POLITIK PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: Konsep dan Strategi Pembelajaran Agama Islam dalam Mewujudkan Islam Rahmatan Li Al-‘Ālamīn
Abstract
Keywords
References
Abdullah, M. Amin, Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius, Jakarta: PSAP, 2005.
Al-BukhÄri, Muhammad bin IsmÄ’il, á¹¢ahÄ«h al-BukhÄri, t.tp., mawqī’ al-IslÄm, t.t.
Al-MakkÄ«, Al-Sayyid BakrÄ«, Kifayah Al-AtqiyÄ’ wa MinhÄj Al-Aá¹£fiyÄ’, Semarang: Karya Thaha Putra, t.t.
Al-NawawÄ«, MuhyiddÄ«n Abu ZakariyÄ Yahya, RiyÄdlus á¹¢ÄlihÄ«n, Solo: Insan Kamil, 2013.
Azra, Azyumardi, Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, Yogyakarta: Impulse, 2007.
Bagir, Zainal Abidin, dkk., Laporan Tahunan Kehidupan Beragama di Indonesia Tahun 2008, Yogyakarta: CRCS–UGM, 2008.
Baidhawy, Zakiyuddin, Studi Islam: Pendekatan dan Metode, Yogyakarta: Insan Madani, 2011.
Banks, James, Multicultural Education: Issues and Perspectives, London: Allyn and Bacon Press, 1989.
Freire, Paulo, Pedagogy of the Oppressed, terj. Utomo Danandjaya, Jakarta: LP3ES, 2013.
Hasan, Fuad, Psikologi-Kita & Eksistensialisme: Pengantar Filsafat Barat, Berkenalan dengan Eksistensialisme, Kita dan Kami, Jakarta: Komunitas Bambu, 2014.
Hefner, Robert W., The Politics of Multiculturalism: Pluralism and Citizenship in Malaysia, Singapura, and Indonesia, terj. Bernardus Hidayat, Yogyakarta: Kanisius, 2007.
Huntington, Samuel. P., The Clash of Civilizations and the Remaking of World Order, terj. M. Sadat Ismail, Yogyakarta: Qalam, 2010.
Izutsu, Toshihiko, The Concept of Belief in Islamic Theology: Asemantical Analysis of ImÄn and IslÄm, terj. Agus Fahri Husein, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.
Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Maksum, Ali, Pluralisme dan Multikulturalisme: Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media, 2011.
Molang, Benyamin, Multikulturalisme: Cerdas Membangun hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis, Jakarta: Indeks, 2015.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Pers, 2009.
Muhammad Iqbal Ahnaf, dkk., Politik Lokal dan Konflik Keagamaan; Pilkada dan Struktur Kesempatan Politik dalam Konflik Keagamaan di Sampang, Bekasi, dan Kupang, Yogyakarta: CRCS–UGM, 2015.
Nata, Abuddin, Sosiologi Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Parekh, Bikhu, Rethinking Multiculturalism: Keragaman Budaya dan Teori Politik, Yogyakarta: Impulse, 2008.
Purwasito, Andrik, Komunikasi Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan di Indonesia Tahun 2013, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2014.
Qomar, Mujamil, Fajar Baru Islam Indonesia?: Kajian Komprehensif atas Arah Sejarah dan Dinamika Intelektual Islam Nusantara, Bandung: Mizan, 2012.
Salmiwati, Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural, Jurnal Al-Ta lim Vol. 20, No. 1, 2013.
Schunk, Daleh H., Learning Theoris: An Educational Perspective, terj. Eva Hamdiah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Sihotang, Kasdin, Pendidikan Multikultural: Membangun Karakter Inklusif-Kritis, dalam Multikulturalisme: Cerdas Membangun hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis, Jakarta: Indeks, 2015.
Sulalah, Pendidikan Multikultural: Didaktika Nilai-Nilai Universalitas Kebangsaan, Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Suprayogo, Imam, Masyarakat Tanpa Ranking: Membangun Bangsa Bersendi Agama, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
_________, Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012.
_________, Spirit Islam: Menuju Perubahan & Kemajuan, Malang: UIN-Maliki Press, 2012.
Tafsir, Achmad, Filsafat Umum, Bandung: Remaja Rosadakarya, 2002.
Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas, Malang: UMM Press, 2008.
Yaya Suryana dan H. A. Rusdiana, Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya penguatan Jati Diri Bangsa, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
DOI: 10.28944/dirosat.v2i2.105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.