MADRASAH VIRTUAL ULUL ALBAB YOGYAKARTA: PENGENALAN PENDIDIKAN ISLAM RAHMATAL LIL ALAMIN BERBASIS DIGITAL
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilandasi dari fenomena perubahan metode pembelajaran dari luring ke daring akibat pandemi covid-19. Salah satu inovasi dalam pendidikan daring adalah pembentukan Madrasah Virtual Ulul Albab Yogyakarta yang mengusung konsep pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin berbasis digital. Namun, proses pembelajaran daring menghadapi berbagai hambatan, seperti noise, jaringan yang buruk, perbedaan waktu dan bahasa, serta adaptasi metode pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya Madrasah Virtual Ulul Albab Yogyakarta dalam mengenalkan pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin di era digital. Dengan menggunakan metode observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan analisis data berdasarkan teori perencanaan, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pemanfaatan media sosial dan platform daring sebagai upaya utama, meskipun tantangan transformasi metode pembelajaran masih signifikan. Strategi perencanaan dirancang untuk menciptakan peluang dan meminimalkan kendala. Kolaborasi, evaluasi berkala, pelatihan pengajar, serta pengembangan strategi pembelajaran daring menjadi elemen penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengenalan pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin. Dengan demikian, Madrasah Virtual Ulul Albab Yogyakarta dapat terus memperkuat posisinya sebagai medium pendidikan agama yang unggul di era digital.
Keywords
References
Antoni, Riuhnya Persimpangan Itu: Profil Dan Pemikiran Para Penggagas Kajian Ilmu Komunikasi, ed. by Sukini, Studi Komunikasi (Solo: Tiga Serangkai, 2004)
Fajrillah, Oris Krianto Sulaiman, Mustofa Abi Hamid, Lidia Simanihuruk, Janner Simarmata, Muhammad Said Hasibuan, and others, Mooc Platform Pembelajaran Daring Di Abad 21 (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020)
Garjito, Dany, and Chyntia Sami Bhayangkara, ‘Arti Lockdown, Social Distancing Dan Istilah Corona Lainnya’, Suara.Com, 2020
Hayat, Naila Mafayiziya, and Zaenal Abidin Riam, ‘Peran Komunikasi Dakwah Di Era Digital Upaya Maksimal Pembelajaran Agama Islam’, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5.02 (2022), 227–40
Hidayat, Fiqo Syafril Syaiful, and Zahrotus Sa’idah, ‘Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menekan Stigma Negatif Kawasan Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta’, Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 8.4 (2023), 695–706
Littlejohn, Stephen W, and Karen A Foss, Theories of Human Communication (United States of America: Waveland Press, INC, 2011)
Mamik, Metodologi Kualitatif, ed. by M.Choiroel Anwar (Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2015)
Pahlevi, Reza, ‘APJII: Penetrasi Internet Indonesia Capai 77,02% Pada 2022’, Databoks.Katadata.Co.Id, 2022
Priscilla, Canny Alfianita, Firdaus Yuni Dharta, and Fardiah Oktariani Lubis, ‘Strategi Komunikasi Program Generasi Berencana Dalam Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Dini Pada Remaja Di DKI Jakarta’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9.19 (2023), 160–67
Sucahyo, Nurhadi, ‘Radikalisme, Remaja, Dan Internet: Kekerasan Yang Ditularkan Melalui Layar’, Voaindonesia.Com, 2021
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2012)
Zaini, Ahmad, ‘Dakwah Melalui Internet’, Komunikasi Penyiaran Islam, 1.1 (2013), 93–108
DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v8i2.1591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam