STUDI KITAB HADIS: TIPOLOGI KITAB SUNÃN, MUWATṬA’ DAN MUṢANNAF

Moh. Jufriyadi Sholeh

Abstract


Sebagai sumber ajaran Islam, hadis selalu mendapat perhatian khusus dari para ulama dari generasi ke generasi; baik dari aspek riwâyah (periwayatan) dan dari aspek dirâyah (studi hadis). Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga eksistensi hadis agar tetap terjaga dan tidak hilang, ini dari aspek riwâyat. Adapun dari aspek dirâyah, ulama-ulama hadis tidak pernah berhenti melakukan kajian tentang otentisitas dan validitasnya.Salah satu upaya ulama untuk melestarikan hadis adalah membukukannya menjadi sebuah kitab dengan tipologi dan metodologi penulisan sesuai dengan keinginan penulisnya. Dalam artilel ini stresing penulis menganalisa tipologi dari kitab As-Sunân, Al-Muwatṭa’ dan Al-Muṣannaf karena ketiga tipe dari kitab hadis ini dilhat dari daftar isi kitabnya memiliki kesamaan, tetapi pada realitasnya ada perbedaan yang sangat signifikan dari ketiganya. Kesimpulnnya, Kitab As-Sunân, Al-Muwatṭa’ dan Al-Muṣannaf kesamaan yaitu penyusunan hadisnya sama-sama disusun berdasarkan kajian fiqih dan koleksi hadisnya hanya tertentu pada hadis-hadis fiqih atau hukum. Adapun letak perbedaannya terletak pada koleksi hadisnya dari sisi hadis berdasarkan pada tipe penyandarannya. Kitab As-Sunân mengoleksi hadis-hadis marfû, dan jarang ditemukan hadis-hadis non marfû' di dalamnya, sedangkan Kitab Al-Muwatṭa’ dan Al-Muṣannaf tidak hanya mengoleksi hadis-hadis marfû saja, tetapi di dalamnya juga banyak mengoleksi hadis-hadis mauqûf dan maqhṭu’.

 



Keywords


hadîth, kitab Sunân, Muwatṭa’, Muṣannaf

References


Abu Syuhbah, Muhammad bin Muhammad. Al-Wasit Fi Ulum Wa Musthalah Al-Hadis. t.tp: Dar Al-Fikr Al-Arabi, n.d.

Al-Kuttani, Muhammad bin Ja’far. Ar-Risalah Al-Mustatrafah Li Bayan Masyhur Kutub As-Sunnah Al-Mushannafah. Bairut: Dar Al-Basya’ir Al-Islamiyah, 1986.

Al-Mur’asyali, Yusuf Abdurrahman. Ilm Fahrasah Al-Hadis Nasyatuh. Bairut: Dar Al-Ma’rifah, n.d.

Al-Qattan, Manna’. Mabahits Fi ‘Ulum Al-Hadits. Kairo: Maktabah Wahbah, 2007.

Al-Qurtubi, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakar. Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an. Riyad: Dar Alam Al-Kutub, 2003.

An-Namlah, Abdul Karim bin Ali bin Muhammad. Al-Muhaddzab Fi Ilm Ushul Al-Fiqh Al-Muqaran, Juz 4. Riyad: Maktabah Al-Rusyd, 1999.

Ar-Ramli, Syamsuddin Muhammad bin Abi Al-Abbas. Ghayah Al-Bayan Syarh Zubad Ibn Ruslan. Bairut: Dar Al-Ma’rifah, n.d.

Arifin, Zainul. Studi Kitab Hadis. Surabaya: Al-Muna, 2010.

As-Suyuti, Abdurrahman bin Abi Bakr. Tadrib Ar-Rawi Fi Syarh Taqrib An-Nawawi, Juz I. Riyad: Maktabah Riyad Al-Haditsah, n.d.

Muhdlar, Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Krapyak: Multi Karya Grafika, n.d.

Zahu, Muhammad Muhammad Abu. Al-Hadis Wa Al-Muhadditsun. Kairo: Dar Al-Fikr Al-Arabi, n.d.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v4i2.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.