PENDIDIKAN TAUHID DALAM KISAH NABI IBRAHIM PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH
Abstract
Pendidikan Tauhid adalah seluruh kegiatan umat manusia dibidang pendidikan yang menempatkan Allah sebagai sumbernya, karena Dia adalah Tuhan Rabb Al Alamin. Selain itu, Tauhid juga berguna bagi kesehatan mental dan kebahagiaan hidup. Karena Tauhid itu sendiri memupuk dan mengembangkan fungsi-fungsi jiwa dan memelihara keseimbangannya serta menjamin ketentraman batin. Maka tulisan ini mencoba memberikan penjelasan pendidikan tauhid yang dibangun M. Quraish Shihab tehadap ayat-ayat yang disitir sebagai ayat pendidikan tauhid dan metodenya dalam al-Qur’an. M.Quraish Shihab merupakan seorang mufassir nusantara yang menafsirkan al-Qur’an secara lengkap 30 Juz dengan menggunakan bahasa Indonesia. Di samping seorang mufassir, Quraish Shihab juga aktif menulis dan mengembangkan keilmuannya dengan menghasilkan berbagai macam karya tulis yang bisa dinikmati masyarakat baik dalam bidang fiqih, sastra, agama, tafsir dan karya lainnya. Maka dalam pembahasan ini bertujuan untuk melihat bagaimana penafsiran Quraish Shihab terhadap ayat-ayat pendidikan tauhid dalam Tafsir Misbah dengan fokus penelitian 1) Pendidikan Tauhid dalam Kisah Nabi Ibrahim 2) Metode Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Nabi Ibrahim. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pustaka (library research method) dengan memakai pendekatan analisis deskriptif, hanya meneliti salah satu tafsir yaitu Tafsir Misbah buah karya M. Quraish Shihab. Penelitian ini menghasilkan beberapa poin penting tentang pendidikan tauhid dalam kisah Nabi Ibrahim menurut Quraish Shihab dalam Tafsir Misbah. Pendidikan tauhid dalam kisah Nabi Ibrahim menurut Quraish Shihab: a). Pendidikan Tauhid Kepada Anak b). Pendidikan Tauhid Kepada Kaum Nabi Ibrahim. Metode pendidikan tauhid dalan kisah Nabi Ibrahim : a) Metode Ilmiah b) Metode Hiwar Jadali c) Metode Keteladanan d) Metode Rasional
Keywords
References
Majid, Abd., Pendidikan Berbasis Ketuhanan: Membangun Manusia Berkarakter, Bogor: 2014
Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, Bandung: Ruhama, 1995.
Chirzin, Muhamad, Al-Qur’a>n dan Ulu>mu al-Qur’a>n, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 2003.
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1996.
________________, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2001.
________________, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.1 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
________________, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.3 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
________________, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.4 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
________________, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 7 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
________________, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.10 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
________________, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.11 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
________________, Membumikan Al-Qur’a>n, Mizan, Bandung, 2009.
________________, Wawasan Al-Qur’an, Bandung, Mizan, Edisi Hardcover, 2014.
DOI: 10.28944/reflektika.v15i1.600
Refbacks
- There are currently no refbacks.