KONSEP KEBAHAGIAAN MENURUT PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI
Abstract
Keywords
References
Al-Ghazali. (2008). Ihya Ulumuddin. (Gunakan terjemahan yang relevan). (Untuk hakikat Sa'adah dan pengenalan diri).
Ani, A. W. (2023). KEBAHAGIAAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI POSITIF MARTIN SELIGMAN DAN PSIKOLOGI ISLAM. CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman, 4(1), 81-95.
Anonim. (2024). Kajian Materi Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Psikologi. Jurnal Moral, (Vol/No). (Untuk tazkiyah an-nafs dan pendekatan psikologis dalam PAI).
Asror, M. N. (2023). Konsep Kebahagiaan Menurut Marcus Aurelius dan Imam Al-Ghazali (Studi Komparasi dalam Meditations dan Kimiya Al-Sa’adah) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Bouzenita, Boulanouar, (2016), Maslow’s Hierarchy of Needs: An Islamic Critique, Intellectual Discourse, 24:1 59–81
Daksanugraha, S., Rayhan Eryanto, M., Haris Gymnastiar, I., Catur Kusuma, S., & Darent Rafiansyah, M. R. (2025). Fungsi Agama dalam Kehidupan Umat Manusia. Jurnal Studi Islam Dan Hukum Syariah, 3(1), Hal 349–355. https://doi.org/10.3342/jursih.v3i1.194
Dika, A., & Iqbal, A. (2025). Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Ibnu Al-Haytham Tentang Konsep Kebahagiaan. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 24(3), 975-986. https://doi.org/10.29138/lentera.v24i3.1795
Febriansyah, R., Karmilah, & Sheila Hariry. (2025). Peran Agama dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja Muslim: Tinjauan Psikologi Agama. JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(03), 1631–1641. Diambil dari https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/896
Hartini, Y. (2023). Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Perspektif Psikologi Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7262–7278. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2981
Hasan, C. (2017). Implikasi Psikologi Pendidikan dan Agama Islam Menurut Chalidjah Hasan. Jurnal Pendidikan. (Untuk bimbingan kejiwaan dan nilai-nilai iman).
Himmah, Z. K., & Dahliana, Y. (2025). Stoicism PhilosophyIbn Qayyim Al-Jawziyyah: A Proposal for a Quarter Life Crisis Solution. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 8(1), 1987-2004.
Jaya, M. A., Sutriyanti, Y., & Khoirini, F. (2024). Kesejahteraan Spiritual dalam Prestasi Belajar Mahasiswa. JURNAL KEPERAWATAN RAFLESIA, 6(2), 77-90.
Jufri, D., & Tobroni, T. (2024). Kajian Materi Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Psikologi. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 11-27.
Latifah, M., & Millah, I. (2021). KONSEP KEBAHAGIAAN MENURUT ISLAM DAN PSIKOLOGI (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Erich Fromm). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(2), 23–35. (Untuk perbandingan dan fokus Al-Ghazali).
Linawati, S. (2018). Integrasi Konsep Kebahagiaan Perspektif Psychological Well Being Dan Sa'adah. (Tesis/Jurnal). UIN SUKA. (Untuk komparasi PWB dan Sa'adah).
Mewet, M., & Rangga, O. (2025). SPIRITUALITAS DALAM KURIKULUM UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG MEMUPUK IMAN DAN PENGETAHUAN. Imitatio Christo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 111-129. https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i1.8
Mirza Dwi Permana. (2024). INTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN PSIKOLOGIS. Nathiqiyyah, 7(2), 217 -228. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v7i2.1264
Muhibbin, M. (2024). URGENSITAS TEORI HIERARKI KEBUTUHAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 35–40. Retrieved from https://berugakbaca.org/index.php/begibung/article/view/227
Muhibbin, Marfuatun. "Urgensi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa." Jurnal Ilmu Kependidikan 15.2 (2020): 69-80.
Nuraini, N., Asari, F., Nur’Aini, R., & ...(2023). Pengaruh Puasa Terhadap Kesehatan Tubuh Dan Mental Dalam Islam. JIS: Journal Islamic…, Query date: 2023-09-1403:31:11.
Pujianti, E. (2024). Kontribusi Pendidikan Agama Islam terhadap Pengembangan Spiritualitas dan Mentalitas Peserta Didik. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 2551-2562. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1342
Rahman, M. A. (2024). AGAMA DAN PSIKOLOGI (Dampak Spritual Terhadap Kesehatan Mental). Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(6), 2661-2669.
Ratu, R. T., & Darmayanti, A. (2025). Proses Pembelajaran Di Dalam Kelas Upaya Memberikan Kenyamanan Siswa Agar Terwujudnya Pengelolaan Kelas Yang Baik. At-Tathb?q: Journal of Education and Learning, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.65097/jel.v1i1.10
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. (Untuk konsep PWB Barat).
Satra, M., & Muarifah, A. (2024). Tinjauan literatur tentang kesejahteraan psikologis pada penghafal al-Qur'an. Qudwah Qur'aniyah: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir, 2(1), 42-60.
Syah, M. E., Pradana, W. D., Hidayah, N., Bantam, D. J. & Damayanti, E. (2025), Analisis Dukungan Sosial Dan Psychological Well Being pada Gurudi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Melalui Emotional Self ControlProgram,Jurnal Diversita, 11(1): 1-10
Umam, K., & Yazidurrahma, A. (2024). Islamisasi Teori Kebutuhan Abraham Maslow. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 9(1), 1-14.
Wati, S., & Akhyar, M. (2025). KESEHATAN MENTAL SEBAGAI FONDASI PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DISRUPSI. Irfani, 21(1), 1-15.
WHO/Dinas Kesehatan Setempat. (2023). Laporan Tren Kesehatan Mental Remaja.
Yus, Y. H., Baehaqi, A., Heryana, R., Dwijantie, J. S., & Hartini, Y. (2023). PENDIDIKAN ISLAM DAN KESEHATAN MENTAL: STRATEGI PENGAJARAN YANG BERFOKUS PADA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 8(2), 195-200.
DOI: 10.28944/dirosat.v10i2.2458
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







