STUDI KASUS PENDEKATAN BEHAVIORAL MODEL OPERANT CONDITIONING DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMPIT ANNUR

Mohammad Firdaus, Nurul Yaqin

Abstract


Krisis multidimensional secara terang-terangan telah mereduksi nilai karakter. Kemerosotan karakter telah menimpa seluruh generasi, tak terkecuali generasi muda yang akan melanjutkan estafeta kehidupan selanjutanya. Karakter generasi muda adalah ujung tombak nasib bangsa ke depan. Penanaman karakter kepada siswa mutlak diejawantahkan. Salah satu pendeketan untuk membentuk karakter siswa di SMPIT Annur adalah pendekatan behavioral dengan model operant conditioning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitain menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa di SMPIT Annur melalui pendekatan behavioral model operant conditioning dapat dilakukan dengan strategi penguatan (reinforcement) positif dan negatif, hukukman (punishment), dan pembentukan (shaping). Namun, dalam penerapannya dalam membentuk karakter siswa di SMPIT Annur model operant conditioning memiliki kelebihan dan kelemahan.

Keywords


Pendekatan Behavioral, Operant Conditioning, Karakter

References


Ace Suryadi, D. B. (2004). Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: PT Genesindo.

Asrori, Muhammad. (2007). Psikologi pembelajaran, Bandung : Wacana Prima

Baedowi, S. (2014). Pendidikan karakter siswa melalui pendekatan behavioral model operant conditioning. Jurnal Tarbawi, 2 (2), 99.

Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey. (1993). Teori-teori Sifat dan Behaviostik. Yogyakarta :Kanisius

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter:Konsep dan Implementasi. Bandung:Alfabeta.

Kesuma, D. (2007). Pendidikan Karakter (Strategi Pendidikan Anak DI Zaman Globalisasi). Jakarta: PR Grasindo.

Koesoema, D. (2009). Pendidik Karakter di Zaman Keblinger: Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan pendidik karakter. Jakarta: Gresindo

Marliani, Rosleny. (2010). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia

Moelong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar, Jakarta: Logos.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar, Dan Impelmentasi). Jakarta: Prenada Mesdia Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v15i2.605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.