PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA

Ali Wafa

Abstract


Pendidikan multikultual memberikan pemahaman, kesadaran dan kesediaan berlaku adil terhadap perbedaan dan keberagaman budaya, etnis, agama, bahasa, serta aspek politik dan ekonomi. Selain itu, secara kontinyu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Islami yang memiliki kapasitas, profesionalitas, dan spiritualitas yang baik dalam meningkatkan kompetensi bangsa dengan pemahaman, sikap dan perilaku yang mengedepankan kerukunan dan toleran terhadap perbedaan, menghargai tradisi yang hidup dalam masyarakat yang  mengandung unsur kebaikan, memiliki wawasan kebangsaan dan mencintai negaranya, serta  anti kekerasan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kepustakaan yang mengkaji dari berbagai literatur baik buku, artikel jurnal, dan internet yang relevan dengan tema penelitian. Hasil penelitian, negeri Indonesia secara tegas menghargai atau mengakui kemajemukan individual maupun kelompok dan menolak penekanan kepada keseragaman (monokultural).

Keywords


Pendidikan Multikultural, model-model multikulturaslisme

References


Abd. Rachman Assegaf. 2011. Filsafat Pendiidkan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integeratif-Interkonektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Badri Yatim. 2018. Sejarah Peradaban Islam: Dirasah Islamiyah II, Cetakan ke-29. Depok: Rajawali Pers.

Choirul Mahfud. 2021. Pendidikan Multikultural, Cetakan ke-IX. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mohammed Fathi Osman. 2012. Islam, Pluralisme dan Toleransi Keagamaan. Jakarta, Democracy Project.

Muhammad Tholchah Hasan. 2016. Pendidikan Multikultural: Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang, Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang.

Nur Syam. 2013. Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

James A. Banks dan Cherry A. Mcgee Banks. 2010. Multicultural education Issues and Perspectives, seventh edition. United states of America.

Tim Riset Majelis Tinggi Urusan Islam Mesir. 2007. Silsilah Al-Mawsu’at al-Islamiyyah al-Mutakhashshishah; Mausu’ah al-Firaq wa al-Madzahib fi al-alam al-Islami. Kairo Mesir: Majelis Al-A’la Li Asy-Syu’un al-Islamiyah. Terjemah oleh Masturi Irham, M. Abidun Zuhdi, dkk. 2015. Enseklopedi Aliran dan Madzhab di Dunia Islam. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Yaqub Cikusin. 2016. Perkembangan Masyarakat Berbasis Multikultural. Malang: Unisma.

Ki Supriyoko. Membangun Indonesia: Menuju Masyarakat Multikultural Dalam Perspektif Pendidikan. Makalah Lokakarya Multikulturalisme Pembangunan Budpar Bertemakan Multikulturalisme dan Integrasi Bangsa Diselenggarakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Solo: Kusuma Sahid Prince Hotel, 5 Mei 2011. http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbyogyakarta/wp-content/uploads/sites/24/2015/06/Menuju_Masyarakat_Multikultural.pdf

Wasino. 2011. Multikulturalisme Dalam Perspektif Sejarah Sosial: Makalah dalam Seminar Multikulturalisme dan Integrasi Bangsa dalam Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata di Semarang pada Hari Kamis tanggal 7 Juli 2011 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. https://repositori.kemdikbud.go.id/1121/1/Multikulturalisme_Wasino.pdf

I Nengah Suastika. Pendidikan Multikultural: A Mosaic of Culture. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/545210/mod_resource/content/1/BAB%20VI.pdf

Ngainun Naim, Membangun Kerukunan Masyarakat Multikultural, Jurnal Harmoni: Journal Multicultural and Multireligius, ISSN:1412-663X, e-ISSN:2502-8472, April, 29 2016. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/218

Susiati, Sumiaty, dan La Husni Buton. Resiliensi Budaya Toleransi Beragama Masyarakat Multikultural di Kabupaten Buru. Jurnal Harmoni: Journal Multicultural and Multireligius, ISSN:1412-663X, e-ISSN:2502-8472, Juni 30 2022. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/574


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v8i2.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.