MODEL DAKWAH DIGITAL INOVATIF: PERAN KOMUNITAS @MUSLIMSUPPORTMUSLIM DALAM MEMBANGUN MOTIVASI IBADAH GENERASI Z

Gadis Abidah Robbilizzah

Abstract


Muslim Generasi Z yang hidup di era digital dengan berbagai distraksi teknologi, dikenal sebagai generasi digital sangat familiar dengan media sosial sebagai salah satu alat utama eksplorasi dan pencarian identitas diri serta pemahaman agama. Namun, tantangan signifikan muncul karena arus informasi instan dan konten hiburan yang mudah diakses justru mengurangi motivasi ibadah yang membutuhkan ketenangan dan ketekunan. Dalam konteks tersebut, komunitas muslimsupportmuslim yang berbasis di platform X (sebelumnya Twitter) hadir sebagai ruang virtual interaktif yang edukatif dan suportif, memfasilitasi komunikasi, berbagi pengalaman, dan penyebaran konten dakwah secara relevan dan mudah diterima. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif-analisis, penelitian mengeksplorasi mekanisme peran komunitas ini dalam aspek kognitif (perubahan pola pikir), afektif (dukungan emosional dan sosial), dan behavioral (pembentukan kebiasaan ibadah konsisten) bagi anggota komunitas, khususnya yang dari Gen Z. Hasilnya menunjukkan bahwa komunitas ini efektif dalam membangun motivasi intrinsik, memperkuat sense of belonging, dan mengatasi kerentanan spiritual Gen Z melalui bahasa yang mudah dicerna, konten yang kreatif, serta interaksi yang hangat dan tidak menggurui. Selain itu, komunitas ini berkontribusi sebagai model dakwah digital modern yang baru, sekaligus coping mechanism untuk menghadapi tekanan psikologis di era teknologi. Pentingnya penelitian ini terletak pada pengungkapan bagaimana komunitas digital berbasis agama dapat menjadi agen dakwah yang relevan dan aplikatif dalam meningkatkan praktik ibadah serta pembentukan identitas religius yang sehat di kalangan Muslim Generasi Z, sekaligus membuka peluang pengembangan dakwah yang lebih inovatif dan inklusif di masa depan.

Keywords


Komunitas Digital, Generasi Z, Motivasi Ibadah, Dakwah Digital

References


Ahnaf, Mohammad Iqbal. (2023) Transformasi Digital, Perubahan Sosial Dan Tantangan Reproduksi Budaya Damai Masyarakat Agama Di Yogyakarta, Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 25.1.https://doi.org/10.55981/jmb.2023.1942

Anas, Yusra, dan Sagir M. Amin. (2024) Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Dakwah dan Pendidikan Agama Islam bagi Generasi Millenial, Jurnal KIIIES 5.0.

Derry Ahmad Rizal, Rif’atul Maula, Nilna Idamatussilmi. (2024) Transformasi Media Sosial dalam Digitalisasi Agama; Media Dakwah dan Wisata Religi, Mukaddimah vol. 9 no. 2.

Dwi, Andi. (2025) Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2025, https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2025/

Idhar. (2025) Krisis Aqidah di Era Digital: Tantangan Keimanan Generasi Z, Al-Ittihad Vol. 11, no. 1 (June, 2025) https://doi.org/10.61817/ittihad.v11i1.266

Inayati, Nurazizah. (2021) Memahami Doa Sapu Jagat – Nouman Ali Khan, https://nakindonesia.wordpress.com/2021/01/31/sss-memahami-doa-sapu-jagat-nouman-ali-khan/ (accessed Januari 2021)

Muhammad Chesta Adabi, Siti Noor Azizah, dan Tegar Widod. (2024) Korelasi antar Ibadah dengan Kesehatan Mental, Jurnal Ilmiah Psikologi dan Kesehatan Masyarakat Vol. 1 No. 3.

Nurjannah, Dewi. (2022) Literasi Informasi Keagamaan pada Media Digital Generasi Z UIN Walisongo Semarang, (Tesis, UIN Walisongo Semarang)

Qatrunnada, Laili.(2024) Media Sosial, Agama, Generasi Z, https://kumparan.com/laili-qotrunnada/media-sosial-agama-generasi-z-23hjNTxHOpj/full

Rahmawati, Kurnia. (2025) Kebudayaan Populer di Era Milenial: Pengaruh Media Sosial Terhadap Identitas Generasi Z, Maliki Interdisclipinary Journal vol. 3, no. 6. https://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/17107

Syarip Hidayah, Reyhan Qatrunnada, Muhammad Farhan, Lanina Astrid, Ai Solihat. (2022) Efektivitas Dakwah Di Internet Untuk Gen Z, Al-Bayan vol. 28 no. 1.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v9i2.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam