TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KESADARAN EKOLOGIS PADA SISWA

Mahrus Mahrus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam mengintegrasikan pendidikan agama islam dengan kesadaran ekologis serta dampak yang ditumbulkan dari proses tersebut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya strategi integrasi pendidikan agama Islam dengan kesadaran ekologis melalui berbagai metode inovatif. Metode tersebut meliputi kurikulum interdisipliner, yang menggabungkan ajaran agama dengan ilmu lingkungan; pengalaman praktis, melalui kegiatan langsung di alam; pembelajaran partisipatif, yang melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan terkait isu lingkungan; keterlibatan komunitas, yang melibatkan keluarga dan masyarakat dalam menjaga lingkungan; serta evaluasi berbasis proyek, di mana siswa mengekspresikan pemahaman ekologis melalui proyek nyata. Pendekatan ini bertujuan membentuk generasi yang tidak hanya religius, tetapi juga memiliki tanggung jawab mendalam dalam menjaga lingkungan sesuai dengan ajaran Islam. Serta, Pendidikan berbasis kesadaran ekologis secara signifikan mempengaruhi sikap dan perilaku siswa dalam berbagai aspek. Program pendidikan ini meningkatkan kesadaran siswa terhadap isu-isu lingkungan, menanamkan perilaku ramah lingkungan melalui tindakan nyata, menanamkan rasa tanggung jawab dan etika lingkungan, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi tantangan lingkungan yang kompleks.

Keywords


Tranformasi, PAI, Kesadaran Ekologis.

References


BIEN, THOMAS. 2011. “Mindfulness-Based Relapse Prevention for Addictive Behaviors: A Clinician’s Guide.” Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing 18(7).

Chasanah, Muti’atul. 2022. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Kesalehan Ekologis Di Pondok Pesantren.” Musala : Jurnal Pesantren dan Kebudayaan Islam Nusantara 1(2).

Chawla, Louise. 1999. “Life Paths into Effective Environmental Action.” Journal of Environmental Education 31(1).

Dalimunthe, Dewi Shara. 2023. “Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-Nilai Spiritual, Etika, Dan Pemahaman Keislaman Dalam Konteks Modern.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam 1(1).

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dkk, Muh. Idris. 2022. “Mengintegrasikan Pendidikan, Lingkungan, Dan Nilai-Nilai Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Etika Dan Literasi Lingkungan.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 7(2).

Fubani, Amalia, Muhammad Diheim, Nadia Makhya, and Whasfi Velasufah. 2024. “Pengetahuan Dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa.” Journal of Character and Environment 1(2).

Hungerford, Harold R., and Trudi L. Volk. 1990. “Changing Learner Behavior through Environmental Education.” Journal of Environmental Education 21(3).

Ibrahim, Zeyad Migdad et al. 2013. “An Islamic Approach to Economics.” The Islamic Review 6(2).

Jensen, Bjarne Bruun. 2002. “Knowledge, Action and pro-Environmental Behaviour.” Environmental Education Research 8(3).

López-Robertson, Julia. 2013. 90 Language Arts Ecological Literacy: Educating Our Children for a Sustainable World.

Mahaswa, Rangga, and Putu Pradnya Lingga Dharmayasa. 2021. “Kesadaran Ekologis Pasca Pandemi: Sebuah Tinjauan Filosofis.” Jurnal Masyarakat dan Budaya 23(1).

Maulidah, Nazula Indana, Bima Fandi Asy’arie, Esa Nurwahyuni, and Sulalah Sulalah. 2024. “Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah: Dampaknya Terhadap Pemahaman Agama, Nilai Moral, Psikologi Dan Sosial.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(1).

Riyan, Riyandi, and Yeti Mulyati. 2023. “NILAI EKOLOGIS DALAM UPACARA ADAT RUWATAN GUNUNG MANGLAYANG.” Jurnal Binagogik 10(2).

Zuchdi, Darmiyati, and Wiwiek Afifah. 2019. “Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory Dan Hermeneutika Dalam Penelitian.” Jakarta: Bumi Aksara 16.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v9i1.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.