PEREMPUAN DAN DAKWAH KONTEMPORER

Uswatun Hasanah

Abstract


World Muslimah Beauty terselenggara sebagai media dakwah selain sebagai respon terhadap terselenggaranya Miss Universe ataupun kontes kecantikan lainnya. World Muslimah Beauty juga terselenggara sebagai wadah bagi remaja muslimah untuk mengapresiasi potensi yang dimiliki, kontes kecantikan ini tidak hanya menonjolkan sisi kecantikan dan keelokan tubuh wanita, namun memadukan tiga kecerdasan yang dimikili oleh setiap orang. Perempuan muslimah tidak perlu membuka kerudung untuk mengikuti kontes kecantikan, dan seorang muslimah tidak perlu menunda memakai hijab agar bisa mengikuti kontes kecantikan. World Muslimah Beauty sebagai filter atas budaya-budaya asing yang bertolak belakang dengan Negara kita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data-data dikumpulkan melalui hasil observasi lapangan, pengumpulan dokumentasi dan wawancara.

References


Kasmir, Kewirausahaan – edisi revisi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006)

Hasanuddin, Kristopel dkk, Anxieties/Desires go Insights fo Marketing to Youth, Momen, Netizen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 2011

Ramadhan Hafizh, The Colour of Women Menyikap Misteri Wanita, trj. Karan As’ad Irsyadi, Jakarta: Amzah,

http://fimadani.com/the-world-muslimah-beauty-upaya-pembentukan-karakter-muslimah-ideal/. Selasa, 27

November 2012

http://www.tifanianglila.com/2011/09/muslimah-beauty-2011-ajang-kecantikan.html#. USCLjh0a5Ic 17

Februari 2013

http://www.arrahmah.com/news/2013/04/09/mengapa-kita-harus-menolak-kontes-kecantikan.html diakses

selasa, 20 April 2013

Aris Saefullah “Dakwahtaiment: Komodifikasi Media di Balik Ayat Tuhan†Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 3 No. 2 Juli-Desember 2009

Dwi Astuti “Strategi Dakwah dalam Pelestarian Lingkungan Hidup†Suhuf, Vol. XVIII, No. 01/Mei 2006

Susilawati Dwi dalam Siti Hariti Sastriyani, Women in Public Sector (Perempuan di Sektor Publik), Yogyakarta: Tiara Wacana 2008

Enung Asmaya “Modernitas dan Tantangan terhadap Pelaksanaan Dakwah†Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol.3 No.1 Januari-Juni 2009

Kathy Peiss, On Beauty and History og Bussiness, in Beauty and Bussiness: Commerce, Gender and Culture in Modern America, edited by Philip Scranton, New York-London: Routledge, 2001


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v11i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.