tafsir al-Qur’an al-Karim. Kairo: Universitas Al-Azhar, t.t.

Wulandari, Trisna. “Besar Matahari Versus Planet, Satelit, dan Bintang-Bintang di Semesta.†https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5774243/besar-matahari-versus-planet-satelit-dan-bintang-bintang-di-semesta, 2021.

Zadah, Hamami. Tafsir Surat Yaa Siin (Penjelasan Bacaan, Arti, Asbabun Nuzul, dan Keutamaannya). terj. Nafi’ Mubarok. Surabaya: Al-Hidayah, 2002.

———. Tafsir Surat YaSin. Surabaya: Al-Hidayah, t.t.

“Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI.†Bukupaket.com (2016). Diakses 17 Januari 2022. https://www.bukupaket.com/2016/07/materi-ipa-kelas-6-pdf-semester-1-dan-2.html#google_vignette.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v6i2.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.