MODEL KOMUNIKASI TASARO GK DALAM MEREPRESENTASIKAN KISAH NABI MUHAMMAD DAN KHULAFAU AL-RASYIDIN (STUDI ATAS SERIAL NOVEL MUHAMMAD KARYA TASARO GK)

Mohammad Rifai

Abstract


ABSTRAK

 

Kisah atau perjalanan dakwah Nabi Muhammad dan Khulafãu al-Rasyidîn merupakan proses pembangunan hukum syari’at Islam yang sampai sekarang ini diikuti oleh semua umat islam. Maka dari itu, kisah ini sangat penting dikomunikasikan, baik secara lisan atau pun tulisan.

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia yang menjadi instrumen untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi), pesan atau informasi yang ingin disampaikan. Dari itu, komunikasi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, sehingga dari berbagai jenis komunikasi yang dilakukan manusia, lahirlah model komunikasi.

Tasaro GK merupakan salah seorang yang mengkomunikasikan kisah Nabi Muhammad dan Khulafãu al-Rasyidîn melalui tulisan: novel. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan kisah Nabi Muhammad dan Khulafãu al-Rasyidîn dalam serial novel Muhammad karya Tasaro GK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa model komunikasi yang digunakan Tasaro GK dalam merepresentasikan kisah Nabi Muhammad dan Khulafãu al-Rasyidîn yaitu komunikasi stimulus-respon, model komunikasi satu arah, model komunikasi dua arah, model komunikasi transaksi, model komunikasi ritual dan ekspresif, model komunikasi publisitas, serta model komunikasi resepsi.


References


Daftar Pustaka

Aisyah, Siti. Model Komunikasi Gus Dur sebagai Tokoh Agama. Sumenep: IDIA, 2013

Muhammad, Ami, Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Resda, 2010

Rediyati, Ayu Lestari. Ketaklangsungan Ekspresi dan Fungsinya dalam Novel Biografi Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan (Skripsi mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2012)

Tasaro GK, Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan. Yogyakarta, Bentang, 2010

_________, Muhammad; Sang Pewaris Hujan. Yogyakarta: Bentang, 2015

_________, Muhammad; Para Pengeja Hujan. Yogyakarta: Bentang, 2016

_________, Muhammad; Generasi Penggema Hujan. Yogyakarta: Bentang, 2016

Wawancara dengan Tasaro GK via email tasaro190@gmail.com, 17 Februari 2017


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v4i2.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam