POLITIK PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: Konsep dan Strategi Pembelajaran Agama Islam dalam Mewujudkan Islam Rahmatan Li Al-‘Ālamīn

Samsul Munir

Abstract


Degradasi nilai-nilai kebangsaan yang menjadi semangat nasionalisme, dengan ditandai munculnya isu-isu sara, adat, ras, agama dan politik dalam kubangan konflik seperti yang terjadi sekarang ini menunjukkan bahwa hal ini masih sangat jauh dari harapan para founding father bangsa yang meletakkan “Bhineka Tunggal Ika†sebagai simbol dalam lambang negara Indonesia. Peletakan simbol yang menjadi representasi keberadaan bangsa ini, memiliki arti terwujudnya suatu tatanan hidup berbangsa yang terdiri dari keanekaragaman dalam kebersatuan. Isu-isu yang dapat memecah belah keharmonisan hidup berbangsa pada masyarakat Indonesia yang beragam di era globalisasi sekarang ini memang sangat perlu untuk diperhatikan dan sekaligus dicarikan formulasinya melalui pendidikan dalam rangka mewujudkan harapan para pendiri bangsa tersebut. Islam sebagai agama mayoritas bangsa Indonesia yang di dalamnya terkait erat dengan pendidikan sesungguhnya mempunyai tantangan luar biasa hebatnya dalam mengimplementasikan ajaran-ajaran yang oleh pemeluknya diklaim sebagai agama yang bernilai rahmatan li al-‘ÄlamÄ«n. Islam sebagai agama yang ajaran-ajarannya bersifat kaffah dengan begitu dalam setiap peradaban yang dilalui oleh umat Islam, nyaris eksistensinya juga tidak bisa terlepas dengan pendidikannya. Menjadikan pendidikan Islam sebagai suatu proses pembangunan masyarakat dalam menyikapi isu-isu yang dapat memecah belah bangsa, penurunan nilai-nilai kebangsaan dan persoalan moralitas masyarakat yang terkikis oleh globalisaasi menjadi suatu keniscayaan untuk mewujudkan keanekaragaman dalam bingkai kebersatuan. Menjadikan pendidikan Islam mulitikultural sebagai basis utama pembangunan moral dan spiritual di Indonesia menjadi strategis dengan mengingat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang penduduknya mayoritas Muslim dan kondisi fisiknya yang beragam kultur.

Keywords


Politik Pendidikan Islam, Strategi pembelajaran, Multikulturalisme

References


Abdullah, M. Amin, Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius, Jakarta: PSAP, 2005.

Al-BukhÄri, Muhammad bin IsmÄ’il, á¹¢ahÄ«h al-BukhÄri, t.tp., mawqī’ al-IslÄm, t.t.

Al-MakkÄ«, Al-Sayyid BakrÄ«, Kifayah Al-AtqiyÄ’ wa MinhÄj Al-Aá¹£fiyÄ’, Semarang: Karya Thaha Putra, t.t.

Al-NawawÄ«, MuhyiddÄ«n Abu ZakariyÄ Yahya, RiyÄdlus á¹¢ÄlihÄ«n, Solo: Insan Kamil, 2013.

Azra, Azyumardi, Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, Yogyakarta: Impulse, 2007.

Bagir, Zainal Abidin, dkk., Laporan Tahunan Kehidupan Beragama di Indonesia Tahun 2008, Yogyakarta: CRCS–UGM, 2008.

Baidhawy, Zakiyuddin, Studi Islam: Pendekatan dan Metode, Yogyakarta: Insan Madani, 2011.

Banks, James, Multicultural Education: Issues and Perspectives, London: Allyn and Bacon Press, 1989.

Freire, Paulo, Pedagogy of the Oppressed, terj. Utomo Danandjaya, Jakarta: LP3ES, 2013.

Hasan, Fuad, Psikologi-Kita & Eksistensialisme: Pengantar Filsafat Barat, Berkenalan dengan Eksistensialisme, Kita dan Kami, Jakarta: Komunitas Bambu, 2014.

Hefner, Robert W., The Politics of Multiculturalism: Pluralism and Citizenship in Malaysia, Singapura, and Indonesia, terj. Bernardus Hidayat, Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Huntington, Samuel. P., The Clash of Civilizations and the Remaking of World Order, terj. M. Sadat Ismail, Yogyakarta: Qalam, 2010.

Izutsu, Toshihiko, The Concept of Belief in Islamic Theology: Asemantical Analysis of ImÄn and IslÄm, terj. Agus Fahri Husein, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Maksum, Ali, Pluralisme dan Multikulturalisme: Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media, 2011.

Molang, Benyamin, Multikulturalisme: Cerdas Membangun hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis, Jakarta: Indeks, 2015.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Pers, 2009.

Muhammad Iqbal Ahnaf, dkk., Politik Lokal dan Konflik Keagamaan; Pilkada dan Struktur Kesempatan Politik dalam Konflik Keagamaan di Sampang, Bekasi, dan Kupang, Yogyakarta: CRCS–UGM, 2015.

Nata, Abuddin, Sosiologi Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Parekh, Bikhu, Rethinking Multiculturalism: Keragaman Budaya dan Teori Politik, Yogyakarta: Impulse, 2008.

Purwasito, Andrik, Komunikasi Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan di Indonesia Tahun 2013, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2014.

Qomar, Mujamil, Fajar Baru Islam Indonesia?: Kajian Komprehensif atas Arah Sejarah dan Dinamika Intelektual Islam Nusantara, Bandung: Mizan, 2012.

Salmiwati, Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural, Jurnal Al-Ta lim Vol. 20, No. 1, 2013.

Schunk, Daleh H., Learning Theoris: An Educational Perspective, terj. Eva Hamdiah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Sihotang, Kasdin, Pendidikan Multikultural: Membangun Karakter Inklusif-Kritis, dalam Multikulturalisme: Cerdas Membangun hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis, Jakarta: Indeks, 2015.

Sulalah, Pendidikan Multikultural: Didaktika Nilai-Nilai Universalitas Kebangsaan, Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Suprayogo, Imam, Masyarakat Tanpa Ranking: Membangun Bangsa Bersendi Agama, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

_________, Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012.

_________, Spirit Islam: Menuju Perubahan & Kemajuan, Malang: UIN-Maliki Press, 2012.

Tafsir, Achmad, Filsafat Umum, Bandung: Remaja Rosadakarya, 2002.

Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas, Malang: UMM Press, 2008.

Yaya Suryana dan H. A. Rusdiana, Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya penguatan Jati Diri Bangsa, Bandung: Pustaka Setia, 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v2i2.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.