PATH ANALYSIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MARINAL INDOPRIMA

Moh. Maqbul Mawardi

Abstract


AbstrakKeberhasilan suatu perusahaan dapat ditentukan dari tingkat peningkatan kinerja karyawannya. Tingkat kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh budaya organisasi yang diterapkan di perusahaan dan tingkat motivasi berprestasi di kalangan karyawan. Budaya organisasi berisi sistem nilai, keyakinan, asumsi, dan norma yang telah diterapkan di perusahaan. Di sisi lain, motivasi berprestasi adalah tujuan untuk mencapai prestasi yang dipertahankan oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja karyawan PT. Marinal Indoprima. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT. Marinal Indoprima, total 51 responden. Metode analisis data adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif ditemukan bahwa: 1) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Marinal Indoprima. 2) secara parsial terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja karyawan PT. Marinal Indoprima. 3) secara simultan terdapat pengaruh positif budaya organisasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja karyawan PT. Marinal Indoprima. Dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat budaya organisasi dan motivasi berprestasi maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap kinarja karyawan. 

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, 2010.

Brayman, Alan. Social Research Methods (5th Ed.). Oxford University Press, 2015.

Heskett, J.L., and J.P. Kotter. “Corporate Culture and Performance.†Business Review, 1992.

Ismail, Iriani. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepemimpinan Dan Kinerja Karyawan Pemerintah Kabupaten-Kabupaten Di Madura.†EKUITAS 12, no. 1 (2006): 18–36.

Mangkunegara, A.A.A.P. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama, 2005. https://books.google.com.au/books?id=VBOg9va38icC.

Matsumoto, D, and L Juang. Culture and Psychology. Cengage Learning, 2016. https://books.google.com.au/books?id=BccaCgAAQBAJ.

McClelland, D C. Human Motivation. Cambridge University Press, 1988. https://books.google.com.au/books?id=wQIMBAAAQBAJ.

Prasetyo, Novita Sari. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kencana Printing,†2013.

Robbins, Stephen P., and Tim Judge. Organizational Behavior. United Kingdom: Pearson, 2005.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi: Organizational Behavior Buku 2 (Edisi 12). Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Sandjojo, Nidjo. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) Dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2011.

Wahyudi. “Memahami Motivasi Berprestasi Siswa Oleh Wahyudi (IP, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak).†Psikologi Pendidikan 25, no. 3 (2010): 1–6. http://dx.doi.org/10.26418/gm.v25i3.210.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v4i1.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam