INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS METAVERSE

Moh. Elman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar dari pembelajaran metaverse untuk pendidikan agama Islam serta peluang, tantangan dan solusi dalam menghadapinya terlebih untuk lingkup pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan analisis data yang digunakan adalah analisis konten. Hasil kajian ini menunjukan bahwasanya pembelajaran berbasis Metaverse dalam konteks pendidikan agama Islam (PAI), sekaligus mengidentifikasi peluang, tantangan, dan solusi yang relevan. Metaverse menghadirkan potensi besar untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang imersif, interaktif, dan kolaboratif melalui teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), yang memungkinkan siswa mengalami materi PAI dengan cara yang lebih menarik dan mendalam. Peluang dari pembelajaran ini meliputi peningkatan keterlibatan siswa, akses pendidikan yang lebih luas terutama di daerah terpencil, serta penguatan keterampilan digital di era 5.0. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya literasi digital di kalangan guru, serta risiko keamanan dan privasi data. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam penyediaan infrastruktur teknologi, pelatihan guru yang memadai, serta penerapan protokol keamanan yang ketat dalam penggunaan platform digital.

Keywords


Inovasi, Pendidikan Agama Islam, Metaverse

References


Baharun, Hasan, and Febri Deflia Finori. 2019. “SMART TECHNO PARENTING: ALTERNATIF PENDIDIKAN ANAK PADA ERA TEKNOLOGI DIGITAL.” Jurnal Tatsqif 17(1). doi:10.20414/jtq.v17i1.625.

BUDI, AIPAIDAN. 2022. “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI BERBASIS ICT PADA ERA METAVERSE.” JEJARING TEKNOLOGI METAVERSE.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Donny Maulana, Ismamudi Ismamudi, and Wiyanto Wiyanto. 2023. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Siswa Berbasis Metaverse Pada TK Islam Pelita Insan.” Lentera Pengabdian 1(01). doi:10.59422/lp.v1i01.21.

Fajar, Arief, Zainal Abidin Arief, and Sigit Wibowo. 2023. “Pengembangan Modul Digital Berbasis Metaverse Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS.” Jurnal Teknologi Pendidikan 12(2).

Indarta, Yose, Ambiyar Ambiyar, Agariadne Dwinggo Samala, and Ronal Watrianthos. 2022. “Metaverse: Tantangan Dan Peluang Dalam Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6(3). doi:10.31004/basicedu.v6i3.2615.

Joni Laksito, and Agus Wibowo. 2023. “MENGUBAH BUDAYA PENDIDIKAN HUKUM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN SIMULASI METAVERSE.” JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL 1(2). doi:10.55606/jhpis.v1i2.1532.

Kholis, Nur. 2022. “PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELEGIUS MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES.” Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11(2). doi:10.46781/kreatifitas.v11i2.651.

Rasyida, Rani, Enjang Ali Nurdin, and Rasim. 2023. “Pembelajaran Berbasis Metaverse – Virtual Reality Menggunakan Spatial.Io Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Minat Siswa .” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2).

Restianty, Ajani. 2018. “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media.” Gunahumas 1(1). doi:10.17509/ghm.v1i1.28380.

Solechan, Achmad, and Toni Wijanarko Adi Putra. 2022. “Literatur Review : Peluang Dan Tantangan Metaverse.” Informatika: Jurnal Teknik Informatika dan Multimedia 2(1). doi:10.51903/informatika.v2i1.149.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v9i1.1873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.