PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK MELALUI INOVASI LAYANAN PAJAK DAERAH DENGAN SISTEM E-BILLING

Enza Resdiana, Zainab Zainab

Abstract


Peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu dengan memanfaatkan hadirnya teknologi. Pajak Daerah khusunya Pajak hotel dan restoran awalnya dipungut secara manual, seiring dengan tuntutan mutu layanan makan pemerintah kabupaten Sumenep melalui Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) menerapkan ebilling system sebagai bentuk inovasi dalam bidang teknologi dari pembayaran pajak secara manual menjadi elektsronik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama,wujud transparansi yaitu dengan diterapkannya sistem pemungutan pajak self assessment. Kendala yang dihadapi berkaitan dengan kesadaran wajib pajak dalam pelaporan pajaknya, e-billing system belum berbasis web, dan kerusakan alat yang juga menjadi kendala dalam melakukan input data. Kedua, BPPKAD telah melaksanakan tugasnya, tanggungjawab menyerahkan hasil pajak kepada bendahara penerimaan dan menyerahkan tanda bukti pembayaran kepada wajib pajak. Ketiga, mudahnya penggunaan e-billing telah menyesuaikan dengan kondisi hotel dan restoran sebagai penerima pelayanan. Kendala yang dihadapi terkait anggaran ketika harus membuat e-billing secara khusus (taylor made). Keempat, media interaksi khusus dipersiapkan untuk menjawab komplain dari wajib pajak. Kendalanya berkaitan dengan durasi pelaksanaan dari saran, kritik, dan harapan wajib pajak. Kelima, untuk penerapan e-billing tidak adadiskriminatif. Kendala dalam pelaksanaannya masih belum semua hotel dan restoran diberikan e-billing. Keenam, memberikan pelayanan yang aman dan nyaman serat memberikan fasilitas berupa computer, printer, dan dua roll kertas. Adapun persiapan yang perlu dilakukan terkait keadilan yaitu untuk memunculkan kepercayaan (trust) antara keduanya.

Keywords


E-billing, Pajak Layanan Daerah, Inovasi

References


Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor 26 Tahun 2016 tentang SistemPembayaran Pajak Secara Elektronik.

Anggara, Sahya. 2016. Ilmu Administrasi Negara: Kajian Konsep, Teori dan faktaDalam Upaya Menciptakan Good Governance. Bandung:CV PutskaSetia.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Impelmentasinya. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Moleong,Lexy J. 2011. Metodelogi PenelitianKualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset :Bandung.

Mukarom, Zaenal dan Muhibun Wijaya Laksana. 2018. Manajemen PelayananPublik. Bandung: PUSTAKA SETIA. .

Pasolong, Harbani. 2016. Teori Administrasi Publik. Bandung: ALFABETA.

Putra, Windu. 2018. Tata Kelola Ekonomi Keuangan Daerah. Depok: RajawaliPers.

Rosidi, Abidarin dan Fajriani, RA. 2013. Rainventing GovermentDemokrasi dan Reformasi Pelayanan Publik.Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Rafiqi, Iqbal dkk “Pengaruh Participatory Budgeting Dan Informasi Asimetris Terhadap Budgetary Slack Pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sumenep,†Masyrif, vol.2, no. 1 (2021): 37–60, https://www.ejournal.idia.ac.id/index.php/masyrif/article/view/496.

Sangadji, Etta Mamang. 2010. Metodologi Penelitian- Pendekatan Praktis DalamPenelitian. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utomo, Warsito. 2012.Administrasi Publik Baru Indonesia : Perubahan PAradigma dari Administrasi Negara ke Administrasi Pblik.Yogyakarta:Andi.

Wahyuningsih, Rutiana Dwi. (2011) Membangun Kepercayaan Publik MelaluiKebijakan Sosial Inklusif. Yogyakarta.

Widyaningsih, A., 2013. Hukum Pajak dan Perpajakan.Bandung:ALFABETA.

Yusuf, Muri.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

BangsaOnline. 2019.BPPKAD Sumenep Optimis PAD Perpajakan Akan TerusAlami Peningkatan, dalam situs:https://www.www.bangsaonline.com/berita/66090/bppkad-sumenepoptimis-pad-perpajakan-akan-terus-alami-peningkatan.Diakses pada 15 Desember 2019.

Media Center. 2019. Maksimalkan Target PAD 2019 Pemkab Terapkan E-billing System, dalam situs:http://www.sumenepkab.go.id/berita/baca/maksimalkan-target-pad2019-pemkab-terapkan-e-billing-system. Diakses pada 15 Desember 2019.

Portal Madura. 2019. Billing System Tapping Box Dorong PAD Sumenep Naikdan Tekan Kebocoran, dalam situs: https://portalmadura.com/billingsystem-tapping-box-dorong-pad-sumenep-naik-dan-tekan-kebocoran187498.Diakses pada15 Desember 2019.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/masyrif.v3i1.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.