STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENDAMPINGAN IBADAH SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB MUFTIA RAHMA SUNGAI TUAK KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM
Abstract
Strategi komunikasi ini mencakup perihal sebuah rencana agara tujuan dan maksud yang ingin terlaksanan dapat terwujud. Salah satu cara untuk berinteraksi atau berbicara dengan orang lain adalah dengan menggunakan strategi komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif yang dikenal dengan istilah naturalistic inquiry (ingkuiri alamiah). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi komunikasi guru dalam pendampingan ibadah di SLB Muftia Rahma sudah terjalankan dengan efektif. Beberapa bentuk pendampingan yang dilakukan yaitu pendampingan ibadah sholat, pendampingan hafalan doa sehari-hari, dan pendampingan tata cara berwudhu. Adapun bentuk kegiatan pendampingan ibadah ini telah sesuai dengan teori strategi komunikasi. Teori strategi komunikasi yang digunakan yaitu dengan menentukan komunikator, pemahaman Audiens, tujuan yang jelas, pemilihan media yang tepat, serta adanya evaluasi dan umpan balik. Hambatan komunikasi guru dalam pendampingan ibadah siswa berkebutuhan khusus yang pertama yaitu latar pendidikan guru yang tidak berasal dari pendidikan luar biasa, perbedaan bahasa isyarat, pemahaman guru, serta kondisi fisik yang berbeda.
Keywords
References
Ahmad.Fajri, (2019), Model Komunikasi Fundraising Terhadap Pengembangan Pondok Pesantren di Kabupaten Agam, Kuriositas:Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, Vol 12, No1
Aliya, M. R. (2019). Adhi, Kusumastuti Dan Ahmad Mustamil Khoiro. Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP). Al-Kharaj :Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Yariah, 2022.
Astuti, N. M. (2021). Strategi guru dalam berkomunikasi terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa al-azhar bukittinggi. Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwan IAIN Bukittinggi (Skripsi).
Aura Fakhiratunnisa. Safira, dkk (2022), Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Masaliq: Jurnal Pendidikan dan Sains, vol 2 No 1
Egifna Wira, (24 Maret 2025), wawancara pribadi
Huda, M. (2022 ). Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Temanggung. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan 13, no. 1
Kristiana. Ika Febrian, Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, (Semarang: UNDIP Press, 2016)
M. Rifki Faizal and Sably Aliya, “Adhi, Kusumastuti Dan Ahmad Mustamil Khoiro. Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP), 2019. Hlm. 9,” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Yariah, 2022
Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik XII, no. 2 , 084–094.
Minarni Tolapa, “Strategi Komunikasi Guru Dalam Panyampaian Materi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Gorontalo,” Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik, 2023, 46–57, https://doi.org/10.47030/aq.v13i1.147.
Rizqi Nurul Ilmi, “Strategi Komunikasi Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Pada Anak Penyandang Tunagrahita Di SLB B-C Tunas Kasih Kabupaten Bogor,” Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional 53, no. 9 (2017): 1689–99
Uchjana Effendy Onong, “Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar”, (Bandung:Rosda Karya,1993)
Yakin, Nurul. (2023). Dinamika Interaksi,Komunikasi Sosial Guru dan Siswa Dalam Pembentukan Karakter Islami Di MTS Miftahul Ulum Desa Jarin Kabupaten Pamekasan, Bayan Lin Naas: Jurnal Dakwah Islam, Vol 7, No 2
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif &penelitian Gabungan.
Z. Octaviana, “Proses Pendampingan Bimbingan Ibadah Shalat Untuk Meningkatkan Ketakwaan Pada Anak Tunarungu (Studi Kasus Di SLB Anugerah Colomadu Karanganyar)”, (Surakarta: Fakultas Ushuludin dan Dakwah IAIN Surakarta (Skripsi), 2020)
DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v9i2.2358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam


