Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SDI Nurul Yaqin Kapedi Bluto Sumenep

Sofianti Nafsiah, Jauharotul Makniyah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini ingin mengetahui kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, yang dijabarkan menjadi tiga fokus yaitu untuk mengetahui upaya kepala sekolah mengimplementasikan kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Nurul Yaqin. Mengetahui faktor pendukung yang membantu kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Nurul Yaqin. Mengetahui faktor hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Nurul Yaqin. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Adapun metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode ini, peneliti kemudian menganalisis data yang ada, sehingga beberapa menemukan hasil dari data-data tersebut dalam sebuah kesimpulan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah berperan penting dan bersifat urgen dalam proses peningkatannya. Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Yaqin Kapedi Bluto Sumenep  sudah bersifat transformasional, hal ini dapat dilihat dari upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Nurul Yaqin dengan rapat para guru, Pertemuan orientasi  bagi guru baru, diskusi dengan para guru, Studi kelompok antar guru, serta seminar guru. Sedangkan Faktor pendukungnya adalah guru respek terhadap kegiatan sekolah dalam kegiatan proses pembelajaran dan juga loyal terhadap kepala sekolah baik disekolah maupun diluar sekolah. Dan faktor penghambatnya adalah ada sebagian guru yang menetang keputusan kepala sekolah serta sarana dan prasarana yang kurang memuaskan.

 

Kata Kunci: Transformasional, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

 

Abstract: The purpose of this study is to find out the principal's transformational leadership in improving the quality of education, which is translated into three focuses, namely to find out the principal's efforts to implement transformational leadership in improving the quality of education at SDI Nurul Yaqin. Knowing the supporting factors that help the principal in improving the quality of education at SDI Nurul Yaqin. Knowing the obstacles faced by school principals in improving the quality of education at SDI Nurul Yaqin. The researcher used a field qualitative approach. The methods used are interviews, observation, and documentation. From this method, the researcher then analyzes the existing data, so that some find the results from these data in a conclusion. In improving the quality of education in schools, the principal's transformational leadership plays an important and urgent role in the improvement process. The leadership of the Principal at the Nurul Yaqin Islamic Elementary School (SDI) Kapedi Bluto Sumenep has been transformational, this can be seen from the Principal's efforts to improve the quality of education at SDI Nurul Yaqin with teacher meetings, orientation meetings for new teachers, discussions with teachers , Study groups between teachers, as well as teacher seminars. While the supporting factors are teachers respect for school activities in the learning process activities and are also loyal to school principals both at school and outside school. And the inhibiting factor is that there are some teachers who oppose the principal's decision as well as unsatisfactory facilities and infrastructure.

 

Keywords: Transformational, School Leader, Quality of Education

Keywords


Transformational, School Leader, Quality of Education

References


Al-Qur'an terjemah Al-Jumanatul Ali. Bandung: CV. Penerbit J-ART, 2005

Asmani,Jamal Ma’mur, Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. DIVA Press, 2012

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

Buna’i, Penelitian Kualitatif. Pamekasan: Press, 2008

Danim, Sudarwan, Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran (cet. 2). Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. PN. Balai Pustaka, 1992.

Dhofier Syarqowi, Pengantar Metodologi Riset dalam Perspektrum Islam. Sumenep: Sari Safir, 1999

Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Kartono Kartini, Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011

Moeleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: 2007

Moerdiyanto, Strategi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPPMP) Oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, UNY, 2009

Morrow Stephen C., Leadership, Not Salesmanship. America: Xulon Press, 2002

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Bandung : Rosda Karya, 2007

Norboho, Nor Cholid dan Abu Ahmadi, Metodelogi Penelitian. Bandung: Pustaka

Setia, 1998

Raihani, Kepemimpinan sekolah transformatif. Yogyakarta: LkiS Group, 2010

Rusli Mohammad & El-Qaderie Hisyam, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Berorientasi Praktis. Sumenep: LP3m paramadani, 2013

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV, 2010.

Suderadjat, Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika, 2005.

Sa’ud Udin Syaefudin dan Abin Syamsudin Makmun, Perencanaan pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta:

Bumi Aksara, 2003

Suprihatin dkk, Manajeman Sekolah. Semarang: Unnes Press, 2004.

Suyatno. Manajemen Strategik dalam Pendidikan. Jakarta: Media Pusindo, 2011.

Shelton Edrward J., Transformational Leadership, North America: Trafford, 2012

Wilmore Elaine L., Principal Leadership California: Corwin Press INC, 2010


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v6i1.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.