Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Balita Berakhlak Mulia

Ulpaini Roudhotur Rohima

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pentingnya penanaman pendidikan akhlak pada anak usia dini, dimana pada masa ini anak-anak mengalami masa keemasan (golden age) dalam perkembangannya, anak dengan mudah belajar dari lingkungan. Sehingga pada masa inilah waktu yang paling tepat untuk menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan akhlak kedalam jati diri anak dengan media yang beragam salah satunya buku cerita. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Akhlak yang terdapat dalam buku “Balita Berakhlak Mulia†pada anak usia dini dan  mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan dari buku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian proses internalisasi menggunakan metode berkisah, nasehat, reward dan metode dialog. Faktor pendudung 1) keluarga, membantu dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak 2) Bahasa buku yang mudah dan bermajas, 3) Media dari buku BBM berupa boneka tangan, poster dan kartu akhlak 4) Buku panduan untuk orangtua,membantu cara menginternalisasikan buku BBM, 5) Buku kisah inspirasi Rasulullah SAW. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) kesibukan orangtua, 2) kurangnya pengalaman tentang kisah-kisah Rasulullah SAW.

References


Abdurakhman, Fauziah. “Metode Cerita (Berbasis Cerita Dalam Al-Qur’an) Pada Pendidikan Anak Usia Dini.†Jurnal Sosial Humaniora 4, No. 1 (April 2013).

Ariyanti, Tatik. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak.†Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8, no. 1 (March 2016).

Berry, Rohmat Kurnia, Halfino. Kisah Inspirasi Rasulullah SAW.,. Bandung: Sygma Creative Media Corp, 2018.

Dr. Ihsana El Khuluqo, M.Pd. Belajar Dan Pembelajaran (Konsep Dasar Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran). Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR, 2017.

Dwi Nugroho, Agung. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Kariyawan PT Business Training and Empowerig Manager Surabaya.†Jurnal Maksipreneur 4, no. 2 (June 2015).

Halfino Berry, Rohmat Kurnia. “Panduan Orangtua†Desember 2020.

. Panduan Orangtua. Bandung: Sygma Creative Media Corp, n.d.

Hana, Zumrotul. Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam buku Balita Berakhlak Mulia, January 13, 2021.

Faktor Pendukung dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 13, 2021.

Hermoyo, R. Panji. “Membentuk Komunitas Yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini.†Jurnal Pedagogi 1, no. 1 (2014): 2.

Hidayati, dkk, Nazlah. Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam buku Balita Berakhlak Mulia, January 30, 2021.

Hidayati dkk, Nazlah. Faktor Pendukung dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 9, 2021.

Hidayati, Nazlah. Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam buku Balita Berakhlak Mulia, January 9, 2021.

Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam buku Balita Berakhlak Mulia, January 30, 2021.

Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 9, 2021.

Mustofa, H. A. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2017.

Nasution, Mulyadi Hermanto. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam.†Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 5, no. 1 (2020).

Nazlah Hidayati. Faktor Pendukung dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 9, 2021.

Nazlah Hidayati, Dkk. Faktor Pendukung dalam Menginternalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 30, 2021.

Nazlah hidayati, Dkk. Faktor Penghambat dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 13, 2020.

Penerjemah: Drs. Jamaluddin Miri, Lc, Dr. Abdullah Nashih Ulwan. تربية الأولار ÙÙŠ الإسلام (Pendidikan Anak Dalam Islam). Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Sinaga, Dkk, Enni Uli. “Hubungan Intensitas Komunikasi Orang Tua Dan Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa.†JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan 3, no. 02 (T.T)

Syaiful Bahri Djamarah. Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.

Widianarti, Isnaeni. Penggunaan Cerita Sebagai Media Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Sekolah Dasar Di Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKRW) Purwokerto Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2018.

Zumrotul Hana. Faktor Pendukung dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Balita Berakhlak Mulia, January 13, 2021.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v5i2.506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.